Notepad Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Notepad adalah salah satu perangkat lunak dari Windows yang sudah mulai digunakan sejak Windows versi 1.0 di tahun 1985.

Jika Anda menggunakan komputer atau laptop berbasis Windows, maka Anda juga akan menemukan aplikasi yang berlogo buku catatan (notepad) ini.

Aplikasi ini bisa dibilang sangat simple dan jarang digunakan. Padahal, ada beberapa hal yang ternyata sangat terbantu sekali dengan adanya aplikasi notepad ini.

Apa itu notepad dan apa saja kegunaannya, berikut ulasan selengkapnya.

Pengertian Notepad

Notepad adalah suatu aplikasi default dari OS Windows, yang fungsinya untuk membuat catatan kecil atau catatan sederhana yang kemudian bisa di edit dan dilihat kembali.

Notepad adalah suatu aplikasi yang sama fungsinya seperti aplikasi notepad pada smartphone. Aplikasi teks editor ini biasanya banyak digunakan untuk membuat catatan kecil yang penting, atau untuk mengedit teks dengan cepat.

Sejak dulu, Notepad adalah aplikasi yang bisa membantu menyelesaikan beberapa pekerjaan. Salah satunya mencatat hal-hal penting di dalam 1 file, hingga menyimpan data coding sederhana berbentuk HTML.

Baca juga: DBMS Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Kelebihan Kekurangannya

Fungsi Notepad

Sebagai sebuah aplikasi, Notepad adalah aplikasi yang memiliki beberapa fungsi yang memudahkan dalam hal membuat teks atau merubah teks. Adapun fungsi dari notepad, sebagai berikut:

  • Untuk Membuat Dokumen

Fungsi yang pertama dari Notepad adalah untuk membuat suatu dokumen yang simple. Teks yang dibuat melalui aplikasi ini berakhiran format TXT.

Catatan simple yang dibuat ini biasanya berupa catatan pengingat, hingga hal-hal penting yang tidak boleh dilupakan.

Selain lebih simple, file dari Notepad ini juga bisa diakses lewat komputer atau laptop dengan OS Windows.

  • Untuk Membuka File Teks Lainnya

Meskipun memiliki format TXT, Notepad adalah aplikasi Windows yang juga bisa digunakan untuk membuka jenis file lain yang sejenis. File-file dokumen tersebut seperti teks PHP dan Html.

  • Untuk Melakukan Editing Teks

Ketika ingin melakukan editing teks pada file PHP, maka bisa dilakukan pada aplikasi notepad. Namun, beberapa jenis teks yang lebih kompleks, seperti format file dari microsoft word, tidak bisa diedit dalam notepad.

  • Penghemat Biaya Mencetak

Dengan Notepad, kita juga bisa melakukan penyalinan dokumen yang terdapat file gambar di dalamnya. Anda bisa menyalin hanya pada bagian teksnya saja. Dengan begitu, tidak perlu mencetak seluruh halaman.

  • Menghilangkan Teks berupa Link

Jika ingin mengcopy sebuah teks dari situs-situs web, biasanya teks tersebut mengandung link ke website lainnya. Tidak perlu repot-repot dihapus satu per satu. Cukup copy teks dan paste di Notepad, maka teks link tersebut akan hilang.

Jenis- Jenis Notepad

Perangkat lunak yang disebut Notepad ini ternyata terdiri dari 2 jenis. Anda bisa memilih dari kedua jenis Notepad tersebut untuk digunakan sesuai kebutuhan. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis Notepad::

  • Notepad Biasa

Notepad adalah suatu perangkat lunak untuk melakukan pencatatan kecil yang sederhana lewat komputer, smartphone, atau laptop.

Notepad tersebut adalah jenis notepad biasa, dimana saat pertama kali digunakan, untuk instalasi Sistem Operasi Windows), dengan otomatis dan tinggal digunakan saja .

  • Notepad ++

Pernah mendengar tentang Notepad ++? Jenis software teks editor ini juga bisa dijalankan pada software berbasis Windows.

Notepad ++ adalah suatu perangkat lunak dari pihak ketiga, kemudian dapat dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaan para programmer ketika membuat catatan coding.

