Content Management System: Pengertian, Jenis, Dan Contoh-contohnya

CMS atau Content Management System mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan dunia digital melalui blog, website serta toko online. Tapi, terlepas dari banyaknya jenis dan juga tujuan Content Management System dalam suatu website, CMS mempunyai peran penting dalam hal mengelola dan juga membuat suatu konten.

Jadi, apa itu Content Management System? Apa saja manfaat dari Content Management System? Kenapa Content Management System itu sangat penting dalam suatu website?

Anda bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Pengertian Content Management System

Jadi, CMS atau Content Management System adalah suatu software yang bertugas dalam mengubah, mengelola, serta mempublikasikan suatu konten website. Content Management System juga akan membantu setiap penggunanya dalam berkolaborasi mengelola konten website.

Umumnya, konten website tersebut akan disimpan dalam database atau basis data dan dikelola dengan apa yang disebut dengan DBMS. Pengelolaan lewat DBMS ini membutuhkan pengetahuan command atau perintah khusus, sehingga semua orang tidak bisa menggunakannya dengan bebas.

Peran penting dari CMS salah satunya adalah menyuguhkan data yang sama dengan UI atau user interface dalam bentuk visual. Sehingga, akan lebih mudah untuk digunakan oleh para pengguna tanpa harus mengetahui berbagai hal teknis terlebih dahulu.

Peran penting lainnya dari Content Management System adalah untuk membantu membuat suatu konten, memudahkan penyimpanan dan pengelolaan suatu konten, membantu kegiatan kolaborasi dan juga multi-user, dan mempermudah proses publikasi serta mengubah isi konten.

Sederhananya, Content Management System adalah suatu program yang berguna untuk memudahkan berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan website. Kehadiran CMS juga akan membantu para pengguna dalam membuat website tanpa harus mengetahui kemampuan coding ataupun programming yang memusingkan.

Baca juga: Apa itu JavaScript? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Manfaat Menggunakan Content Management System

1. Memungkinkan Kolaborasi dengan Banyak User

Manfaat pertama yang akan Anda rasakan dalam menggunakan Content Management System adalah sifatnya yang lebih kolaboratif. Itu artinya, Anda bisa melakukan kerja sama dengan para pengguna lainnya dalam waktu yang bersamaan dalam ruang penyimpanan yang sama

Fitur ini akan memungkinkan suatu blog atau website mempunyai pengguna yang banyak dengan level akses khusus, seperti author, editor, guest, hingga administrator.

2. Memiliki Tampilan yang User-Friendly

Manfaat selanjutnya dari Content Management System adalah sifatnya yang lebih ramah pada pengguna tanpa memperhatikan kemampuan teknis.

Umumnya, suatu CMS akan dibekali dengan fitur yang disebut dengan What You See Is What You Get (WYSIWYG), yang artinya, konten yang Anda lihat adalah konten yang akan dirilis ke audiens

Tampilan pada CMS yang lebih intuitif dan visual juga memungkinkan para pengguna non teknis yang tidak memiliki kemampuan programming bisa membuat dan juga mengelola konten website mereka sendiri tanpa memerlukan bantuan dari pihak lain.

3. Mempermudah Pengelolaan Konten

Bila Anda pernah membuka website yang besar dengan banyaknya halaman di dalamnya, atau online shop yang memiliki banyak sekali produk, mungkin Anda akan bingung, bagaimana cara mereka mengelola ribuan atau jutaan halaman websitenya?

Nah, kehadiran Content Management System ini akan memungkinkan pihak pengelola konten untuk mengelola websitenya dengan jumlah yang besar secara praktis. Di dalam CMS ini terdapat berbagai macam fitur untuk membantu mereka, seperti pencarian tag, kategori, pengurutan, hingga filter.

Berbagai fitur ini bisa digunakan oleh para pengelola website dalam mengurus konten secara lebih cepat tanpa harus berurusan langsung dengan sistem database.

4. Meningkatkan Efisiensi Bisnis Online

Content Management System adalah suatu komponen yang sangat penting penting dalam meningkatkan perkembangan bisnis online dalam hal digital marketing dan juga konten marketing.

Seperti yang kita ketahui, pebisnis UKM dan startup pada umumnya mempunyai anggaran yang sangat terbatas, sehingga mereka semaksimal mungkin untuk meminimalisir biaya web developer, sysadmin , atau berbagai pekerjaan teknis lainnya.

Bila dibandingkan dengan upah minimum web developer yang sebesar 6 juta per bulan, biaya pembuatan website bisnis ataupun website toko online sangatlah terjangkau.

5. Mempermudah Penambahan Fungsi Website

Kehadiran Content Management System juga akan mempermudah Anda dalam menambah fitur dan fungsi baru secara lebih mudah. Sebagian besar Content Management System yang hadir pada saat ini pun sudah menyediakan fitur instalasi plugin dengan berbagai fungsi di dalamnya.

