Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Bedanya dengan Hypertext

Pada dasarnya, hyperlink adalah suatu fitur yang bisa kita temukan dengan mudah di dalam slide presentasi, artikel dan berbagai dokumen jenis lainnya. Dengan menggunakan fitur ini, maka setiap pengguna bisa lebih mudah untuk mengakses file atau informasi apapun yang dirinya perlukan.

Terdapat banyak sekali jenis hyperlink yang bisa Anda gunakan. Beda jenis hyperlink akan beda juga fungsi yang ada di dalamnya. Untuk Anda yang baru mendalami dunia teknologi informasi, maka memahami hyperlink adalah suatu kewajiban agar bisa memaksimalkan hasil kerja Anda.

Lantas, apa itu hyperlink? Apa saja jenis-jenisnya? Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas pengertian tentang hyperlink secara lengkap khusus untuk Anda.

Pengertian Hyperlink

Jadi, hyperlink adalah suatu pedoman di dalam dokumen hiperteks ke dalam dokumen maupun sumber lain. Sederhananya, hyperlink adalah suatu cara dalam menghubungkan bagian tertentu yang terdapat di dalam slide, program, file dokumen, ataupun halaman web dengan bagian lainnya yang terdapat di dalam bidang itu sendiri.

Hyperlink ataupun link bisa digunakan untuk keperluan menghubungkan beberapa file, objek, halaman website, dan berbagai hal lainnya.

Saat ada suatu link di klik, maka nantinya Anda akan dibawa ke halaman tertentu, sehingga akan mampu memudahkan Anda untuk membuka file ataupun dokumen lain.

Hyperlink akan membantu pembaca agar bisa pindah dari halaman yang satu ke halaman yang lainnya dengan satu perangkat komputer saja atau dengan bantuan koneksi internet.

Baca juga: Website Adalah Media Penting untuk Bisnis Online, Ini Alasannya!

Fungsi Hyperlink

Fungsi dasarnya adalah agar bisa memudahkan para pembaca untuk lebih mengeksplor berbagai informasi yang saling berkaitan dan terdapat di dalam suatu halaman website ataupun slide presentasi.

Hyperlink adalah suatu fungsi yang ada di dalam halaman HTML yang mampu membantu para pembaca menuju informasi lainnya secara singkat.

Umumnya, teks yang disisipkan dengan hyperlink bisa dilihat secara mudah perbedaannya dalam suatu slide presentasi ataupun website.

Biasanya, hyperlink akan ditandai warna biru, dan saat kursor komputer diarahkan pada tulisan yang mengandung hyperlink tersebut akan ada garis bawah, perubahan warna dan tampilan kursor akan menjadi gambar tangan yang akan menuju ke arah dari hyperlink itu sendiri.

Jenis-Jenis Hyperlink

Berdasarkan pengertian yang sudah kita jelaskan bersama di atas, bisa kita simpulkan bahwa hyperlink adalah suatu fitur yang sangat berguna dalam membuat suatu shortcut dengan melompat ke halaman ataupun dokumen lainnya yang disimpan di dalam network server.

Beberapa jenis yang ada saat ini adalah sebagai berikut:

1. Absolute Address

Jenis ini biasanya menggunakan koneksi internet karena dimanfaatkan untuk membuat suatu jalan pintas pada alamat situs tertentu. Jalan pintas atau shortcut tersebut berbentuk alaman URL yang full dan mencakup network location, protocol, path, dan juga nama file tertentu.

Umumnya, jenis ini sangat mudah ditemukan pada berbagai situs internet yang dikaitkan dengan link tertentu ataupun dicantumkan dalam sumber tulisan.

Untuk itu, jenis ini bisa diaplikasikan di dalam suatu website resmi perusahaan dengan cara menghubungkan link yang satu dengan link yang lainnya agar para pengunjung website tidak berhenti membaca satu halaman saja. Hal tersebut sangat efektif dalam meningkatkan traffic pengunjung website.

2. Relative Address

Jenis ini hampir sama dengan jenis sebelumnya dalam hal fungsi, tapi berbeda dalam pengaplikasiannya. Alamat URL yang tercantum berbentuk alamat yang relatif, dan tidak menyebutkan network location maupun protokolnya. Relatif address ini hanya menampilkan nama file dan path nya saja.

3. Link Section

Link section adalah jenis yang paling banyak digunakan, khususnya dalam membuat suatu section di dalam berbagai dokumen perusahaan.

Dengan menggunakan jenis ini di dalam isi dokumen tertentu yang tertaut dengan file ataupun dokumen lain, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan pencarian.

Fitur ini bisa Anda temukan di Ms. Excel, Ms. Word, hingga Ms. Power Point. Bahkan, hyperlink pun bisa digunakan untuk membuat suatu kamus pribadi dengan cara melakukan tautan ataupun hyperlink dengan berbagai istilah asing ke dalam dokumen dengan file yang mampu menjelaskan istilah tersebut.

Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam mengorganisir dokumen secara baik dan lebih terperinci.

Cara Mudah Membuat Hyperlink

Membuat hyperlink di dalam aplikasi Microsoft bisa dilakukan secara mudah. Umumnya, para pengguna Microsoft Office pun sudah menguasai caranya.

Pertama cukup blok pada bagian teks yang terdapat di dalam aplikasi Microsoft Excel, Word, atau Powerpoint yang ingin Anda tautkan dengan file lainnya. Lalu, pilih menu insert dan pilih hyperlink. Nantinya, secara otomatis Anda akan dibawa ke tampilan file manager, dan Anda tinggal memilih file apa yang ingin Anda tautkan. Bila sudah, Anda hanya cukup klik OK saja.

Apa bedanya Hyperlink dan Hypertext?

Pada dasarnya, hypertext adalah suatu presentasi teks non-linear dalam wujud elektronik yang mana didalamnya berisi tautan di halaman web yang akan mengarahkan Anda pada halaman web lainnya. Referensi atau tautan tersebut dikenal dengan hyperlink yang dimanfaatkan untuk melakukan navigasi antar halaman website.

Ini penjelasan lengkap tentang perbedaan antar hypertext dan hyperlink:

1. Alat Hypertext dan Hyperlink

Keduanya merupakan suatu alat tautan silang yang sangat kuat dengan memanfaatkan WWW (world wide web) secara lebih maksimal.

Namun, hypertext hanyalah suatu teks ataupun sederet teks yang dilampirkan sebagai bahan referensi yang akan membawa para pengguna dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya menggunakan hyperlink.

Hyperlink adalah suatu URL yang akan mengarahkan Anda ke hypertext.

2. Format Hypertext dan Hyperlink

Hypertext mampu menyajikan teks yang sifatnya non-linear di dalam format elektronik, yang mana kontennya akan saling terkoneksi melalui hyperlink yang mampu merujuk pada berbagai file, seperti audio, teks, gambar, grafik, dll.

Tentunya hal tersebut berbeda dengan hyperlink yang bisa mengambil banyak bentuk.

3. Program Hypertext dan Hyperlink

Hypertext adalah suatu program yang akan membantu para pengguna dalam menyimpan, membuat, dan juga melihat suatu teks elektronik secara non-linear.

Suatu frasa atau teks bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan ke bagian lain dari dokumen yang sama ataupun ke dokumen lainnya yang berbeda.

Jadi, hypertext dan hyperlink adalah suatu istilah yang saling berkaitan dan melayani sebagian besar world wide web, serta mampu mengantisipasi navigasi antar halaman web, namun penggunaannya berbeda.

Contoh Hyperlink

Penerapannya di dalam suatu halaman website bisa dilakukan dengan cara membuat suatu kode HTML berbentuk tag <a>, dengan menggunakan rumus <a href=”URL situs Anda”>Anchor Text yang Anda inginkan</a>.

Berikut ini adalah beberapa contoh sederhananya:

  1. <a href=”http://accurate.id/blog”>Blog Accurate</a>

Hyperlink tersebut bila diklik akan menuju halaman blog Accurate dan hasilnya akan terlihat menjadi Blog Accurate

  1. <a href=” https://accurate.id/akuntansi/pengertian-laporan-keuangan-contoh-dan-fungsinya/”>laporan keuangan</a>

Hasil dari hyperlink tersebut adalah Laporan keuangan, yang mana bila diklik akan menuju artikel yang membahas tentang laporan keuangan.

Perlu Anda garis bawahi bahwa setiap penggunaan rumus akan ditentukan berdasarkan tujuannya, yang mana tentu akan berbeda-beda saat menggunakan atribut yang berbeda.

Baca juga: HTML Adalah: Ini Pengertian, Sejarah, dan Tips Belajar HTML

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang hyperlink. Jadi berdasarkan penjelasan lengkap di atas, bisa kita simpulkan bahwa hyperlink mampu membantu para pengguna dalam mengelola dan mengorganisir berbagai dokumen. Dengan begitu, maka risiko kehilangan dokumen bisa diminimalisir karena sudah ditautkan dengan dokumen lainnya.

Masalah pengelolaan ini memang sangat penting di berbagai lini bisnis, termasuk dalam lini keuangan. Di dalamnya memerlukan pengelolaan keuangan yang tepat agar operasional perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Untuk itu, saat ini banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan software akuntansi yang terintegrasi dengan berbagai lini bisnis. Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan oleh para pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan lainnya, secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu membuat berbagai lini industri bergerak lebih efisien dan efektif.

Anda bisa mencoba semua kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online tersebut dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate1