Screening Adalah Tahap Penting Dalam Rekrutmen Karyawan, Ini Tahapannya!

Dalam proses rekrutmen tenaga kerja, Anda harus lebih cermat dalam memeriksa data setiap pelamar. Nah, screening adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan dalam proses rekrutmen kerja.

Sebagai pihak pemberi kerja, tentunya Anda tidak ingin memperoleh karyawan yang tidak berkualitas dan tidak profesional, bukan? Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengamatan yang tajam dan menarik semua kandidat pelamar dengan melakukan screening.

Lalu, apa itu screening karyawan? Kenapa hal tersebut harus dilakukan? Tenang, kami sudah merangkum jawabannya pada artikel tentang screening karyawan di bawah ini.

Apa Itu Screening Karyawan?

Berdasarkan laman The Balance Careers, screening adalah suatu tahap yang harus dilakukan perusahaan dalam memverifikasi informasi yang diberikan oleh pelamar melalui CV-nya.

Sebagai pihak perusahaan, atau tim HR, tentunya ada berbagai hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam merekrut karyawan, mulai dari kemampuan, latar belakang pendidikan, hingga kepribadian karyawan. Nah, hal tersebut harus diverifikasi secara teliti oleh pihak rekruter.

Selain itu, Anda juga harus melihat apakah ada catatan kriminal dari para pelamar yang nantinya berpotensi membahayakan reputasi karyawan di masa depan. Pertimbangan tentang menggunakan narkoba jenis apapun juga harus bisa diinvestigasi oleh Anda.

Bila ada pelamar yang pernah menggunakan narkoba atau mempunyai suatu catatan terminal, Anda harus mempertimbangkan atau menghapus pelamar tersebut dari daftar.

Anda harus bisa melakukan screening dengan baik, bahkan Anda harus bisa melihat reputasi pelamar di perusahaan sebelumnya.

Bila ada sedikit catatan buruk dari pelamar, maka Anda harus lebih memilih mereka yang lebih baik dan mengesampingkan pelamar yang memiliki catatan buruk tersebut.

Selain untuk mencari karyawan baru, screening karyawan juga bisa dilakukan ketika ingin memberikan kenaikan jabatan pada karyawan yang bersangkutan.

Baca juga: PHK Adalah hal yang Mengintai Setiap Karyawan, Ini Pengertiannya!

Tahap Screening Karyawan

1. Review CV

Umumnya, hal pertama yang harus Anda lakukan saat melakukan screening adalah melihat CV yang dilampirkan oleh pihak pelamar. Dalam tahap ini, Anda bisa menggunakan cara manual atau menggunakan software tertentu.

Nah, beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam tahap ini adalah kemampuan, edukasi, pengalaman yang relevan, kinerja atau pencapaian kerja di perusahaan sebelumnya, perkembangan karir, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, Anda harus memastikan bahwa isi CV yang diberikan pelamar lengkap dan dibuat dengan format yang rapi.

2. Review Cover Letter

Tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa cover letter yang disertakan dengan CV bila memang ada. Cover letter adalah suatu aspek penting yang bisa membuat pelamar tampil berbeda dari yang lainnya.

Dengan adanya dokumen ekstra ini, maka Anda bisa memilih kandidat atau pelamar mana yang bisa Anda anggap lolos dalam proses screening.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam isi cover letter adalah jelas, singkat dan juga tidak ada satupun kesalahan dalam hal penulisan. Lalu, rangkuman riwayat dari pelamar harus menarik dan sesuai dengan posisi yang ingin mereka lamar.

Bila proses screening dokumen ini sudah selesai, maka Anda harus menghubungi kandidat secara langsung menggunakan email atau telepon.

3. Screening Lewat Video Call atau Telepon

Berdasarkan laman MaRS, tahap ini sering terlihat seperti interview pada karyawan, padahal tahap ini masih masuk di dalam tahap screening sebelum proses wawancara dimulai.

Tujuan dari dilakukannya tahap ini adalah agar bisa memverifikasi bahwa nomor telepon kandidat aktif dan bisa dihubungi. Lalu, dalam hal ini Anda bisa melihat secara sekilas tentang kemampuan komunikasi kandidat dari cara mereka menjawab pertanyaan.

Tahap ini sangat penting bila Anda membutuhkan kandidat yang memiliki banyak kemampuan komunikasi, seperti sales ataupun customer service.

4. Penentuan Kandidat Terbaik

Dalam tahap ini, Anda sudah bisa menentukan siapa saja kandidat unggul dari semua yang sudah Anda hubungi sejauh ini. Dalam tahap ini, Anda harus menyesuaikan kualifikasi dan berbagai kualitas lainnya sesuai kebutuhan.

Selain itu, Anda juga harus melakukan pemeriksaan latar belakang kandidat agar bisa memastikan bahwa kandidat yang dipilih tidak mempunyai jejak digital yang negatif.

Anda bisa menyaring 5 sampai 10 kandidat untuk melakukan review oleh manager atau user yang nantinya akan menjadi atasan si pelamar. Dalam hal ini, Anda juga bisa memberikan saran pada user tersebut dan memberikan wewenang untuk menentukan siapa saja yang berhak masuk pada sesi interview.

Proses ini bisa Anda jadikan sebagai proses terakhir sebelum memberikan offer letter pada kandidat.

Baca juga: Work Order Adalah Dokumen Penting yang Ada Di Perusahaan Manufaktur, Ini Penjelasannya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang screening karyawan, lengkap dengan pengertian dan berbagai tahapan yang harus Anda lakukan dalam menyaring pelamar atau kandidat karyawan.

Dengan melakukan manajemen yang baik dalam proses rekrutmen karyawan, maka perusahaan Anda akan dikenal sangat kompetitif, mampu menghasilkan karyawan yang unggul, dan dikenal baik di mata masyarakat.

Namun, Anda tidak hanya memerlukan manajemen karyawan yang baik untuk bisa mencapai tujuan dan kesuksesan karyawan. Karena Anda juga memerlukan manajemen keuangan yang tepat agar kegiatan operasional perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Nah untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan perusahaan, Anda bisa coba menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online akan mencatat dan memberikan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan 200 lebih jenis laporan keuangannya pada Anda secara otomatis, cepat, serta akurat.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur persediaan, perpajakan, penjualan, pembelian, pembukuan, manufaktur, dan fitur luar biasa lainnya yang akan membuat operasional bisnis berjalan lebih efisien. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan strategi yang tepat untuk kemajuan bisnis.

Anda bisa mencoba Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari hanya dengan klik banner di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.