Malware Adalah Software yang Berbahaya, Ini Cara Mengatasinya!

Malware adalah suatu hal yang harus diperhatikan dan juga diwaspadai untuk Anda yang setiap harinya tidak lepas dari internet dan juga jaringan internet.

Terlebih lagi, saat ini banyak pekerjaan yang memerlukan komputer dan internet yang bisa diakses oleh setiap orang. Hal ini tentunya sangat membahayakan bila semua data penting yang tersimpan di komputer atau terhubung dengan jaringan internet.

Lantas, apa itu malware? Bagaimana cara menghindarinya? Baca artikel tentang malware ini hingga selesai untuk menemukan jawaban lengkapnya.

Apa itu Malware?

Jadi, malware adalah suatu software yang dibuat untuk memasuki, menerobos, dan terkadang merusak sistem komputer, jaringan, ataupun server tanpa pengetahuan para pemiliknya. Malware diambil dari dua suku kata, yakni malicious yang memiliki arti niat jahat, dan software yang artinya perangkat lunak.

Tujuan utama dari malware adalah untuk mengambil, mencuri atau merusak data perangkat yang berhasil di masukinya.

Mereka yang bisa membuat perangkat ini tidak bisa dikatakan sembarangan. Umumnya, mereka adalah orang yang sudah paham betul tentang cara membuat software dan sistem keamanan software. Walaupun begitu, saat ini sudah banyak software yang bisa membuat malware.

Umumnya, malware akan disisipkan ke dalam internet. Kenapa? Karena bila memasukkan ke dalam komputer korban secara manual akan sangat sulit dan memerlukan waktu. Sehingga, para hacker kebanyakan melakukan tindakan tersebut dengan memanfaatkan jaringan internet.

Baca juga: Hacker Adalah: Jenis dan Cara Melindungi Website Bisnis Anda dari Mereka

Apa bedanya Malware, Virus, dan Trojan?

Selain malware, di dunia internet juga terdapat virus dan trojan. Walaupun tujuan utama mereka sama, namun ketiganya memiliki beberapa perbedaan.

1. Trojan

Trojan adalah software berbahaya yang mampu merusak suatu jaringan, sistem ataupun perangkat. Tujuan utama trojan adalah agar bisa mendapatkan informasi penting yang tertulis di dalam log komputer. Informasi tersebut bisa berbentuk transaksi, password penting, dll.

Tingkat penyebaran trojan kerap kali tidak mampu diprediksi karena mereka terkadang disembunyikan dalam kode program. Uumnya, para pemilik komputer tidak mengetahui bahwa program yang mereka jalankan merupakan program yang siap untuk disebarluaskan dalam bentuk executable file.

2. Virus

Virus adalah suatu software yang mampu menyebar banyak ke dalam sebuah sistem dan mengganggu jalannya sistem tersebut.

Virus dibuat bukan untuk mencuri atau menganalisa data, namun dibuat untuk menghapus atau merusak data di dalam komputer dengan menggunakan program email agar bisa disebarkan ke komputer lain, atau menghapus apapun yang terdapat di dalam harddisk.

Kebanyakan virus dikirim menggunakan lampiran email atau pesan. Untuk itu, Anda harus waspada bila mendapat email atau pesan di dalam inbox yang mencurigakan atau melampirkan link yang tidak bisa dipercaya.

Selain itu, virus juga bisa menyebar via unduhan yang terdapat di dalam internet dan akan menyebar luas di sistem lokal. Mereka bisa bersembunyi di dalam software bajakan atau file lainnya yang Anda download.

Biasanya, software yang dibuat untuk menyebarkan virus harus melalui persetujuan pihak ketiga, yaitu pemilik sistem. Software virus bisa dideteksi bahkan sebelum dieksekusi, karena seringkali nama file dan program yang muncul berbeda.

3. Malware

Malware adalah seluruh software yang digunakan dengan tujuan menghapus, memanipulasi, mencuri, atau memata-matai suatu sistem. Malware adalah suatu istilah yang digunakan dalam menjelaskan suatu software yang berbahaya.

Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk menyebarkan malware, yaitu melalui email, pesan pribadi, jaringan internet, ataupun halaman website. Selain perangkat komputer, malware juga banyak memakan korban server website.

Bagaimana Cara Kerja Malware di Website dan Komputer

1. Website

  • Plugin

Saat ini, sudah banyak plugin yang mampu menawarkan kemudahan dalam memaksimalkan fungsi website. Kerap kali berbagai plugin tersebut memiliki fitur menarik dan mampu mempermudah para pemilik website dalam mengelolanya.

