G Suite Adalah Salah Satu Produk Google dengan Layanan SaaS, Ini Penjelasannya!

Saat ini, Google Suite atau G Suite adalah salah satu produk digital yang sudah banyak digunakan. Banyak sekali pekerjaan yang bisa Anda selesaikan dengan menggunakan aplikasi digital yang satu ini, mulai dari melakukan komunikasi, sampai bertukar berbagai dokumen tertentu.

Lantas, apa itu G Suite? Apa bedanya G Suite dengan akun Google biasa? Apa saja manfaatnya? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang G Suite ini hingga selesai.

Apa itu G Suite?

Berdasarkan laman G suite itu sendiri, G Suite adalah suatu produk software layanan atau software as a service (SaaS) yang mampu mengelompokkan seluruh alat produktivitas dan juga kolaborasi berbasis cloud computing atau komputasi awan yang dibuat oleh perusahaan Google untuk lembaga, bisnis, ataupun organisasi nirlaba.

Layanan G Suite diperkenalkan pada publik 12 tahun yang lalu dan dikenal dengan slogan “Google Apps for Your Domain”. Peluncuran awal di dalamnya termasuk Gmail, Google Cloud, Google Talk, hingga Google Page Creator yang saat ini dikenal sebagai Google Sites.

Dewasa ini, sudah banyak sekali fitur yang ada di dalam G Suite, yakni Gmail, Hangouts/Meet, Cloud, Drive, Docs, Sheets, Slides, Keep, Forms, dan Sites untuk produktivitas dan kolaborasi.

Baca juga: Google Doc Adalah Salah Satu Software Pengolah Kata, Ini Kelebihannya!

Apa Bedanya G Suite dengan Akun Google Biasa?

Meskipun sebagian besar produk yang dihadirkan oleh Google adalah platform gratis yang bisa digunakan oleh banyak orang, namun G Suite memiliki fitur tambahan untuk pebisnis.

Beberapa fitur di dalamnya adalah fitur Google Cloud, penyimpanan cloud tambahan tanpa batas, kontrol admin, dan juga tools migrasi data yang simple untuk mentransfer seluruh data berharga perusahaan ke G Suite.

Selain itu, platform ini juga sudah dilengkapi dengan pengelolaan atau manajemen perangkat seluler. Hal tersebut akan membantu para pebisnis dalam mengaktifkan atau menonaktifkan smartphone-nya, mengontrol apa saja aplikasi yang ingin diaktifkan, serta bila ada karyawan yang menyalahgunakan perangkat perusahaan, maka Anda bisa menghapusnya dari jarak jauh.

Selain itu, G Suite juga mempunyai alamat email yang dilengkapi dengan domain tertentu. Jadi, bila umumnya pada akun Google Mail biasa Anda menggunakan @gmail.com, maka jika Anda menggunakan G Suite Anda bisa menggunakan domain perusahaan Anda, seperti “Admin@accurate.com”

Tapi, sebelumnya Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa domain yang Anda gunakan bisa diverifikasi dengan baik.

Biaya yang Dibutuhkan untuk Menggunakan G Suite

Terdapat biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan Google Suite, mulai dari $4,20 per akun per bulannya. Untuk para pebisnis, biaya langganan G Suite adalah mulai dari $9,6 hingga $25 per akun per bulannya. Berikut ini adalah rinciannya.

  • Basic: Setiap pengguna mendapatkan kapasitas 30GB penyimpanan dalam Google Drive dan Gmail. Di dalamnya termasuk seluruh aplikasi produktivitas Google. Namun tidak dilengkapi dengan fitur Cloud Search, App Maker, dan juga Vault. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk menikmati layanan ini adalah $4,2 per pengguna per bulan.
  • Bisnis: Sebenarnya paket ini hampir sama dengan paket basic, namun mempunyai ruang penyimpanan tanpa batas untuk seluruh pengguna, termasuk pencarian cloud, vault, dan juga pengembangan aplikasi. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk paket bisnis adalah $9,6 per pengguna per bulannya.
  • Enterprise: seluruh fitur yang akan Anda dapatkan sama seperti paket bisnis, namun terdapat tambahan kontrol keamanan dan juga sistem administrasi yang canggih, eDiscovery, dan pencegahan kehilangan data. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk berlangganan paket ini adalah $25 per pengguna per bulannya.

Apa yang Bisa Anda Lakukan dengan G Suite?

1. Pengelolaan Pengguna

Anda bisa menambahkan pengguna baru ke akun Google Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengelola dan juga mengelompokkan mereka sesuai dengan jabatan serta divisi mereka. Lebih dari itu, Anda juga bisa melacak login terakhir dari mereka dan juga batas penggunaan email dari mereka.

