10 Tips Online Marketing yang Cocok Untuk Pemula

Lebih dari sebagian orang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Tingginya pengguna internet membuka peluang bagi pemasar untuk menjalankan strategi online marketing. Dengan strategi ini, pengenalan dan pemasaran produk bisa dilakukan secara lebih masif dan luas.

Online marketing sendiri merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mengenalkan suatu produk pada calon konsumen. Dengan menggunakan internet sebagai media marketing, pemasar bisa menjangkau konsumen dengan lebih spesifik tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Tidak hanya itu, pemasaran secara daring juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Nah, bagi pemasar yang baru saja terjun ke dunia pemasaran online, berikut tips-tips untuk melancarkan strategi marketing secara online:

1. Membangun Database Konsumen

Hal yang pertama kali harus dilakukan saat akan melakukan online marketing adalah mengumpulkan dan membuat database konsumen. Sebelum melakukan pemasaran, penting bagi pemasar untuk mengetahui karakteristik konsumen.

Melalui database yang dikumpulkan, pemasar dapat memetakan konsumen yang potensial. Selain itu, pemasar juga bisa menjadikan database yang ada sebagai dasar untuk melakukan penawaran dan membuat konten marketing.

2. Berorientasi Pada Konsumen

Sebuah rencana pemasaran yang baik harus menjadikan konsumen sebagai fokus utamanya, begitu juga marketing secara online. Untuk itulah, pemasar harus memahami apa yang diinginkan oleh konsumen.

Sebagai permulaan, pemasar bisa melakukan simulasi mengenai bagaimana konsumen bisa menemukan brand produk yang ditawarkan, kemudian apa yang membuat konsumen bisa tertarik pada brand produk serta bagaimana konsumen memutuskan untuk membeli produk.

Dengan melakukan simulasi tersebut, pemasar setidaknya dapat mengetahui garis besar kondisi psikologi konsumen. Hal ini penting untuk dilakukan agar marketing yang dilakukan bisa menyasar konsumen dengan tepat.

Baca juga: Buyer Persona: Pengertian, Fungsi, Dan Cara Menentukannya

3. Membuat Website

Setelah memahami dengan baik pola pikir konsumen, pemasar bisa mulai melakukan marketing. Salah satu cara termudah dalam melakukan online marketing adalah membuat website. Melalui website, produk yang ditawarkan akan lebih meyakinkan.

Dalam pemasaran digital, website bertindak layaknya toko pada dunia nyata. Melalui website, pemasar bisa menampung semua trafik mulai dari media sosial hingga email marketing.

Selain itu, website juga bisa menampilkan informasi mengenai produk yang ditawarkan dengan lengkap. Dengan memanfaatkan website sebagai media pemasaran, pemasar dapat menjaring lebih banyak konsumen, karena kebanyakan konsumen lebih mempercayai produk yang dipasarkan lewat website dibandingkan media sosial saja.

Baca juga: Ingin Menjadi Pengembang Website? Pelajari 9 Hal Penting ini

4. Membuat Content Marketing

Tujuan utama seorang pemasar melakukan marketing secara online adalah untuk meningkatkan kesadaran konsumen mengenai brand produk yang ditawarkan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah membuat content marketing.

Agar konsumen menyadari dan tertarik pada produk yang ditawarkan, content marketing harus dibuat semenarik mungkin. Ada banyak bentuk content marketing yang bisa dibuat mulai dari tulisan, infografis hingga video. Masing-masing jenis content marketing memiliki keunikan dan kelebihannya tersendiri.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat membuat content marketing, yakni bahwa content marketing bertujuan untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran konsumen akan sebuah produk. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari penawaran produk saat membuat content marketing.

Baca juga: Apa itu Content Marketing? Mari Bahas Secara Mendalam

5. Meningkatkan Traffic Dengan SEO

Meskipun website merupakan media yang tepat untuk melakukan pemasaran digital, akan tetapi apabila trafik website sepi, maka semua itu tidak ada artinya. Oleh karena itu, pemasar harus memastikan bahwa trafik website selalu ramai. Salah satu cara termudahnya adalah dengan mengoptimasi SEO.

Apabila website bisa mengoptimasi SEO dengan baik, besar kemungkinan website bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Kemunculan website pada mesin pencari merupakan suatu keuntungan karena sebagian besar konsumen memulai pencarian produk melalui mesin pencari.

Baca juga: Ketahui Strategi Pemasaran Online yang Efektif Saat New Normal

online marketing 2

6. Membuat Email Marketing

Email marketing merupakan strategi yang cukup efektif dalam menjaring konsumen atau meningkatkan kesadaran konsumen akan suatu produk. Tidak seperti media online marketing lain, email marketing menyasar secara lebih personal, yakni melalui kotak masuk.

Hampir semua orang yang memiliki email akan memeriksa kotak masuk saat login ke email. Oleh karena itu, produk yang ditawarkan dapat langsung terbaca oleh konsumen saat membuka email. Konsumen bahkan bisa berlangganan email marketing dari produk apabila subjek dan isi yang ditulis mampu menarik perhatian konsumen.

