Shared Hosting Adalah: Ini Pengertian dan Berbagai Kelebihannya!

Untuk Anda yang sudah terjun langsung ke dalam dunia website, shared hosting adalah salah satu istilah dalam dunia website yang pasti sudah sangat akrab Anda jumpai.

Seperti yang kita ketahui bersama, terdapat berbagai jenis hosting yang bisa kita pilih untuk membantu keberhasilan bisnis online. Namun, banyaknya jenis hosting tentu bisa membuat kita kebingungan untuk memilih layanan yang tepat untuk berbagai macam spesifikasi yang ditawarkan.

Anda akan dihadapkan pada pilihan antara hosting murah atau VPS. Tapi bila Anda baru membuat website dan website tersebut masih terbilang kecil, maka share hosting adalah pilihan yang tepat, karena paling murah dan juga paling mudah untuk diakses.

Lantas, apa itu share hosting? Apa saja kelebihan yang ada di dalamnya? Cocokkah menggunakan shared hosting untuk kebutuhan website bisnis? temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang share hosting di bawah ini.

Pengertian Shared Hosting Adalah

Pada dasarnya, shared hosting adalah suatu layanan yang sangat terkenal untuk para pengguna yang memang sedang membuat website pertama dengan cangkupan kapasitas yang masih minim. Namun, pasti Anda bertanya-tanya tentang pengertian dan kelebihan serta kelemahannya.

Jadi, shared hosting adalah suatu layanan hosting yang mana suatu akun hosting ditempatkan bersamaan dengan beberapa akun hosting lainnya di dalam satu server yang sama, dan menggunakan servis secara bersamaan.

Shared hosting adalah menghosting website pribadi atau website bisnis Anda di dalam server yang didalamnya pin menghosting website lain.

Setiap dari mereka sifatnya independen dan secara individu berada di bawah kendali webmaster nya masing-masing.

Selain itu, dua fakta yang paling unik terkait shared hosting adalah Anda sudah tidak perlu lagi mengurus berbagai tugas pemeliharaan server ataupun kegiatan pemantauan lainnya, dan ini bisa menjadi pilihan hosting yang sangat hemat biaya.

Sebagian orang mungkin akan berpikir tentang pengertian shared hosting, khususnya karena terdapat kata “shared” di sana.

Sebagian yang lainnya mungkin berpikir karena dengan berbagi daya kapasitas dengan pengguna lain dalam server yang sama, maka mereka langsung fokus pada biayanya saja. Bila orang lain menggunakan daya kapasitas yang lebih banyak dan Anda ditagih jumlah biaya yang sama?

Pemikiran seperti ini harus Anda ubah dan Anda harus fokus memikirkan bahwa kebutuhan Anda sudah terpenuhi. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa Anda membayar biaya yang lebih rendah dari budget yang sudah disediakan untuk dedicated server.

Bila kedua hal ini sudah bisa Anda fokuskan, maka Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan tentang hal lain yang terdapat di dalam server. Umumnya, setiap penyedia hosting menawarkan paket shared hosting ini.

Sama seperti namanya, ribuan website yang terdapat di dalamnya akan di hosting dalam satu server dan dikelola oleh layanan hosting tersebut. Setiap penggunanya akan memperoleh jatah total daya, bandwidth, dan juga memori server yang tersedia di dalamnya.

Setiap pengguna memiliki kesempatan untuk mengatur beberapa website di dalam satu akun pengguna. Tentunya penawaran adalah penawaran yang berbeda daripada layanan VPS.

Baca juga: Website Adalah Media Penting untuk Bisnis Online, Ini Alasannya!

Kelebihan Shared Hosting

1. Biaya yang Terjangkau

Salah satu kelebihan utama dalam menggunakan layanan shared hosting adalah biaya yang rendah, sehingga bisa dijangkau oleh banyak orang.

Setiap jenis hosting tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri, pun sama halnya dengan shared hosting. Hal seperti ini harus Anda ketahui dan Anda pahami dengan segera, karena bisa menjadi bahan pertimbangan penting sebelum Anda memilih jenis hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, shared hosting adalah jenis hosting yang biaya layanannya lebih murah daripada jenis hosting lainnya. Untuk itu, jika Anda anggaran Anda masih sangat terbatas, maka shared hosting adalah layanan hosting yang tepat untuk Anda.

Dengan menggunakan server yang sama dan juga dikelola oleh pihak penyedia layanan, Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya pemeliharaan rutin dari server tersebut.

Anda juga tidak perlu memikirkan masalah lain yang bisa terjadi pada server, seperti adanya upaya peretasan, kegagalan server ataupun masalah jaringan. Anda hanya harus melaporkan masalah yang Anda alami pada tim support shared hosting tersebut.

Selain itu, Anda juga tidak perlu memikirkan biaya perawatan dan menyediakan admin sistem, karena kedua hal tersebut adalah tanggung jawab pihak pengelola server.

