Time Sheet Adalah: Ini Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Untuk Karyawan

Pada dasarnya, time sheet adalah suatu sistem yang sudah tidak asing lagi ditelinga setiap tim HR. Time Sheet adalah salah satu alat yang bisa membantu tim HR dalam menghitung waktu kerja setiap karyawan di dalam perusahaan

Hal tersebut dikarenakan time sheet mampu menampilkan jumlah jam kerja yang sesungguhnya pada setiap karyawan yang bisa menjadi acuan dalam proses payroll di dalam suatu perusahaan.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang timesheet, jenis, dan fungsinya untuk setiap karyawan. Untuk itu, baca artikel tentang time sheet di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Time Sheet

Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah time sheet di dalam dunia kerja, terutama untuk mereka yang baru masuk di dalam dunia kerja.

Sederhananya, time sheet adalah suatu alat yang berbentuk fisik ataupun virtual yang berguna untuk merekam dan juga melacak waktu kerja seseorang. Artinya, time sheet adalah suatu absensi karyawan.

Baca juga: Leader artinya Berbeda Dengan Bos, Lho! Ini Penjelasannya!

Fungsi Time Sheet

Time sheet memiliki berbagai fungsi yang baik untuk karyawan dan juga perusahaan. Nah, beberapa fungsi time sheet adalah sebagai berikut:

1. Time Management Karyawan

Fungsi pertama dari time sheet adalah sebagai manajemen waktu untuk karyawan yang mempunyai isu yang berhubungan dengan efektivitas kerja.

Dengan menggunakan time sheet, maka seorang karyawan dan tim HR bisa melakukan pemantauan atas efektivitas kerja karyawan setiap harinya. Time sheet berguna sebagai pelacak waktu karyawan ataupun time tracking yang nantinya bisa digunakan sebagai dasar dalam menghitung gaji.

Pelacakan waktu dalam hal ini terdiri dari jam keluar masuk karyawan, dan lamanya waktu yang diambil karyawan terkait jam lembur atau cutinya.

2. Data dalam Proses Payroll Karyawan

Upah ataupun gaji adalah salah satu hak penting yang harus dipenuhi oleh perusahaan kepada karyawannya. Untuk itu, perhitungan gaji atau proses payroll dalam suatu perusahaan harus transparan dan sesuai dengan perjanjian kerja yang sudah disepakati bersama.

Data pada lembar kerja karyawan dalam hal ini mampu menampilkan jumlah jam lembur ataupun jam kerja dari setiap karyawan. Selain itu, lembar kerja juga akan menampilkan berapa hak yang harus dibayar oleh perusahaan pada karyawannya terkait jumlah jam kerja.

3. Informasi Mengenai Kinerja Karyawan

Fungsi ketiga dari time sheet adalah menampilkan dan memberikan penilaian performa karyawan dari efektivitas kerjanya. Selain itu, data time sheet juga bisa menjadi bahan pertimbangan manajer sebelum nantinya memberikan tugas tambahan pada karyawan.

Pertimbangan ini juga bisa menilai apakah beban kerja yang diberikan pada karyawan sudah sesuai atau belum, bila terlalu banyak, maka nantinya akan berdampak pada performa kerja karyawan. Bila terlalu sedikit, maka harus disesuaikan kembali.

Baca juga: Employee Self-service (ESS), Pengertian dan Peran dalam HR

Jenis-jenis Timesheet Karyawan

Berdasarkan bentuknya, time sheet karyawan terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Timesheet Kertas/Hard Copy

Jenis yang pertama dari time sheet adalah bentuk kertas. Sama seperti namanya, jenis time sheet ini berbentuk kertas ataupun hard copy.

Jenis time sheet ini juga sudah lebih dulu digunakan, namun jenis jam kerja ini mempunyai kelemahan, seperti proses pendataan yang lebih lama dan rentan terjadi kesalahan, sehingga sangat tidak praktis untuk digunakan. Selain itu, karena memiliki bentuk kertas, maka time sheet ini lebih sulit untuk disimpan dan sangat mungkin untuk hilang.

2. Timesheet Digital/Soft Copy

Jenis yang kedua dari time sheet adalah digital atau softcopy. Jenis time sheet ini adalah pembaruan dari jenis yang pertama, karena di dalam lebih memanfaatkan bantuan teknologi.

Untuk itu, pendataan waktu kerja dalam time sheet digital bisa dilakukan secara cepat, sehingga bisa lebih mengefektifkan waktu kerja dari tim HR dan bisa menekan terjadinya kesalahan manusia.

Selain itu, time sheet ini juga lebih mudah untuk disimpan dan dicari jika sewaktu-waktu nanti diperlukan. Time sheet digital pun penting sekali untuk Anda dan pegawai yang bekerja untuk menjalankan project-project tertentu.

Biasanya, time sheet ini digunakan pada pekerjaan yang sangat singkat seperti event atau acara tertentu.

Baca juga: SK Pengangkatan Karyawan Tetap: Pengertian dan Contohnya

Penutup

Di zaman yang sudah serba modern seperti saat ini, pengelolaan time sheet digital sudah menjadi pilihan utama di banyak perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi penilaian kinerja karyawan, maka berbagai urusan tersebut pun bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

Selain dengan menyediakan aplikasi time sheet digital, perusahaan juga bisa lebih meningkatkan efisiensi dalam bisnis nya dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software yang dikembangan dengan basis cloud dan website yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di seluruh Indonesia, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis yang memiliki perusahaan besar.

Selain itu Accurate Online juga sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Awards dari tahun 2016 hingga tahun 2022 dalam kategori software akuntansi.

Dengan Accurate Online, Anda akan mendapatkan laporan arus kas, laporan laba rugi, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih yang mampu meningkatkan efisiensi dalam bisnis Anda, seperti fitur perpajakan, pembelian, persediaan, penjualan, kas dan bank, cost and profit center, manufaktur, multi mata uang, multi cabang, dan lain sebagainya.

Lebih menariknya lagi, Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 200 ribuan saja perbulan.

Namun, Anda bisa mencobanya terlebih dulu secara gratis selama 30 hari melalui banner di bawah ini.