HTML Adalah: Ini Pengertian, Sejarah, dan Tips Belajar HTML

Pada dasarnya, HTML adalah salah satu istilah teknis yang terdapat di dalam suatu pemrograman. Dengan memahami HTML, maka Anda akan terbantu dalam membangun suatu situs website. Selain itu, HTML adalah suatu keahlian yang harus Anda kuasai bila ingin menjadi seorang programmer.

Lantas, apa itu HTML? Bagaimana cara mempelajarinya? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang HTML di bawah ini hingga selesai.

Pengertian HTML

HTML adalah suatu singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML sering sekali dihubungkan dengan bahasa pemrograman. Padahal, HTML bukanlah salah satu bahasa pemrograman, tapi suatu markup language.

Jadi, bila ada seorang penulis yang menulis huruf dari A sampai Z dan juga angka, maka para programmer bisa menggunakan tanda atau mark HTML untuk menulis suatu halaman website.

Nah, berbagai tanda tersebut nantinya akan disimpan dalam suatu dokumen HTML dan ditempatkan di dalam server website tersebut. Ketika Anda membuka suatu halaman website dengan menggunakan aplikasi browser, baik itu di smartphone ataupun di laptop, maka yang sebenarnya terjadi adalah Anda sedang meminta akses ke dokumen HTML itu sendiri.

Dokumen yang berisi berbagai tanda bahasa HTML ini akan dikirim oleh server pada Anda yang sedang memerlukannya. Aplikasi browser yang Anda gunakan nantinya akan menerjemahkan berbagai tanda yang ada di dalam bahasa HTML tersebut dengan tampilan situs website.

Penjelasan tersebut menggambarkan arti dari “Hypertext Markup Language”. Berdasarkan laman Tech Terms, kata hypertext yang ada di sana mengacu pada suatu link yang terdapat dalam suatu website.

Contohnya saat Anda sedang membaca blog Accurate Online, maka Anda akan menemukan hyperlink ke halaman atau dokumen html lainnya. Markup language adalah berbagai tanda atau mark yang ditulis oleh para programmer agar bisa membuat tampilan suatu website dengan baik.

Laman resmi Skillcrush menjelaskan bahwa seharusnya HTML menjadi salah satu bahasa awal yang harus Anda pelajari saat ingin mempelajari programming. Kenapa? karena HTML adalah standar global yang mampu membuat halaman website bisa masuk ke dalam situs mesin pencarian, seperti Bing atau Google.

Baca juga: Apa itu SSL? Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya

Contoh Tanda atau Kode HTML

Berdasarkan laman W3Schools, pengertian tanda yang terdapat di dalam HTML adalah simbol berbentuk kurung siku (<>) yang mempunyai pasangannya tersendiri.

Pasangan tersebut adalah suatu tanda awal dan juga tanda akhir. Tanda awal adalah kurung siku dengan bentuk (<kode tanda>) dan tanda akhir adalah kurung siku yang ditutup dengan garis miring (</kode tanda>)

Teks yang berada di dalam kedua pasangan tanda tersebut akan menjadi suatu objek tujuan dari tanda itu sendiri. Agar lebih menambah pengetahuan Anda, berikut ini kami berikan beberapa contoh tanda di dalam bahasa HTML.

  • <title>ini adalah teks judul</title>
  • <p>ini adalah teks paragraf</p>
  • <b>ini adalah teks yang dicetak tebal atau bold </b>
  • dan masih banyak lagi

Sejarah Singkat HTML

Dilansir dari laman Hostinger, HTML adalah suatu bahasa yang pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee. Dia adalah orang yang membuat ide sistem hypertext atau akses loncatan dari suatu dokumen ke dokumen lainnya dengan menggunakan link yang terkoneksi jaringan internet.

Versi pertama HTML pertama kali muncul di tahun 1991. Awalnya versi ini hanya mempunyai 18 jenis tanda atau mark saja. Selanjutnya, HTML terus mengalami perkembangan setiap tahun. Jenis mark yang ada di dalamnya terus mengalami pertambahan, dan versi HTML yang lebih baru pun terus muncul di permukaan.

Sampai artikel ini dibuat, terdapat 120 jenis tanda yang terdapat di dalam HTML. Selain itu, versi terbaru dari HTML adalah HTML versi lima yang dirilis pada tahun 2014 lalu.

Hanya dalam kurun waktu belasan tahun saja, bahasa HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Untuk itu, World Wide Web Consortium turut hadir menjadi lembaga yang salah satu tugasnya adalah menjaga patokan baku HTML.

Tips Belajar HTML Ini Agar Cepat Mahir

Untuk Anda yang sedang mempelajari HTML dan bingung bagaimana cara mempelajarinya dengan cepat, tenang saja. Kenapa? Karena kami akan memberikan tips mempelajari HTML secara cepat dan mahir. Tips dalam mempelajari HTML adalah sebagai berikut ini:

1. Mengikuti Bootcamp

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mempelajari HTML adalah mengikuti bootcamp. Dengan mengikuti bootcamp, maka Anda akan memperoleh pelatihan yang lebih intensif dalam mengasah setiap pengetahuan dan kemampuan Anda saat melakukan coding.

