Crud Adalah: Ini Pengertian dan Keunggulannya

Dalam bahasa pemrograman, istilah crud adalah sesuatu yang memiliki fungsi untuk diterapkan dalam aplikasi pemrograman itu sendiri.

Bagi orang awam, crud menjadi sesuatu hal yang rumit untuk dipelajari. Namun, bagi para software developer, penggunaan crud justru dapat memudahkan pekerjaan mereka.

Lalu apa itu crud dan bagaimana cara mengaplikasikannya, berikut ulasan selengkapnya:

Pengertian Crud Adalah

Pernah mendengar istilah Crud? Istilah ini sebenarnya populer di kalangan back end developer yang merupakan sebuah profesi di bidang IT.

Crud adalah aspek penting dalam SQL. Crud merupakan sebuah singkatan dari create, read, update serta delete.

Kata-kata dalam Bahasa Inggris tersebut merupakan poin utama yang akan diimplementasikan ke dalam database (basis data) yang sifatnya lebih dinamis.

Terdapat empat poin yang menjalankan fungsi utama dalam database dan aplikasi yang mengelolanya seperti SQL server, MySQL, Oracle dan lain sebagainya.

Dalam konsep interface atau tampilan antar muka, Crud adalah fasilitator terkait dengan tampilan dari pencarian, perubahan informasi dalam bentuk tabel, laporan, atau formulir.

Interface tersebut akan ditampilkan nantinya pada browser di komputer milik user. Untuk lebih jelasnya, mari kita uraikan Crud satu persatu, seperti berikut ini:

  • Create

Yang pertama adalah create. Dalam pemrograman create adalah fungsi yang dapat membuat record baru dalam sebuah database. Dalam aplikasi SQL, create sendiri berfungsi sebagai insert.

Ketika menggunakan create, Anda dapat memasukan sebuah baris baru, lalu mengisinya dengan data yang disesuaikan atributnya. Create hanya dapat dijalankan oleh administrator.

Baca juga: NLP Adalah Kemampuan Program Komputer untuk Memahami Bahasa Manusia

  • Read

Selanjutnya adalah read yang fungsinya sama dengan search. Dalam fungsi ini, Anda bisa melakukan pencarian dan juga mengambil data dari table, serta membaca nilai dari data tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan fungsi record, menggunakan kata kunci atau dengan melakukan filter pada data berdasarkan kategori yang diinginkan.

  • Update

Bagian dari Crud selanjutnya adalah update yang digunakan untuk memodifikasi record yang sudah dibuat sebelumnya dan tersimpan dalam database.

Untuk memodifikasi, Anda harus melakukan perubahan pada informasi terkait, agar modifikasi yang dilakukan bisa menjadi utuh.

Perubahan ini dilakukan pada record dalam database, menjadi sebuah karakteristik baru sesuai keinginan

  • Delete

Bagian terakhir dari crud adalah delete yang artinya menghapus. Apa yang dihapus? Jika ada sebuah record data yang sudah tidak dibutuhkan, maka fungsi delete dapat dilakukan.

Beberapa aplikasi database lainnya mungkin juga akan membolehkan untuk melakukan soft delete (perbaruan status baris saja) atau hard delete (menghapus permanen).

Penggunaan Crud Adalah

Setelah mengetahui apa itu crud, pertanyaan selanjutnya adalah apa kegunaan dari crud itu sendiri? Berikut ulasan selengkapnya:

  • Crud Adalah Pemrograman dengan Fungsi Penuh

Untuk memahami pemrograman komputer, terdapat berbagai fungsi-fungsi utama dari sebuah database. Mungkin Anda akan cukup sulit untuk paham tentang pemrograman, jika belum memahami crud.

  • Crud Tidak Bisa Diabaikan Programmer

Pada programmer atau yang fokus di bidang software development, basic dari pemrograman sendiri adalah menjalankan fungsi crud.

Create, read, update hingga delete ini adalah fungsi yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari profesi seorang programmer.

Terlebih untuk semua jenis komputer modern, sebagian besar database pemrogramannya wajib menggunakan fungsi dari crud itu sendiri.

  • Tampilan User Interface dengan Crud

Ternyata bukan hanya pemrograman komputer yang menggunakan crud, tapi juga user interface. Beberapa aplikasi biasanya memungkinkan user untuk membuat sebuah entri yang baru atau melakukan pembaruan dan menghapus data yang tidak dibutuhkan.

