5 Jenis Software yang Perlu Anda Pahami untuk Maksimalkan Bisnis

oleh | Mei 22, 2023

source envato.

5 Jenis Software yang Perlu Anda Pahami untuk Maksimalkan Bisnis

Software mempunyai peran yang sangat penting dalam menjalankan suatu sistem komputer. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak sekali berbagai jenis-jenis software dengan fungsi dan manfaat yang berbeda.

Biasanya, memang sangat banyak sekali jenis-jenis software yang digunakan di komputer. Komponen yang berada dalam perangkat eloktronik yang digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatik ini terbagi menjadi tiga bagian, yakni software, hardware, dan brainware atau para pengguna komputer.

Software dikenal sebagai sekumpulan data yang sudah diformat dan juga disimpan secara digital. Umumnya, software disimpan sebagai bentuk intruksi ataupun program yang nantinya dijalankan dengan berdasarkan input dari perangkat komputer.

Nah, di bawah ini kami sudah merangkum berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang software dan berbagai jenis-jenis software itu sendiri.

Pengertian Software

accurate.id gambar jenis software-1

Dilansir dari laman Wikipedia, software adalah kumpulan instruksi atau program komputer yang dirancang untuk menjalankan tugas-tugas tertentu pada perangkat komputer.

Secara lebih luas, software dapat mencakup semua jenis program komputer, mulai dari sistem operasi yang mengendalikan operasi dasar komputer hingga aplikasi yang digunakan untuk menjalankan tugas-tugas khusus, seperti pengolahan kata, pengolahan data, desain grafis, atau permainan.

Software dapat berbentuk kode-kode yang ditulis dalam bahasa pemrograman, dan kemudian dikompilasi atau diterjemahkan menjadi bentuk yang dapat dieksekusi oleh komputer. Ada dua jenis utama software, yaitu:

  • Software Sistem: Merupakan perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan sumber daya perangkat keras komputer. Contohnya adalah sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux. Software sistem juga mencakup perangkat lunak seperti driver perangkat keras, utilitas sistem, dan perangkat lunak jaringan.
  • Software Aplikasi: Merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam melakukan tugas-tugas khusus. Contohnya adalah aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, aplikasi pengolahan data seperti Microsoft Excel, aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop, atau permainan komputer.

Software juga dapat dibedakan berdasarkan lisensinya, yaitu:

  • Software Proprietary: Merupakan perangkat lunak yang dilindungi oleh hak cipta dan hanya dapat digunakan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemiliknya. Pengguna perlu membeli lisensi untuk menggunakan software ini, dan sumber kode biasanya tidak tersedia untuk publik.
  • Software Open Source: Merupakan perangkat lunak yang memiliki lisensi yang memungkinkan pengguna untuk melihat, mengubah, dan mendistribusikan sumber kode. Software open source sering dikembangkan oleh komunitas yang terbuka dan dapat digunakan secara gratis atau dengan biaya yang sangat rendah.

Perangkat lunak atau software memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan pribadi maupun profesional. Dengan menggunakan software yang tepat, pengguna dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kemampuan komputer mereka dalam menjalankan berbagai tugas dan aktivitas.

Baca juga: Apa itu Learning Management System? Ini Pengertian dan Manfaatnya!

Jenis-Jenis Software

accurate.id gambar jenis software-2

Ada berbagai jenis software yang dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan, fungsi, dan cara penggunaannya. Berikut adalah beberapa jenis software umum digunakan:

1. Software Sistem

  • Sistem Operasi: Jenis software yang dibuat untuk mengendalikan operasi dasar komputer, seperti Windows, macOS, Linux, dan lainnya.
  • Driver Perangkat Keras: Menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi, seperti driver printer, driver kartu grafis, dll.
  • Utilitas Sistem: Menyediakan alat-alat bantu untuk administrasi sistem, seperti utilitas disk, utilitas keamanan, dll.
  • Middleware: Memberikan jembatan antara aplikasi dan sistem operasi, seperti database management system (DBMS), web server, dll.