Berbagai hal ini tentunya menjadi keuntungan untuk Anda yang baru mempelajari seluk beluk tentang hosting. Karena biayanya yang sangat rendah, jadi siapapun bisa membuat website dengan nilai investasi yang rendah.

Biaya yang rendah ini ditetapkan karena pihak penyedia hosting membawa banyak sekali pengguna website di dalam satu server dan memperoleh keuntungan dari setiap pengguna tersebut.

2. Ramah Pengguna

Setiap pengaturan yang ada di dalam shared hosting bisa mudah digunakan oleh siapa saja, bahkan untuk para pemilik website yang sebelumnya tidak mempunyai pengalaman desain maupun pengembangan suatu website.

Biasanya, paket ini hadir dengan dukungan pelanggan dasar dari layanan hosting lainnya. Selain itu, pihak penyedia juga umumnya akan menawarkan pilihan pemasangan website builder, seperti WordPress, yang bisa membuat website secara mudah dan cepat dalam hitungan menit saja.

Setiap website pun akan mempunyai akun panel kontrolnya tersendiri, sehingga para webmaster bisa lebih mudah dalam mengelola konten serta tampilan dasar yang diperlukan.

Walaupun shared hosting memang bisa memudahkan para pengguna baru untuk membuat website dengan budget yang terbatas, namun layanan ini tetap memiliki kelemahan.

Kekurangan Shared Hosting

Kekurangan utama dari shared hosting adalah terdapat risiko gangguan karena kesalahan dari para pengguna shared hosting lainnya. contohnya bila terjadi kondisi overload dalam suatu website, atar ada pengguna shared hosting lainnya yang melakukan spam hingga membuat server menjadi diblokir. Tentunya hal ini akan membuat pengguna hosting lain mengalami dampak yang sama.

Disisi lain, untuk pengguna yang memerlukan sumber daya yang lebih besar, hal tersebut akan berdampak pada ketidaknyamanan.

Kekurangan lain dari shared hosting adalah adanya keterbatasan dalam mengakses server. Setiap pengguna wajib mentaati aturan dan batasan yang sebelumnya sudah dibuat oleh pihak pengelola server. Tentunya batasan ini diberikan untuk mewujudkan rasa nyaman untuk seluruh pengguna shared hosting.

Untuk masalah ini, Anda harus bisa membaca kontrak shared hosting secara cermat agar bisa menghindari berbagai hal yang tidak menyenangkan.

Pihak penyedia shared hosting memiliki hak untuk melarang seluruh pengguna dalam memasang jenis plugin atau aplikasi tertentu di dalam websitenya, yang memungkinkan adanya pembatasan opsi penyelesaian.

Pihak penyedia shared hosting memiliki hak untuk menghentikan akun hosting pengguna dengan berbagai alasan. Bila ada website yang meningkatkan sumber daya yang dialokasikan dengan memperoleh lalu lintas dalam jumlah yang sangat besar dan bisa berdampak pada pengguna lainnya, maka akun pengguna shared hosting tersebut bisa saja ditutup.

Pun sama halnya bila ada website yang menarik malware ataupun komentar spam dengan jumlah yang besar, maka website tersebut bisa saja dikunci dan pemilik website harus bisa menyelesaikan permasalahan tersebut agar bisa ditampilkan kembali di dunia online.

Baca juga: Nama Domain Adalah: Ini Pengertian dan Cara Menentukan Nama Domain Untuk Bisnis

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang shared hosting, kelebihan dan juga kekurangan. Hal tersebut harus Anda ketahui sebelum Anda memutuskan memilih layanan hosting.

Shared hosting adalah solusi yang paling ideal dan bisa secara mudah Anda tingkatkan, tergantung pada seberapa tinggi kebutuhan Anda pada hosting.

Pada akhirnya, Anda pasti akan lebih fokus pada jumlah biaya berbanding pendapatan yang bisa Anda peroleh sambil mengumpulkan pengunjung website sebanyak-banyaknya. Bila sudah begini, maka website bisnis Anda bisa dikenal lebih banyak oleh audiens dan mampu menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Namun, Anda tetap harus menghitung seluruh keuntungan tersebut dalam laporan laba rugi perusahaan. Karena dengan laporan ini, maka Anda bisa mengetahui kondisi keuangan bisnis dan bisa membuat keputusan yang tepat di masa depan.

Namun, membuat laporan laba rugi atau laporan keuangan lainnya secara manual tentu menghabiskan waktu yang sangat banyak dan sangat rentan terjadi kesalahan. Untuk itu, cobalah menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, termasuk laporan laba rugi, secara otomatis, cepat, tepat dan bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda perlukan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fitur yang mampu mengefisiensikan bisnis Anda.

Accurate Online sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu lebih pebisnis di Indonesia, baik itu pebisnis kecil hingga pebisnis besar. Bahkan, software ini sudah berhasil memperoleh Top Brand Award selama enam kali berturut-turut, dari tahun 2016 hingga tahun 2021.

Penasaran? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!accurate berhenti membuang waktu