Adobe Creative Cloud, Software Sempurna untuk Si Kreatif

Jika Anda adalah seseorang yang kreatif dalam hal desain, maka Adobe Creative Cloud adalah suatu aplikasi yang harus Anda pahami dengan baik.

Lalu, apa itu Adobe Creative Cloud (CC)? apa yang membedakannya dengan adobe lain? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang Adobe CC di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Adobe CC?

Pada bulan September tahun 2003 lalu, Adobe secara resmi meluncurkan sistem aplikasi yang dikenal dengan aplikasi Creative Suite atau CS. Sistem ini berisi berbagai aplikasi kreatif, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, dan masih banyak lagi.

Ketika itu, CS adalah aplikasi yang menerapkan sistem pembayaran perpetual. Jadi, Anda harus membeli aplikasi dengan harga yang sangat mahal, tapi aplikasi tersebut bisa Anda gunakan selamanya.

Terdapat banyak sekali pengguna dari sistem software Adobe CS ini. Namun, versi terakhirnya hanya terbit pada tahun 2012 lalu dan sudah tidak diperbarui lagi.

Mereka memilih untuk mengganti nama dan sistemnya dengan metode pembayarannya menjadi Adobe Creative Cloud. Berdasarkan laman American Graphics Institute, software as a service ini mempunyai skema pembelian langganan. Sama seperti namanya, Adobe CC pun sudah dilengkapi dengan sistem penyimpanan berbasis cloud.

Lalu, mereka juga terus melakukan pembaruan aplikasi setiap tahun. Pada saat artikel ini di rilis, versi terbaru yang mereka luncurkan adalah Adobe Creative Cloud 2021.

Sampai saat ini, Adobe CC sudah digunakan oleh ribuan hingga jutaan pekerja kreatif profesional di seluruh negara. Tentunya, yang membuat para pekerja kreatif tersebut menjadi hebat bukan karena aplikasi ini saja. Mereka juga sudah berhasil menguasai berbagai keterampilan untuk bekerja di industri kreatif.

Dengan bekal keterampilan dan kemampuannya tersebut, apapun aplikasi yang mereka gunakan, maka mahakarya yang luar biasa bisa mereka buat.

Baca juga: CorelDraw Adalah Software Pengolah Gambar, Ini Keunggulannya!

Cara Daftar Aplikasi dalam Adobe Creative Cloud

Adobe Creative Cloud adalah salah satu sistem aplikasi yang sangat besar. Setidaknya ada lebih dari 20 aplikasi yang ada di dalam sistem aplikasi ini. dilansir dari situs resmi mereka, beberapa aplikasi yang ada di dalam Adobe Creative Cloud adalah sebagai berikut:

1. Adobe Photoshop

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan edit foto atau membuat karya grafis lainnya dengan bentuk bitmap.

2. Adobe Illustrator

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat karya vektor atau ilustrasi lainnya.

3. Adobe InDesign

Jika Anda tertarik membuat buku digital, layout majalah, atau karya percetakan serta penerbitan, maka Anda bisa menggunakan Adobe InDesign.

4. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro akan memberikan akses pada Anda untuk bisa mengedit video atau film secara profesional.

5. Adobe After Effects

Adobe After Effects pun adalah salah satu aplikasi edit video. Tapi, aplikasi ini lebih fokus pada efek sinematik visual saja. Sedangkan Adobe Premiere Pro lebih fokus pada pengeditan umum.

6. Adobe Audition

Sama seperti namanya, Adobe Audition ini akan membuat Anda untuk bisa mengedit audio.

7. Adobe XD

Dengan Adobe XD, Anda bisa membuat desain produk digital. Umumnya, aplikasi ini digunakan oleh para UI/UX designer.

8. Adobe Dreamweaver

Jika Adobe XD hanya bisa Anda gunakan untuk produk digital, maka akan beda dengan Adobe Dreamweaver. Aplikasi ini dibuat agar Anda bisa mendesain suatu halaman website.

9. Adobe Acrobat DC

Jenis aplikasi ini sedikit beda. Adobe Acrobat DC adalah aplikasi yang berguna untuk mengedit dan membuka dokumen yang memiliki format PDF.

Selain berbagai aplikasi di atas, masih ada aplikasi tambahan lainnya yang tidak cukup kita bahas satu per satu. Adobe Creative Cloud juga memberikan penawaran untuk bisa mengakses Adobe Fonts, Behance, Adobe Portfolio, ruang penyimpanan berbasis cloud dengan kapasitas 100GB, dan masih banyak lagi.

 Harga Adobe Creative Cloud

  • Adobe Photoshop dibandrol dengan harga $ 20,99 / bulan
  • Adobe Illustrator dibandrol dengan harga $ 20,99 / bulan
  • Adobe InDesign dibandrol dengan harga $ 20,99 / bulan
  • Adobe XD dibandrol dengan harga $ 9,99 dolar / bulan
  • Adobe Premiere Pro dibandrol dengan harga $ 20,99 / bulan
  • Adobe Premiere Rush dibandrol dengan harga $ 9,99 dolar AS per bulan
  • Dan masih banyak lagi.

Harus Anda garis bawahi bahwa harga tersebut adalah paket individu. Jadi bila Anda ingin berlangganan tim atau bisnis, maka harganya akan berbeda.

Keuntungan Menggunakan Adobe Creative Cloud

1. Mudah Dalam Instalasi dan Upgrade Versi Terbaru

Dengan menggunakan Adobe Creative Cloud, Anda akan lebih mudah dalam melakukan instalasi update versi terbaru. Tentunya hal ini berbeda pada versi Adobe CS yang membuat Anda harus melakukan proses instal berulang kali tiap ada versi terbaru.

Lalu jika Anda mendaftar sebagai tim atau bisnis, Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa menggunakan Adobe CC. Setiap pengguna nantinya akan memperoleh email verifikasi agar bisa masuk ke dalam Adobe Console, dan mereka bisa mengelola aplikasi apa saja yang akan mereka gunakan.

2. Lebih Hemat

Dalam hal biaya, Anda akan lebih hemat dengan sistem berlangganan. Bila sebelumnya Anda harus membeli lisensi Adobe CS seharga 6 sampai 7 juta rupiah untuk satu produk saja, maka akan beda bila Anda menggunakan Adobe CC.

Bila dikonversi dengan mata uang rupiah, Anda hanya perlu mengeluarkan anggaran sekitar 135.500 Rupiah saja per penggunanya. Anda pun bisa memilih aplikasi sesuai kebutuhan. Terdapat beberapa paket yang disediakan, seperti paket untuk kebutuhan desain grafis dan multimedia, paket khusus menunjang bisnis, dan paket marketing serta analisis.

3. Memiliki Fitur Revoke License

Masalah yang biasanya terjadi dalam membeli lisensi Adobe CS adalah bila karyawan sudah resign dari kantor, maka lisensi yang dipegangnya tersebut masih menyatu pada komputer yang dirinya gunakan (bila menggunakan laptop pribadi).

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka Adobe menyediakan fitur pencabutan lisensi atau revoke bila karyawan sudah resign. Sehingga, aplikasi pun tidak bisa lagi digunakan oleh karyawan tersebut dan data pun akan lebih aman.

Baca juga: Bitmap: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Adobe Creative Cloud, lengkap dengan pengertian, cara daftar, harga, dan keuntungan dibalik menggunakan sistem aplikasi ini.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, maka Anda harus menyiapkan anggaran fix yang harus dikeluarkan tiap bulan atau tiap tahun. Pengeluaran tersebut pun tentunya harus Anda catat dalam laporan keuangan agar nantinya bisa Anda gunakan untuk membuat kebijakan bisnis yang lebih tepat.

Namun, mencatat dan membuat laporan keuangan secara manual tentu sangat rentan terjadi kesalahan. Belum lagi prosesnya yang sangat memakan waktu. Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis lewat berbagai strategi yang efektif.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang siap membuat bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Penasaran? Klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!Tips dan Panduan Akuntansi Real Estate