Baca juga: Mengenal Email Marketing dan 8 Tips Terbaik untuk Mendongkrak Penjualan

7. Melakukan Marketing Melalui Media Sosial

Lebih dari sebagian pengguna internet memiliki media sosial, karena itu media sosial bisa menjadi tempat pemasaran yang sempurna. Namun, untuk meraih kesuksesan dalam memasarkan produk melalui media sosial, diperlukan strategi yang tepat.

Sebelum mulai memasarkan produk via media sosial, pemasar perlu mengetahui terlebih dahulu mana media sosial yang banyak digunakan oleh calon konsumen. Setelah menentukan media sosial yang efektif, pemasar bisa mulai untuk melakukan marketing lewat media sosial.

Yang perlu diperhatikan saat melakukan marketing media sosial yakni memastikan bahwa konten yang dipost harus menarik dan menghibur. Kemudian, sebisa mungkin hindari menggunakan banyak teks dan perbanyak gambar. Ini dapat membantu menarik perhatian konsumen.

Baca juga: 17 Tips untuk Membuat Akun Instagram yang Baik bagi Bisnis Anda

8. Memanfaatkan Affiliate Marketing

Salah satu cara pemasaran online yang bisa dilakukan oleh pemula adalah berafiliasi dengan orang lain. Affiliate marketing ini sendiri bukanlah sesuatu yang baru di dunia pemasaran online.

Cara kerja affiliate marketing sangat mudah dipahami. Pemasar dapat bekerja sama dengan siapa saja dan ketika rekan kerja bisa menjualkan produk kepada konsumen, pemasar atau pemilik produk bisa memberikan komisi pada rekan kerja tersebut.

Baca juga: Sedang Bingung Memilih Bisnis? Coba Affiliate Marketing

9. Kerja Sama Dengan Influencer

Bekerja sama dengan Influencer bisa membantu produk yang dipasarkan dikenal oleh calon konsumen secara luas dan masif. Hal ini disebabkan karena influencer memiliki follower yang jumlahnya tidak sedikit. Tidak hanya itu, tindak-tanduk influencer biasanya sering diamati oleh follower begitu juga dengan postingannya.

Apabila bisnis dan produk yang ditawarkan masih terbilang baru, lebih baik pemasar bekerja sama dengan micro influencer. Dengan begitu, pemasar tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar meskipun proses pemasaran tetap berjalan.

Baca juga: Pengertian Influencer dan Hubungannya Terhadap Pengembangan Bisnis

10. Bergabung dan Aktif di Komunitas Online

Bagi seorang pemula di dunia online marketing, bergabung dengan komunitas online yang berkaitan dengan industri atau bidang yang didalami merupakan ide yang brilian. Dalam sebuah komunitas online, pemasar bisa bertemu dengan berbagai orang atau calon konsumen.

Dari situlah, pemasar bisa memperoleh banyak informasi yang berhubungan dengan kebutuhan, ketertarikan dan keinginan konsumen akan sebuah produk. Tidak hanya itu, di komunitas online, pemasar juga bisa mencari tahu masalah yang dihadapi konsumen terkait produk dan saran dari konsumen.

Kemudian, menggunakan informasi yang digunakan, pemasar bisa meningkatkan kualitas produk sehingga lebih banyak dilirik.

Baca juga: Apa Itu Komunikasi Bisnis? Berikut Pengertian, Teknik, dan Tujuannya

Kesimpulan

Dengan banyaknya pengguna internet dan waktu yang dihabiskan oleh pengguna untuk berselancar di dunia maya, online marketing merupakan strategi yang sangat cocok untuk mengenalkan sebuah produk.Terlebih apabila pemasar menggunakan pendekatan yang tepat.

Pemasaran secara online pada dasarnya dapat dilakukan oleh siapa saja. Selama pemasar bisa menerapkan tips-tips di atas, marketing yang dilakukan akan lebih mudah untuk mencapai sukses, meskipun pemasar hanya seorang pemula.

Selain proses pemasaran, hal lain yang penting dilakukan dalam pengembangan bisnis berkelanjutan adalah dengan melakukan proses pembukuan yang baik dan sesuai standar yang berlaku.

Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang tidak menyadari pentingnya proses pembukuan dan akuntansi pada bisnis, terutama untuk mengetahui kesehatan finansial usaha mereka.

Saat memulai bisnis Anda bisa mencoba menggunakan proses pembukuan manual atau excel untuk pencatatan dan penghitungan seluruh pengeluaran dan pemasukan dalam usaha Anda. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya transaksi dan pelanggan, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk solusi pembukuan yang lebih baik.

Accurate Online adalah salah satu software akuntansi online yang sudah terbukti dan teruji memudahkan proses pembukuan bisnis secara menyeluruh. Dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi terbaik yang telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini.

Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu