Unsur Unsur Manajemen: Pengertian dan Semua Hal yang Perlu Anda Tahu

Manajemen sangat penting bagi kehidupan semua orang untuk mengatur apa yang akan dilakukan dalam kegiatan orang tersebut. Dalam hal ini membuat seseorang memahami apa yang akan dilakukan dan bagaimana dalam menjalankannya. Manajemen sendiri memiliki unsur unsur manajemen yang sangat penting dalam melakukan manajemen.

Apa yang Dimaksud Manajemen?

Manajemen adalah suatu proses yang dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Ini adalah pengertian yang sangat singkat dan memiliki maksud yang sangat jelas. Manusia adalah peran utama dalam kegiatan berlangsungnya manajemen tersebut.

Dalam manajemen memiliki sumber daya yaitu, sumber daya manusia, sumber daya kapital dan sumber daya alam. Untuk mendapatkan sumber daya tersebut harus melakukan survei apakah sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Unsur unsur manajemen saat ini berperan penting dalam terbentuknya manajemen dengan efektif dan efisien.

Sumber daya manusia yaitu seseorang yang produktif dalam melakukan pekerjaan sebagai penggerak sebuah organisasi untuk merealisasikan tujuan yang ingin dicapai. Kedua, sumber daya alam yaitu sumber yang telah tersedia oleh alam dan dapat memenuhi kebutuhan manusia seperti tanah, tanaman, dll. Ketiga, sumber daya kapital atau modal merupakan sumber yang dapat mendukung produksi seperti, dana, mesin, dll.

Baca juga: SOP Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Contoh, dan Tips Membuatnya

unsur unsur manajemen 2

Unsur Unsur Manajemen Paling Umum

Setelah membahas pengertian manajemen pada umumnya selanjutnya akan membahas mengenai unsur unsur dari manajemen. Sangat penting bagi Anda untuk memahami tentang unsur unsur manajemen, terutama jika Anda adalah pemiliki bisnis, semua itu agar dapat mengetahui proses untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Dalam hal ini ada beberapa unsur unsur manajemen yang dapat dipahami, sebagai berikut.

1. Man

Unsur yang pertama adalah manusia, dengan melakukan proses manajemen, manusia sangat berperan penting. Untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan, diatur dan sudah berjalan adalah peran penting yang dilakukan oleh manusia. Manusia dapat dibilang sangat penting dalam unsur unsur manajemen ini.

Menjalankan proses manajemen untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien hanya dapat dijalankan oleh manusia. Tanpa adanya manusia sebuah pekerjaan tidak akan berjalan sesuai rencana yang dibuat, karena manusia adalah makhluk pekerja untuk menyelesaikan tugas. Manusia dapat memotivasi pekerja lainnya agar lebih baik dalam melakukan pekerjaan.

2. Money

Uang merupakan unsur yang sangat penting dalam berjalannya pekerjaan yang akan dicapai sesuai tujuan. Sebuah pekerjaan yang sedang berjalan akan membutuhkan perlengkapan dan peralatan untuk melancarkan proses tersebut. Mendapatkan perlengkapan dan peralatan tersebut harus memiliki uang sehingga uang dapat dibilang penting.

Dalam pengertian manajemen, proses yang memanfaatkan sumber daya yang dapat mencapai tujuan efektif dan efisien. Untuk mencapai tujuan yang efisien sangat dibutuhkan modal dalam bentuk uang yang dapat memenuhi hal tersebut. Dapat dilihat untuk membangun sesuatu memiliki uang sangatlah menunjang kelancaran dalam pembangunan tersebut.

Pengelolaan keuangan yang benar juga termasuk hal yang krusial dalam keberlangsungan manajemen yang optimal. Dengan proses manajemen keuangan yang efisien, tentunya seluruh proses dalam bisnis bisa terencana dengan baik dengan data finansial yang faktual.

Salah satu poin penting yang perlu di lakukan untuk membuat proses manajemen keuangan yang optimal adalah dengan melakukan pembukuan yang sesuai standar yang ada. Sayanganya masih banyak bisnis, terutama UMKM yang tidak menyadari hal ini dan menganggap remeh proses pembukuan.

Hal ini dikarenakan banyaknya pelaku UMKM yang tidak mengatahui ilmu akuntansi secara mendalam dan menganggap melakukan pembukuan adalah hal yang memakan banyak waktu. Padahal saat memulai bisnis, proses pembukuan adalah hal yang harus ada untuk memastikan pengeluaran dan pemasukan tetap terpantau dan tidak ada pos pengeluaran yang terlalu boros.

Untuk kemudahan manajemen keuangan, proses pembukuan, penghitungan pajak, pemantauan aset, dan pembuatan laporan keuangan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan sekalipun Anda tidak mengetahui ilmu akuntansi secara mendalam, harga terjangkau, dan fitur terlengkap seperti Accurate Online. Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga: Studi Kelayakan Bisnis: Pengertian, Aspek, Tujuan, dan Manfaatnya

3. Material

Dalam sebuah proses mencapai sebuah tujuan memiliki persediaan bahan baku sangatlah dibutuhkan. Jika bahan baku tidak tersedia untuk menjalankan proses produksi, maka proses tersebut akan terhambat dalam jangka pendek maupun panjang. Maka dari itu salah satu unsur unsur manajemen yang penting adalah materials yang dapat memenuhi pencapaian tujuan.