Tapi Anda harus waspada saat menggunakan plugin, terlebih lagi bila plugin tersebut bajakan. Karena peluang plugin tersebut disisipkan kode program yang mampu merusak sistem website sangat besar. Untuk itu, gunakanlah plugin terpercaya dan selalu melakukan pembaruan plugin secara rutin.

  • Tema

Malware juga bisa disebarkan melalui tema bajakan. Adanya tema yang murah dan bahkan gratis membutakan banyak orang untuk tidak waspada dalam memilih tema.

Untuk itu, gunakanlah tema yang premium atau berbayar, bukan yang diambil dari website yang kurang terpercaya. Anda juga bisa menggunakan tema gratis dengan catatan tema tersebut disediakan oleh penyedia resminya saja. Walaupun tidak 100% aman, tapi minimal Anda sudah menekan risiko terkena malware.

2. Perangkat Desktop

Ketika menggunakan komputer desktop dan ingin menginstal software, Anda harus selalu berhati-hati ketika mengeksekusi kode programnya. Kenapa? Karena bisa jadi software yang Anda download adalah aplikasi yang sudah diselipkan dengan malware. Saat Anda instal dan Anda jalankan, malware tersebut akan menyebar di dalam sistem secara otomatis.

Oleh karena itu, sering kali di dalam program tersebut ada backdoor yang dimanfaatkan untuk memberi hak akses pada pembuat malware agar bisa mengakses sistem dari jarak yang jauh.

Cara Mengatasi Malware

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan cara mengatasi malware yang terdapat di komputer desktop dan .

Cara Mengatasi Malware di WordPress

1. Atasi Malware dengan Wordfence

Wordfence adalah plugin yang bisa Anda instal di WordPress. Plugin ini mampu memindai virus dan juga membersihkannya. Plugin ini bisa Anda gunakan tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun atau gratis.

Selain wordfence, Anda juga bisa menggunakan beberapa plugin lain, seperti ithemes, All In One WP, bulletproof, dll.

2. Mengatasi “The site ahead contains malware

Jangan panik bila Anda membuka website yang tiba-tiba menampilkan pesan“The site ahead contains harmful programs Error” atau “The site ahead contains malware”.

Kemungkinan besar hal ini disebabkan adanya malware yang menjangkit website tersebut. Halaman website tersebut tentunya akan menurunkan tingkat trafik bila tidak diatasi dengan segara. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan plugin seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

3. Mengatasi Malware di Komputer

Terkadang malware bisa muncul di komputer desktop yang sedang Anda gunakan. Sebab, beberapa pengguna sering melakukan pengembangan website dari komputer lokal yang selanjutnya di unggah ke server website dengan memanfaatkan jaringan FTP.

Sebelum di upload, kerapkali malware bisa masuk ke dalam folder ataupun file situs webs. Setelah berhasil di upload, maka malware akan semakin menyebar dan semakin banyak. Untuk itu, pastikanlah file website Anda aman sebelum di upload ke website.

Baca juga: Cyber Security Adalah: Pengertian dan Cara Menerapkannya Dengan Tepat

Kesimpulan

Jadi, malware bisa menjadi faktor yang mampu membahayakan website Anda. Selain mampu mengganggu sistem yang sedang berjalan, malware juga bisa mencuri berbagai data penting tentang bisnis Anda, mengubahnya, dan bahkan mengendalikan seluruh sistemnya.

Walaupun malware memang bisa dengan mudah menyebar ke dalam sistem, namun hal tersebut bisa Anda cegah. Caranya adalah dengan memindai malware secara berkala dan terus melakukan pengecekan bila ada file yang dirasa mencurigakan. Dengan begitu, Anda bisa menekan angka kerugian yang bisa berdampak pada bisnis Anda.

Cara lain yang harus selalu Anda lakukan untuk mencegah kerugian bisnis adalah dengan mengelola dan mencatat laporan keuangan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah apa yang harus Anda tempuh kedepannya untuk bisnis Anda.

Namun, mencatat dan mengelola keuangan secara manual memerlukan waktu yang sangat lama dan sangat rentan terjadi kesalahan. Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis skala bisnis, mulai dari bisnis kecil, menengah, hingga bisnis besar. Di dalamnya, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, tepat, dan bisa Anda akses di manapun dan kapanpun Anda butuhkan.

Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, manufaktur, dan fitur lainnya yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Silahkan coba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1