Semua aktivitas tersebut berjalan dengan fungsi crud. Bahkan jika fungsi crud tidak dioptimalkan, maka end-user tidak bisa berjalan dengan baik pada aplikasi.

Keunggulan Crud Adalah

Setelah mengetahui bahwa crud adalah hal penting dalam suatu pemrograman, karena fungsinya memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  • Sering digunakan dalam Bahasa Pemrograman

Fungsi crud sangat fleksibel, sehingga bisa diimplementasikan ke beberapa aplikasi pemrograman seperti SQL, Java, PHP, dan lain sebagainya.

Pada beberapa aplikasi seperti Laravel dan Codeigniter, fungsi crud adalah sebagai framework.

  • Memudahkan Bahasa Pemrograman

Banyak yang bilang bahwa pemrograman itu merupakan hal yang sangat rumit. Begitu juga bagi para software developer.

Namun, dengan adanya crud, operasi pemrograman ini bisa lebih mudah dipahami. Kesulitan-kesulitan yang dialami para back end developer bisa diminimalisir.

  • Mendukung Tampilan UI Lebih Baik

Keunggulan selanjutnya dari crud adalah fungsinya yang dapat membuat tampilan UI menjadi lebih akurat, tepat sasaran, serta terkontrol. Beberapa tipe data yang ada akan lebih ter-define sesuai dengan nilai dan atributnya masing-masing.

Cara Mengaplikasikan Crud

Bagaimana cara mengaplikasikan crud? Sebenarnya ada banyak tutorialnya secara lebih lengkap di website atau channel youtube.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika menyusun fungsi crud adalah memastikan bahwa program tersebut sudah terkoneksi dengan baik ke database.

Pengaplikasiannya dapat disesuaikan dengan program yang Anda inginkan. Misalnya, Anda sedang merancang suatu sistem untuk melacak suatu kelas di satu sekolahan.

Data-data untuk melacaknya terdiri dari siapa yang mengajar di kelas, durasi belajar, dan nama setiap kelas. Maka fungsi crud adalah sebagai berikut:

“{ “class”:{

“id”: 1

“name”: “Pure Strength”,

“trainer”: “Bicep Bob”,

“duration”: 1.5 }}”

Saat menggunakan fungsi crud tersebut, maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti:

  • Perhatikan rutenya, seperti apa rute yang akan diterapkan, lalu bagaimana model fungsionalnya, serta kata kerja HTTP-nya akan seperti apa
  • Perhatikan juga apa pengaruh setiap rutenya terhadap database itu sendiri
  • Bagaimana kode respons yang akan dikembalikan ke rute
  • Lalu badan respon seperti apa yang akan dikembalikan ke setiap rute?

Dengan memperhatikan beberapa pertimbangan tersebut, maka pengaplikasian crud akan menjadi lebih mudah.

Baca juga: Cookies Adalah Sesuatu yang Sering Muncul Saat Mengunjungi Situs, Ini Cara Mengelolanya!

Kesimpulan

Crud adalah suatu fungsi yang penting dalam bahasa pemrograman, dengan tujuan untuk menghasilkan data yang sesuai keinginan, dan tampilan user interface yang lebih baik.

Tanpa fungsi ini, maka pemrograman akan terasa lebih sulit bagi para software developer yang bekerja di bidang IT.

Sama hal nya seperti fungsi pencatatan keuangan dalam akuntansi dan bisnis perusahaan. Hal ini merupakan penentu apakah sebuah bisnis atau perusahaan bisa berkembang atau tidak.

Oleh karena itu, sudah saatnya semua bisnis di era digital ini menggunakan software akuntansi dan bisnis yang dapat membantu mereka dalam masalah pencatatan keuangan.

Kami merekomendasikan Accurate online sebagai solusi dari masalah tersebut. Software akuntansi ini sudah dilengkapi dengan fitur khusus, untuk membuat laporan keuangan dengan lebih cepat, akurat, dan tepat.

Hingga saat ini, Accurate online sudah dipercaya oleh 370ribu lebih pengusaha Indonesia, dalam membuat laporan keuangan bisnis mereka. Saatnya Anda menggunakan software akuntansi ini berikutnya!

Tunggu apa lagi, coba Accurate online sekarang juga, gratis selama 30 hari melalui tautan ini:Tips dan Panduan Akuntansi Real Estate

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.