2. Profil Perusahaan

Hal kedua yang bisa Anda lakukan pada G Suite adalah memperbarui informasi yang berhubungan dengan perusahaan serta mempersonalisasi akun G Suite Anda dengan logo perusahaan Anda sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa membuat alamat URL tertentu untuk berbagai layanan Google Apps pada semua penggunanya.

3. Pengelolaan Perangkat

Dengan mengelola perangkat, Anda bisa mengamankan data perusahaan ke semua perangkat yang terkoneksi dengan akun G Suite. Anda juga bisa melihat berapa banyak perangkat dan Google Chrome yang terkoneksi, serta berapa banyak perangkat Google yang disambungkan pada akun Anda.

Didalamnya juga terdapat layar praktis yang memungkinkan Anda untuk mengelola seluruh perangkat milik perusahaan Anda.

4. Fitur Keamanan

Anda bisa mengelola seluruh fitur keamanan untuk akun Google Anda. Mulai dari melakukan pengelolaan dan pemantauan password, hingga mengatur sistem tanggal masuk atau single sign-on/SSO.

Adanya fitur keamanan ini mampu memastikan akun dan data perusahaan yang berada di dalam cloud agar tetap aman.

Manfaat G Suite

1. Meningkatkan Kolaborasi Tim

G Suite adalah platform yang sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang membuat Anda dan tim bisa mengerjakan dokumen yang sama dalam waktu yang bersamaan. Seluruh pengeditan dokumen bisa Anda tampilkan secara real time dan bisa Anda simpan di dalam cloud.

Dengan adanya pengaturan akses, maka Anda bisa memberikan kemampuan pengeditan pada pengguna dan juga peran lainnya agar bisa meningkatkan kolaborasi pada proyek pekerjaan, seperti layanan perawatan situs website dan juga SEO (Search Engine Optimization),

Ada juga sistem obrolan dari G Suite untuk melakukan komunikasi dan saling berbagi ide dengan partner kerja.

2. Keamanan Data yang Tinggi

Anda juga bisa menyimpan seluruh data secara aman di Google Drive, sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir kehilangan data berharga Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengaksesnya secara bebas di mana saja dan kapan saja.

Bila Anda mempunyai tim dengan jarak yang jauh, maka seluruh tim Anda bisa mengakses dokumen, bahkan saat Anda sedang berpergian. Anda hanya harus menjelaskan berbagai hal dasar keamanan siber saat menggunakan akun pada mereka.

3. Hemat Biaya

Untuk melakukan manajemen tempat kerja, G Suite adalah suatu platform yang bisa dibilang tanpa tandingan. Dengan biaya bulanan yang sangat terjangkau, Anda bisa menikmati layanan eDiscovery, penyimpanan cloud tanpa batasan ruang penyimpanan, Open API, pengarsipan, dan juga kontrol audit. Selain itu, Anda juga hanya perlu membayar apa saja yang diperlukan oleh perusahaan.

Baca juga: Apa itu Google Spreadsheet? Berikut Pembahasan Lengkap dan Cara Mengoperasikannya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Google Suite atau G Suite. Jadi, G Suite adalah adalah suatu produk software layanan atau software as a service (SaaS) yang mampu mengelompokkan seluruh alat produktivitas dan juga kolaborasi berbasis cloud computing atau komputasi awan yang dibuat oleh perusahaan Google untuk lembaga, bisnis, ataupun organisasi nirlaba.

Manfaat yang akan Anda rasakan saat menggunakan layanan SaaS ini adalah bisa meningkatkan kolaborasi antar tim di dalam perusahaan Anda, lebih hemat biaya, dan sistem keamanan data yang tinggi.

Bila Anda ingin menggunakan G Suite, terdapat tiga paket langganan yang bisa Anda pilih, mulai dari paket basic hingga paket enterprise. Biaya yang harus Anda keluarkan mulai dari $4,2 per pengguna per bulan, hingga $25 per pengguna per bulannya.

Biaya tersebut tergolong terjangkau dibandingkan dengan layanan lainnya. Namun, Anda harus tetap mencatat biaya yang harus Anda keluarkan tersebut dalam laporan keuangan perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kondisi finansial perusahaan Anda dan bisa menentukan keputusan yang baik untuk perusahaan Anda di masa depan.

Namun, membuat laporan keuangan secara manual selalu menjadi kegiatan yang menakutkan untuk para pebisnis dan akuntan sekalipun, karena prosesnya yang sangat memakan banyak waktu dan sangat sering terjadi human error.

Nah, agar kegiatan pencatatan keuangan dan laporan keuangan menjadi menyenangkan, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, Anda bisa fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda saja.

Selain itu, kegiatan operasional bisnis Anda juga akan berjalan secara lebih optimal, karena Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, manufaktur, dan berbagai fitur lainnya.

Anda berkesempatan untuk mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.