2. Software Aplikasi

  • Pengolah Kata: Untuk membuat dan mengedit dokumen teks, seperti Microsoft Word, Google Docs, dll.
  • Spreadsheet: Untuk pengolahan data dan perhitungan, seperti Microsoft Excel, Google Sheets, dll.
  • Presentasi: Untuk membuat presentasi multimedia, seperti Microsoft PowerPoint, Google Slides, dll.
  • Pengelola Proyek: Untuk merencanakan, mengatur, dan melacak proyek, seperti Microsoft Project, Trello, dll.
  • Desain Grafis: Untuk membuat grafis dan desain visual, seperti Adobe Photoshop, CorelDRAW, GIMP, dll.
  • Perangkat Lunak Akuntansi: Untuk manajemen keuangan dan akuntansi, seperti QuickBooks, MYOB, Accurate Online, dll.
  • Perangkat Lunak Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM): Untuk manajemen SDM, seperti sistem manajemen SDM (HRMS), sistem manajemen kinerja (PMS), dll.
  • Navegator Web: Untuk menjelajahi dan mengakses situs web, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dll.

3. Software Pengembangan

  • Bahasa Pemrograman: Untuk membuat perangkat lunak, seperti Java, Python, C++, dll.
  • Integrated Development Environment (IDE): Menyediakan alat untuk pengembangan perangkat lunak, seperti Visual Studio, Eclipse, PyCharm, dll.
  • Framework: Memudahkan pengembangan aplikasi dengan menyediakan struktur dan komponen yang sudah ada, seperti Angular, React, Laravel, dll.
  • Version Control System (VCS): Untuk mengelola dan melacak versi kode sumber, seperti Git, Subversion (SVN), dll.

4. Software Keamanan

  • Antivirus: Melindungi sistem dari serangan dan ancaman malware, seperti Norton, McAfee, Avast, dll.
  • Firewall: Melindungi jaringan komputer dari akses yang tidak sah, seperti Windows Firewall, ZoneAlarm, dll.
  • Perangkat Lunak Enkripsi: Mengamankan data dengan enkripsi, seperti VeraCrypt, BitLocker, dll.

5. Perangkat Lunak Jaringan

  • Perangkat Lunak Server: Mengelola sumber daya dan layanan jaringan, seperti Apache HTTP Server, Microsoft Exchange Server, dll.
  • Perangkat Lunak Klien: Digunakan untuk mengakses layanan jaringan, seperti web browser, email client, dll.
  • Perangkat Lunak Protokol: Mengelola protokol jaringan, seperti TCP/IP, DNS

Baca juga: Saas Adalah Software Berbasis Cloud yang Semakin Populer

Kesimpulan

accurate.id gambar jenis software-3

Jadi, software merupakan kumpulan instruksi atau program komputer yang dirancang untuk menjalankan tugas-tugas tertentu.

Ada berbagai jenis software, termasuk software sistem yang mengendalikan operasi dasar komputer, software aplikasi yang digunakan untuk tugas-tugas khusus, software pengembangan untuk membuat perangkat lunak, software keamanan untuk melindungi sistem, dan software jaringan untuk mengelola jaringan komputer.

Setiap jenis software memiliki peran dan fungsi yang berbeda, dan penggunaan software yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengguna dalam menjalankan berbagai tugas dan aktivitas.

Dalam dunia bisnis, salah satu penggunaan software yang banyak digunakan adalah software akuntansi dan bisnis. Nah, salah satu contohnya adalah Accurate Online.

Software ini mampu memenuhi setiap kegiatan bisnis dan akuntansi perusahaan. Selain itu, Accurate Online juga akan membantu perusahaan dalam mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara real time.

Masih ragu? Silakan buktikan sendiri dengan mencobanya selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

11 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

rifqi dharma

Artikel Terkait