Cara Melakukan Clear Cache Chrome dengan Mudah Tanpa Ribet!

Selain berselancar di internet melalui browser, Apakah Anda pernah menghapus history di browser? Ketika kita menghapus history, biasanya akan muncul notif bertuliskan “Clear Cache Chrome”, tapi apa maksudnya ya?

Hal tersebut merupakan sebuah proses untuk menghemat ruang penyimpanan atau privasi pencarian kita di internet, supaya tidak diketahui orang lain.

Browser chrome sendiri merupakan sebuah website peramban yang dikembangkan oleh Google. Setiap Anda melakukan pencarian di internet, biasanya itu akan dilakukan lewat chrome.

Lalu apa yang dimaksud dengan clear cache chrome dan bagaimana cara melakukannya, serta apa manfaat melakukan kegiatan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya:

Apa Itu Clear Cache Chrome?

Clear cache chrome sebenarnya merupakan istilah-istilah dalam teknologi internet yang masing-masing memiliki arti yang berbeda-beda.

Clear merupakan bahasa inggris yang artinya bersih. Sementara chrome merupakan browser dari Google. Lalu apa itu cache?

Cache merupakan tempat penyimpanan file secara online, yang pernah diakses sebelumnya. Proses Sebuah file yang disimpan sementara ini biasa disebut caching.

Ketika Anda mengunjungi sebuah situs website melalui chrome, maka browser tersebut akan menyimpan informasi. Informasi tersebut akan membantu perangkat dalam mengakses situs web itu lagi di kunjungan berikutnya.

Cache memiliki tujuan untuk meningkatkan efektifitas serta efisiensi dari chrome tersebut ketika digunakan untuk browsing internet.

Jika memang berfungsi sebagai penyimpanan file, lalu mengapa harus dilakukan clear cache chrome? Hal itu akan kita bahas pada tujuan clear cache chrome.

Baca juga: Cookies Adalah Sesuatu yang Sering Muncul Saat Mengunjungi Situs, Ini Cara Mengelolanya!

Tujuan Clear Cache Chrome

Agar lebih mudah mengerti, kita perhatikan contoh berikut ini :

Ketika user mengakses suatu website, biasanya pemilik website tersebut sudah melakukan update baik pada konten website, gambar dan tampilan lainnya.

Sebagai user, kita tentunya tidak mengetahui terjadinya perubahan ini. Namun, file cache akan menyimpan data lama dari website tersebut.

Jadi, ketika melakukan clear cache chrome, maka kita sebagai user bisa mendapatkan versi update dari website tersebut.

Dalam hal update informasi, maka melakukan clear cache chrome merupakan hal yang penting. Sebaiknya file cache dikelola dengan baik, agar tidak muncul masalah pada browser kita.

Lalu bagaimana cara melakukan clear cache chrome dengan mudah dan anti ribet? Simak terus tulisan berikutnya!

Manfaat Cache

Cache atau proses caching sebenarnya dapat membuat suatu aplikasi bekerja dengan lebih cepat dan efisien. Di bagian browser, data cache ini adalah informasi yang banyak memuat situs-situs web yang pernah diakses oleh user.

User akan merasakan pengalaman yang berbeda ketika mengakses situs web di cache dengan mengetiknya langsung. Browser akan lebih cepat membuka situs tersebut tanpa loading yang terlalu lama.

Cache dalam Aplikasi Smartphone

Sejak awal kita membahas tentang cache yang ada di browser chrome. Padahal, cache atau proses caching ini ternyata juga bisa dilakukan pada aplikasi di smartphone kita.

Caching di aplikasi hp juga sama, mengandalkan cloud dan web-nya. Salah satunya yang menggunakan file ini adalah Spotify.

Aplikasi pencarian musik ini bekerja ketika user menyimpan beberapa lagu favorit mereka. Sehingga, lagu- lagu tersebut bisa tetap didengarkan saat tidak ada sinyal atau internet.

Hal tersebut terjadi karena file lagu ini disimpan dalam cache browser terkait. Ini merupakan cara kerja cache yang dinilai inovatif untuk aplikasi seperti Spotify.

Kelemahan Caching

Cache dapat meningkatkan performa website dengan maksimal. Namun, tetaplah waspada dengan keberadaan hackers. Semua informasi yang bersifat rahasia, bisa dengan mudah diretas oleh hackers.

Kelemahan cache juga bisa terjadi ketika beberapa orang menggunakan browser yang sama dalam satu komputer. Pengguna lainnya ini bisa saja melakukan hal-hal yang tidak baik, dengan informasi kita yang tersimpan di cache.

Cara Melakukan Clear Cache Chrome yang Mudah

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa cache perlu dibersihkan atau user perlu melakukan clear cache chrome.

Tujuannya agar performa browser tersebut lebih baik dan informasi dari web yang diakses juga lebih update.

Lalu bagaimana cara melakukan clear cache chrome tanpa ribet? Berikut ulasan selengkapnya:

  1. Pada tampilan utama chrome, arahkan kursor ke tombol menu (berbentuk 3 titik) di bagian kanan atas
  2. Setelah diklik, pilih menu “More Tools
  3. Kemudian lanjutkan dengan memilih menu “Clear Browsing Data
  4. Kemudian user akan dihadapkan pada 2 opsi yang bisa dipilih. Ada “basic” dan “advanced
  5. Sesuai anjuran, klik saja opsi “basic”
  6. Kemudian pilih menu “Time range” untuk all the time yaitu semua waktu browsingan user harian, mingguan, hingga bulanan
  7. Setelah itu pilih “Clear data”

Jika ingin melakukan semua langka-langkah clear cache chrome ini dengan lebih praktis lagi, cukup gunakan Control + Shift + Delete (untuk Windows) atau (untuk MacOS) pilih Command + Shift + Delete.

Baca juga: Rekomendasi Penyedia Domain Gratis untuk Membuat Website Pribadi

Kesimpulan

Saat melakukan aktifitas browsing di internet, Anda mengunjungi banyak situs website yang tersimpan secara otomatis pada cache di browser yang digunakan.

Jika browser yang digunakan adalah chrome dari Google, maka cache tersebut akan tersimpan di browser chrome. File ini sebaiknya dibersihkan atau dilakukan clear cache chrome dengan benar.

Setelah dibersihkan, performa browser Anda akan lebih ringan, dan beberapa informasi dari website bisa Anda lihat dengan tampilan yang lebih baru.

Browser seperti chrome dan mozilla sangat berguna untuk mencari berbagai informasi via website, termasuk informasi software akuntansi dan bisnis terbaik saat ini.

Jika Anda pemilik bisnis atau perusahaan yang sedang mencari software akuntansi dan bisnis pada browser chrome, maka pilih Accurate online.

Accurate online hadir sebagai solusi untuk pencatatan keuangan di era digital seperti saat ini. Pencatatan keuangan seharusnya dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat, agar bisnis semakin sukses kedepannya.

Dengan fitur pembukuan yang lengkap, Anda hanya tinggal melakukan input data yang diperlukan, dan laporan keuangan sudah siap.

Penasaran dengan Accurate online, Anda bisa mencoba software akuntansi dan bisnis ini sekarang juga, gratis untuk 30 hari melalui tautan berikut ini.accurate 3 banner bawah

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.