Software ini juga bisa diunduh secara gratis. Hingga saat ini, aplikasi Notepad ++ ini sudah diunduh sebanyak 27 juta kali oleh users.

Cara Membuka Notepad

Jika hendak menggunakan notepad untuk membuat catatan –catatan kecil, maka Anda bisa mengaksesnya melalui beberapa cara mudah, yaitu:

  • Melalui Start Menu

Notepad adalah aplikasi yang bisa diakses langsung dari start menu pada Windows. Caranya adalah buka start menu, lalu klik Notepad.

  • Melalui Windows Run

Anda juga bisa mengakses aplikasi Notepad dengan cara yang lebih mudah. Cukup buka menu Windows Run atau Winkey +R, lalu ketik Notepad, lalu tekan Enter.

  • Melalui Explorer

Anda juga bisa membuka notepad di file explorer dengan cukup mudah. Caranya buka file explorer tersebut, lalu tekan C:\\Windows\System 32\  dan temukan aplikasi Notepad.

  • Melalui Tampilan Command Prompt

Jika komputer Anda sedang berada pada tampilan Command prompt, Anda juga bisa membuka aplikasi Notepad. Caranya, pada menu tersebut, ketikan perintah Notepad.

Kelebihan Notepad

Notepad adalah suatu perangkat lunak yang sering ditemui di menu Windows dan ternyata memiliki fungsi yang maksimal untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan terkait dengan teks editor.

Sebagai sebuah aplikasi, notepad juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Notepad yang perlu diketahui:

  • Tampilan yang Sederhana

Sebagai sebuah aplikasi teks editor, Notepad memiliki tampilan yang sederhana. Hal ini justru memudahkan, terutama bagi user yang pertama kali belajar cara mengetik dengan mudah.

  • Mudah untuk Membuat Program

Notepad adalah aplikasi yang ternyata sangat membantu para programmer, ketika mencatat koding-koding untuk pemrograman. Notepad sudah berbasis html dan php. Namun, jenis notepad yang sering mereka gunakan adalah Notepad ++.

  • Mudah Membuat Catatan Kecil

Suka membuat catatan pengingat, atau Anda menjadi seorang notulen di sebuah rapat? Maka menggunakan notepad adalah pilihan yang tepat. Notepad mudah digunakan, begitu juga ketika membuka dan menutup aplikasinya.

Kelemahan Notepad

Di Samping kelebihan notepad, aplikasi teks editor ini juga memiliki kekurangan yang perlu diketahui. Contohnya seperti penggunaan coding program yang lebih kompleks, dirasa kurang cocok dalam aplikasi.

Coding tersebut akan membuat Bahasa pemrograman lebih memilih Notepad ++ karena lebih mendukung berbagai fitur yang membuat penyusunan coding lebih mudah.

Baca juga: Cara Melakukan Clear Cache Chrome dengan Mudah Tanpa Ribet!

Kesimpulan

Notepad adalah aplikasi yang sering digunakan untuk melakukan edit teks atau juga membuat catatan sederhana yang mudah untuk diakses kapan saja, melalui OS Windows.

Sementara para programmer juga menggunakan notepad jenis notepad ++ untuk membuat coding-coding serta melakukan editing pada coding tersebut dengan lebih cepat, karena sudah dilengkapi beberapa fitur penting di dalamnya.

Software seperti ini tentunya sangat dibutuhkan dalam pekerjaan seputar editing teks yang penting juga untuk melakukan promosi penjualan.

Software lainnya yang juga tidak kalah penting untuk digunakan adalah Accurate Online, software akuntansi dan bisnis yang berfungsi untuk membuat laporan keuangan.

Setiap perusahaan atau bisnis tentunya wajib membuat pencatatan keuangan, seperti pendapatan, pengeluaran, laba rugi dan lain sebagainnya. Accurate online dapat membantu untuk membuat laporan keuangan dengan lebih cepat, tepat, dan akurat.

Software ini sudah dicoba oleh lebih dari 377 ribu pengusaha di tanah air, dalam membuat laporan keuangan lengkap dengan fitur yang memadai.

Segera coba Accurate online untuk pencatatan keuangan yang lebih cepat dan akurat, secara gratis untuk 30 hari, melalui tautan ini.Tips dan Panduan Akuntansi Real Estate

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.