Apa itu Learning Management System? Ini Pengertian dan Manfaatnya!

Dewasa ini, LMS atau learning management system tengah berkembang penggunanya agar bisa memudahkan akses transfer ilmu pengetahuan. Penerapan dari LMS merupakan solusi untuk bisa mewujudkan pembelajaran yang transformatif di zaman yang sudah serba teknologi seperti saat ini.

Selain itu, LMS adalah langkah tepat dalam memberikan pembelajaran yang komprehensif antara pihak murid dan guru dengan menggunakan satu sistem yang terpadu. LMS sudah banyak digunakan oleh dunia pendidikan demi meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran.

Pada dasarnya, penerapan learning management system tidak hanya bisa digunakan dalam dunia pendidikan saja, tapi perusahaan pun bisa menggunakannya untuk program training karyawan untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Apa itu Learning Management System?

Berdasarkan laman Techtarget, learning management system atau LMS adalah suatu perkembangan teknologi dengan bentuk perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan, merencanakan, dan juga memberikan penilaian dalam proses pembelajaran khusus.

Seperti yang telah disinggung di atas, penggunaan LMS tidak hanya bisa digunakan di dalam dunia pendidikan saja, tapi juga bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan kompetensi karyawan.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang bergerak pada industri pelatihan dan pengembangan yang menggunakan teknologi LMS untuk proses transfer ilmu.

Learning management system lebih sering dikenal dengan elearning, yang mana sistem ini akan membantu guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh. Sistem ini didesain agar bisa membantu para guru untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan materi pembelajaran, mengelola kegiatan belajar murid, melakukan rekapitulasi hasil presensi, nilai dan transkrip, sampai mengelola tampilan dari e-learning.

Selain itu, sistem ini juga akan memberikan kemudahan pada para murid untuk bisa mengakses berbagai konten pembelajaran melalui website atau aplikasi dari mana saja dan kapan saja mereka perlukan.

Baca juga: Apa Itu Technical Drawing, Fungsi, dan Software Terbaik untuk Membuatnya

Manfaat Learning Management System

Pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi saat ini memberikan dampak yang besar dalam dunia pendidikan. Hal tersebut membantu para penuntut ilmu untuk bisa mendapatkan ilmu yang mereka perlukan tanpa harus mendatangi suatu gedung atau tempat tertentu.

Akses ilmu pengetahuan bisa diperoleh secara fleksibel dengan menggunakan learning management system. Nah, berikut ini adalah manfaat dalam penerapan learning management system.

1. Proses Monitoring Belajar Mengajar Lebih Mudah

Pemanfaatan learning management system akan bisa memberikan kemudahan untuk para guru dalam melakukan monitoring progress dari setiap muridnya dan memastikan mereka bisa mencapai performa yang diharapkan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

Jika terdapat murid yang tidak lulus atau mencapai hasil yang minimal, maka pihak guru bisa memberikan metode pembelajaran yang sesuai dengan setiap murid, sesuai dengan hasil analisis data learning management system yang akurat.

Hal tersebut bisa memberikan kesempatan yang besar untuk setiap murid agar bisa menyerap materi pembelajaran, sehingga bisa meningkatkan performa belajar.

2. Dokumen Terpusat dalam Satu Sistem

Kemudahan yang terdapat dalam menyimpan dan juga mengelola beragam data dengan learning management system karena semua proses pembelajarannya sudah terpusat dalam satu sistem.

Pihak guru bisa memperoleh perkembangan dan analisis pada pencapaian masing-masing siswa dari data yang akurat dan valid. Data penting akan bisa tersimpan secara aman tanpa harus mengelolanya secara manual dan rawan akan kesalahan manusia.

3. Akses Materi yang Fleksibel dan Lebih Efisien

Pihak tenaga pengajar bisa menyajikan materi pembelajaran hanya dengan satu sistem saja. Sama halnya dengan murid yang ingin lebih mudah dalam mengakses materi pembelajaran dari mana dan kapan saja.

Setiap murid sudah tidak perlu khawatir lagi ketinggalan materi ataupun telat mengerjakan tugas serta mengikuti ujian, karena mereka akan mendapatkan pemberitahuan dari learning management system ini.

Materi pembelajarannya juga bersifat lebih variatif, sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Tentunya hal ini dilengkapi dengan fitur video conference, grup diskusi, dan lain sebagainya. Para murid pun akan menjadi lebih sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan melalui kemandirian akses materi.

4. Menghemat Anggaran

Penerapan learning management system yang berbasis digital akan membantu proses pembelajaran menjadi lebih hemat biaya. Proses transfer ilmu pengetahuan sudah tidak lagi membutuhkan biaya untuk mencetak buku, menyewa situs pelatihan, peralatan kelas, hingga menekan biaya tenaga pengajar.

Setiap murid pun bisa lebih mudah dalam mengakses materi ataupun ujian hanya dengan mengakses satu platform digital saja dengan hanya mengeluarkan modal device dan internet.

Baca juga: 5 Aplikasi Email Terbaik untuk Pengiriman Files dengan Mudah dan Cepat di Android dan iOS!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang learning management system. Jadi, LMS adalah perkembangan teknologi dalam bentuk software yang berguna untuk melakukan, merencanakan, dan memberikan penilaian dalam proses pembelajaran tertentu.

LMS menjadi salah satu solusi untuk menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Bahkan, sistem ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan untuk memberikan pelatihan pada para karyawan agar mereka bisa mendapatkan bekal pengetahuan yang baik untuk kemajuan dan perkembangan bisnis.

Namun, untuk menerapkan LMS tentu memerlukan anggaran tertentu, dan Anda harus mencatatnya secara tepat agar bisa dijadikan suatu laporan keuangan yang akurat.

Nah, untuk membantu Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Dengan menggunakan Accurate Online, maka seluruh kegiatan transaksi Anda akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis lengkap yang akan membuat bisnis Anda bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Penasaran dengan Accurate Online? silahkan coba dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.