File adalah Kumpulan Data yang Tersimpan dalam Komputer, Apa Bedanya dengan Folder?

File adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti data, catatan, atau berkas. Kata file sendiri juga bisa merujuk pada banyak hal, mulai dari file komputer hingga file dokumen kantor.

Dalam ranah teknologi, file adalah kumpulan informasi yang dimuat dalam bentuk data yang disimpan dalam secondary storage, seperti komputer. File juga terdiri dari banyak jenis yang dibedakan berdasarkan formatnya.

Untuk memahami lebih lanjut, akan diulas pengertian dan ragam jenis file dalam dunia komputer, sekaligus perbedaan antara file dan folder.

Pengertian File

Pengertian file pernah dituturkan oleh beberapa ahli di bidang komputer. Salah satunya Rachmad Hakim S yang menguraikan bahwa file adalah kumpulan dokumen yang berisi informasi tertentu dan dapat dibuka dengan menggunakan program komputer tententu.

Menurut Edi S. Mulyanta, file adalah urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital yang berguna dalam hal pertukaran dan penyimpanan data.

Pengertian selanjutnya datang dari Hendrayudi yang menyatakan bahwa file adalah data-data yang disimpan di dalam media dan berisi informasi tentang ukuran file, tanggal dan waktu penyimpanan, properti file, nama file, dan atribut file.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa file adalah kumpulan data yang berisi informasi tertentu dan disimpan dalam suatu media penyimpanan (komputer).

Baca juga: Gadget adalah Perangkat Elektronik dengan Banyak Fungsi, Ini Penjelasannya!

Jenis-Jenis File dalam Komputer

Di dalam komputer, terdapat beberapa jenis file yang bisa dibedakan berdasarkan formatnya. Beberapa jenis file tersebut terbagi atas file system, file dokumen, file video, file gambar, dan file suara.

Pembagian jenis file ini juga diikuti dengan sebuah ekstensi. Dimana ekstensi adalah penanda yang mewakili fungsi dan deskripsi suatu file di dalam komputer.

1. File System

Jenis file yang pertama adalah file system atau sistem file. File ini berfungsi untuk menjalankan program yang ada di dalam komputer, serta menjalankan aplikasi yang di-install pada komputer tersebut.

Beberapa contoh file sistem di dalam komputer berekstensi .sys, .com, .bak, .bat, .tmp, dan .exe. File dengan ekstensi yang berbeda ini memiliki peruntukkan yang berbeda-beda pula.

2. File Dokumen

File dokumen berupa teks disimpan dengan ekstensi seperti .doc, .odt, .xls, .pdf, .ppt, dan .txt. Masing-masing ekstensi tersebut menunjukkan jenis file dokumennya, yang hanya bisa dibuka oleh software yang sesuai dengan ekstensi tersebut.

3. File Video

File video tidak semuanya dapat diputar di program atau aplikasi video yang sama. Ada beberapa tipe video yang hanya bisa diputar dengan pemutar video tertentu.

Dalam hal ini, ekstensi file video menunjukkan jenis pemutar yang cocok untuk membuka video tersebut. Beberapa contoh ekstensi file video adalah .mpg, .mp4, .wmv, .avi, dan .flv.

4. File Gambar

File gambar bisa dihasilkan oleh kamera, baik kamera digital maupun kamera analog. Biasanya, file yang dihasilkan dari kamera memiliki ekstensi .jpg atau .jpeg.

File gambar juga bisa dihasilkan melalui tangkapan layar ataupun software tertentu seperti Photoshop, CorelDraw, dan AutoCad. Dimana file yang merupakan hasil dari software tersebut biasanya berekstensi .png atau .tif.

5. File Suara

Sama seperti file video, file suara juga dapat dibuka dengan software yang mendukung ekstensinya. Dimana ekstensi file suara biasanya berupa .wav, .mp3, .midi, dan .rm.

Baca juga: Topologi Jaringan Komputer: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Perbedaan File dengan Folder

Secara definisi, file dan folder memiliki makna yang berbeda. Jika file adalah suatu kesatuan data yang dapat berbentuk gambar hingga dokumen, maka folder adalah wadah atau tempat untuk menyimpan file-file tersebut.

File memiliki ekstensi yang bertujuan sebagai penanda terhadap fungsi dan deskripsi file itu sendiri. Dimana folder tidak berekstensi dan bisa menjadi tempat bagi segala jenis file dengan ekstensi berbeda.

Karena memiliki ekstensi yang berbeda, ikon file bisa bervariasi sesuai dengan jenisnya. Lain halnya dengan folder yang biasanya hanya diwakili oleh satu ikon folder yang sama.

Folder juga dapat memuat folder lain atau sub-folder, sementara file tidak bisa memuat folder. Begitu pun folder yang tidak mengambil banyak ruang di dalam komputer, sementara file bisa mengambil hingga gigabytes ruang di dalam komputer.

Baca juga: Icon Adalah Simbol dari Suatu Fungsi, Sudah Tahukah Kamu?

Penutup

Itu dia ulasan mengenai pengertian file yang jelas berbeda dengan folder. Dimana diketahui bahwa file adalah kumpulan data berekstensi yang disimpan di dalam komputer, sementara folder adalah tempat untuk menyimpan file di dalam komputer dan tidak memiliki ekstensi.

File juga bisa memiliki format yang berbeda-beda, yang mana bisa berbentuk sistem, dokumen, video, gambar, hingga suara. Yang masing-masingnya memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda-beda.

Pengertian file di atas merujuk pada penggunannya dalam ranah teknologi. Sementara, dalam ranah umum, file merupakan data, catatan, atau berkas.

Dalam ranah akuntansi, pencatatan keuangan akan sangat riskan apabila hanya diterapkan dalam sebuah file catatan di atas kertas. Karena itu, hadir sebuah software akuntansi dan bisnis bernama Accurate Online yang memudahkan pengguna dalam membuat laporan keuangan.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Di dalamnya, tersedia fitur yang memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan bahkan bagi pemula.

Ratusan ribu pebisnis di Indonesia pun telah menggunakan Accurate Online yang membantunya mencapai kesuksesan finansial.

Jika Anda tertarik mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik tautan gambar di bawah ini.