Nah, CMS wordpress sendiri sudah mempunyai 50 ribu lebih plugin gratis dari berbagai fungsionalitas, mulai dari meningkatkan SEO On page, sampai mengintegrasikan konten media sosial ke website penggunanya.

Kelebihan Menggunakan CMS

Selain beberapa manfaat utama yang sudah kami bahas sebelumnya. Masih ada beberapa kelebihan lainnya dari Content Management System, yakni:

  • Mempermudah proses pembuatan dan juga publikasi konten website secara cepat.
  • Membantu meningkatkan efisiensi bisnis dengan adanya fitur user management atau manajemen pengguna.
  • Mempermudah adanya kustomisasi tampilan website dengan membuat tema sendiri atau template sendiri.
  • Mendapatkan dukungan dari para komunitas pengguna Content Management System yang sudah banyak tersebar secara luas.
  • Untuk CMS yang sifatnya open source, maka bisa digunakan secara gratis tanpa biaya.
  • Umumnya juga disediakan banyak tutorial gratis terkait penggunaan dan juga penyelesaian masalah dari CMS terkait.

Kekurangan Menggunakan CMS

Terlepas dari adanya kelebihan diatas, Content Management System pun tidak lepas dari kekurangan. Nah, berikut ini adalah kekurangannya.

  • Template website juga bisa dimanfaatkan oleh berbagai website lain
  • Tingkat fleksibilitas pengembangan fitur yang lebih lemah bila kita bandingkan dengan proses pengembangan dengan menggunakan coding.
  • Penggunaan plugin yang banyak dan berlebihan akan menimbulkan masalah kompatibilitas
  • Bisa berdampak pada load time suatu website, sehingga bisa menurunkan nilai user experience di mata mesin pencarian seperti, Google.

Contoh Content Management System

1. WordPress

WordPress adalah salah satu aplikasi Content Management System yang sifatnya lebih open source. Itu artinya, setiap orang bisa mengakses kode asalnya dan mengembangkan software buatan mereka sendiri dengan berdasarkan kode itu sendiri.

Untuk saat ini, WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakan oleh para pengguna di seluruh negara.

Berdasarkan laman Kinsta, sebanyak 40% pengguna website di seluruh dunia saat ini menggunakan WordPress. karena sifatnya yang open source ini, WordPress pun mempunyai ribuan bahkan jutaan plugin yang bisa digunakan untuk memperkaya fitur dalam suatu website.

Beberapa contoh fungsi dari plugin yang paling berguna dari WordPress adalah backup konten secara otomatis, merubah tampilan website, menulis konten artikel SEO Friendly, dan berbagai hal lainnya.

2. Joomla

Walaupun tingkat popularitasnya berbeda dengan WordPress, namun Joomla adalah suatu CMS open source yang bisa digunakan oleh lebih dari 1,5 juta pengguna website di seluruh negara.  Joomla adalah salah satu CMS yang bisa digunakan untuk beragam jenis website dengan fitur yang bisa diedit secara mudah dan lengkap.

3. Wix

Berbeda dari ketiga daftar Content Management System sebelumnya, Wix adalah sebuah perusahaan yang mampu menawarkan solusi all-in-one untuk masalah pembuatan website.

Jika dalam penggunaan WordPress atau Joomla Anda harus menggunakan website hosting serta domain dari pihak ketiga, maka untuk Wix Anda hanya bisa menggunakan paket web hosting dan domain dari mereka sendiri.

Dengan sifatnya yang terintegrasi ini, maka wix berhasil mendapatkan popularitas yang tinggi di mata pebisnis dan personal yang memerlukan solusi all-in-one. Hingga saat ini, pengguna wix sudah mencapai 4,5 juta di seluruh pengguna.

Tapi, bila dibandingkan dengan biaya sewa web hosting serta domain, biaya berlangganan wix terhitung jauh lebih mahal.

Baca juga: Apa itu JavaScript? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang CMS Content Management System dan manfaatnya untuk suatu situs web. Jadi, bisa kita tarik kesimpulan bahwa Content Management System adalah suatu program yang berguna untuk memudahkan proses pengelolaan konten situs website.

Beberapa CMS yang terkenal saat ini adalah WordPress, Joomla, dan Wix. Software ini berperan penting dalam proses pembuatan situs website tanpa memerlukan keahlian coding ataupun programing.

Jika Anda bisa memaksimalkan CMS dengan tepat, maka bukan tidak mungkin penjualan website toko online Anda akan meningkat dengan pesat. Tapi, jangan lupa untuk selalu mencatat laporan keuangan bisnis Anda secara tepat. Karena, laporan inilah yang nantinya bisa Anda jadikan sebagai bahan rujukan dalam menentukan keputusan bisnis di masa depan.

Namun, membuat laporan keuangan secara manual tentu memerlukan waktu yang tidak sedikit dan sangat sering terjadi kesalahan. Untuk itu, cobalah gunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat, akurat, tepat dan bisa  Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan. Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini. accurate1