Di dalam kelas bootcamp Anda tidak akan memperoleh materi yang diberikan saja, namun Anda juga akan memperoleh kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang sudah Anda terima secara langsung.

Sehingga, Anda bisa memperoleh pengalaman dalam hal membangun website menggunakan.

2. Pahami Dasarnya

Tips kedua dalam mempelajari HTML adalah Anda harus mengetahui berbagai dasarnya terlebih dahulu, seperti penggunaan tanda atau mark yang digunakan di dalam bahasa pemrograman website tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memahami beberapa hal tentang tag dan atribut yang digunakan di dalam bahasa HTML.

Tag adalah suatu tanda yang digunakan untuk menandai elemen awal HTML dan umumnya akan diapit dengan tanda kurung siku, contohnya adalah <h2>

Tapi harus Anda garis bawahi bahwa dalam menulis tag wajib diiringi dengan pasangannya, yakni pembuka dan juga penutup dengan cara menambahkan garis miring di dalam tag, contohnya adalah </h2>. Jadi, ketika Anda ingin menulis suatu paragraf, maka harus diisi seperti ini <p>teks paragraf</p>.

Dengan memahami berbagai hal dasar dalam menulis HTML, Anda akan lebih mudah dalam mencoba dan menerapkannya secara langsung.

3. Mencari Sumber Referensi Sebanyak Mungkin

Bila Anda ingin menguasai HTML secara cepat, maka Anda harus mempunyai tingkat kemauan yang kuat untuk terus mempelajarinya. Oleh karena itu, Anda harus lebih rajin lagi dalam mencari bahan referensi sebanyak-banyaknya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membaca artikel atau video tutorial tentang HTML.

Namun, Anda harus selalu ingat bahwa mempelajari HTML bukan hanya membaca referensi yang banyak saja. Karena, Anda juga harus segera mempraktekkannya. Artikel resmi HTML Online menerangkan bahwa kunci sukses dalam mempelajari HTML adalah dengan cara mencoba membuat kode HTML secara langsung.

4. Mengikuti Forum Online

Salah satu cara yang paling mudah dalam meningkatkan kemampuan HTML adalah dengan mengikuti forum online yang saat ini sudah banyak di internet. Dengan mengikuti forum online, maka Anda akan memperoleh banyak sekali pengetahuan baru terkait HTML.

Selain itu, bila Anda menghadapi suatu masalah tertentu ketika belajar HTML, maka Anda bisa lebih mudah dalam menanyakan atau mendiskusikannya di dalam forum online tersebut.

Jadi, Anda akan banyak merasakan manfaat dengan mengikuti suatu forum online, mulai dari mencari mentor sampai teman yang mempunyai minat yang juga sama. Menurut laman Envato Tuts, saat ini sudah banyak sekali forum yang bisa Anda ikuti, seperti forum GitHub, Forrst, Stack Overflow, hingga Creattica.

5. Terus Berlatih Mengasah Kemampuan Anda

Sebanyak apapun referensi yang Anda baca dan Anda dapatkan, maka kemampuan Anda tidak akan bisa meningkat bila tidak dilatih. Untuk itu, cara yang paling mudah dalam mempelajari dan juga meningkatkan kemampuan HTML adalah terus berlatih dengan giat.

Cobalah mengukur kemampuan Anda dengan mencoba membuat suatu website dari hasil karya Anda sendiri. Anda bisa mulai coba menggunakan fitur drag and drop website builder dan fokus dalam menjalankan sintaks HTML yang ada di dalamnya.

Selain itu, Anda juga bisa coba membuat halaman HTML yang masih kosong agar bisa membantu Anda untuk lebih terbiasa dalam membuat dokumen HTML yang masih standar.

Dengan melakukan latihan secara rutin, nantinya kemampuan Anda akan meningkat dengan sendirinya. Sehingga, Anda bisa lebih percaya diri dalam mengembangkan karir sebagai seorang programmer.

Baca juga: Apa itu JavaScript? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang HTML. Jadi, HTML adalah simbol berbentuk kurung siku (<>) yang mempunyai pasangannya tersendiri.

Pasangan tersebut adalah suatu tanda awal dan juga tanda akhir. Tanda awal adalah kurung siku dengan bentuk (<kode tanda>) dan tanda akhir adalah kurung siku yang ditutup dengan garis miring (</kode tanda>).

Untuk Anda yang sedang mempelajari html, terdapat beberapa tips yang bisa Anda ikuti, yaitu mengikuti kelas bootcamp, memahami dasarnya terlebih dahulu, mencari sumber referensi sebanyak mungkin, mengikuti forum online, dan terus berlatih mengasah kemampuan Anda.

Bila sudah mahir, Anda bisa lanjut mempelajari bahasa pemrograman lain dan mulai membuat website ataupun aplikasi yang berguna untuk banyak orang. Salah satu contoh aplikasi yang saat ini berguna untuk banyak orang, khususnya pebisnis, adalah software akuntansi dan bisnis Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka setiap pebisnis bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga mereka hanya perlu memikirkan strategi terbaik dalam mengembangkan bisnisnya saja.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu mempermudah pebisnis dalam mengelola usahanya, seperti fitur persediaan, penjualan, pembukuan, pembelian, perpajakan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1