Bahan baku didapatkan dengan membelinya di tempat yang menyediakan bahan baku yang dibutuhkan. Untuk mencapai tujuan yang efektif sangatlah dibutuhkan bahan baku yang tahan lama dan bagus agar manajemen berjalan lancar. Dalam mengolah bahan baku tersebut membutuhkan manusia yang dapat menjadikannya sebagai produk yang dibutuhkan.

4. Machine

Salah satu unsur manajemen yang menjadi pendukung terhadap berjalannya proses pencapaian tujuan yang efisien adalah mesin. Dengan menggunakan mesin akan membantu mempercepat pekerjaan yang dilakukan. Mesin digunakan untuk memproses bahan baku agar menjadi sebuah produk yang berkualitas.

Manajemen dilakukan dengan banyak proses yang dilakukan dengan baik agar tujuan yang dicapai menjadi sangat baik. Untuk itu bahan baku yang digunakan harus berkualitas sehingga hasilnya sesuai dengan harapan. Mesin dapat berjalan karena manusia yang menggerakan, maksud dari ini dari setiap unsur unsur manajemen sangatlah berkaitan.

5. Method

Sebuah metode yang digunakan untuk menjalankan proses manajemen dapat dilakukan dengan pemikiran manusia. Sehingga metode dapat membuat proses tersebut lebih mudah dan cepat selesai dalam mencapai tujuan yang efisien. Metode terjadi karena munculnya unsur unsur manajemen di atas untuk melakukan proses dengan lancar.

Menggunakan metode yang telah disusun sesuai dengan divisi yang ada dapat dibagikan kepada pekerja yang ahli pada bidangnya. Manusia akan membantu berjalannya metode yang telah dibentuk untuk menghasilkan bahan baku menjadi bahan jadi. Dengan metode yang baik juga akan membuat mesin berjalan dengan sesuai dan uang digunakan sesuai dengan keperluan yang akan mencapai tujuan.

Baca juga: 10 Tips Online Marketing yang Cocok Untuk Pemula

6. Market

Unsur yang membuat lancar proses produksi adalah pasar, karena pasar dikunjungi banyak konsumen yang akan membeli produk tersebut. Adanya pasar membuat produksi terjual dan dapat diketahui kekurangan dan kelebihan dari produk tersebut. Dalam hal ini sebagai pembuat produksi dapat memperbaiki dan mempertahankan kualitas.

Pasar sangat berpengaruh terhadap sebuah produksi yang telah dihasilkan sesuai dengan proses yang telah digunakan. Dalam manajemen untuk menguasai pasar dapat menggunakan strategi yang baik untuk bersaing dan menjadi yang utama. Dengan strategi membuat produk menjadi lebih cepat menyebar luas dan disukai konsumen.

7. Menit (Waktu)

Waktu mungkin merupakan aset yang paling berharga dan memerlukan peninjauan proses perencanaan manajemen dan Anda harus menggunakan waktu seefektif mungkin. Misalnya, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk membuat dan mengenalkan produk baru ke pasar? dan seberapa responsifkah bisnis terhadap tekanan persaingan?

Setelah membahas unsur unsur manajemen yang penting dalam menjalankan manajemen dapat dilihat sebuah proses yang dilakukan harus baik. Dengan menggunakan unsur manajemen dalam membuat sebuah produk adalah hal yang efektif dan efisien. Untuk mendapatkan keduanya perlu memiliki semua unsur manajemen, karena semua unsur saling berkaitan.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Efektif dan Efisien dalam Manajemen

Dapat diketahui sesuai dengan pengertian manajemen di atas memiliki kata efisien dan efektif yang akan dibahas di sini. Efektif sangat berkaitan dengan banyaknya hasil pencapaian yang sesuai dengan harapan. Efisien seperti banyaknya penggunaan waktu dan uang yang dikeluarkan dalam proses pencapaian tujuan.

Baca juga: Efektif dan Efisien: Perbedaan dan Hubungannya dengan Produktivitas

Dalam kehidupan sangat sukar untuk mencapai tujuan yang efektifitasnya maksimal dan dengan efisiensi yang maksimal juga. Hasil yang maksimal didapatkan dengan biaya yang minimal sangatlah sulit terjadi. Yang sering terjadi pada umumnya adalah penggunaan biaya minimal dan mendapatkan hasil yang cukup wajar. Keadaan seperti ini yang biasanya dikenal dengan kata “Optimal”, karena kata optimal merupakan kombinasi dari keduanya.


Itulah informasi mengenai manajemen dan unsur unsur manajemen yang dapat dipahami dan dilakukan sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan unsur manajemen sesuai dengan caranya akan mendapatkan hasil yang optimal.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dapat melakukan sesuai dengan kebutuhan yang digunakan dengan efektif dan efisien. Hal ini membuat manajemen berjalan dengan imbang dan sesuai dengan hasil tujuan yang diharapkan, termasuk untuk manajemen keuangan pada bisnis.

Untuk optimasi manajemen keuangan yang lebih cepat dan fleksibel, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online seperti Accurate Online yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama sebulan melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan