Apa Itu Technical Drawing, Fungsi, dan Software Terbaik untuk Membuatnya

Pernah mendengar istilah technical drawing? Ketika kita hendak merealisasikan sebuah ide untuk suatu produk, technical drawing ini merupakan cara yang bisa digunakan untuk menggambarkan ide tersebut.

Beberapa bidang pekerjaan seperti arsitektur, teknik mesin, teknik mekanika, terbiasa untuk membuat gambar dengan metode teknik menggambar, karena hasil akhir produknya harus berpresisi.

Penasaran dengan apa itu technical drawing dan bagaimana format pembuatannya, serta apa fungsinya, berikut ulasan selengkapnya:

Pengertian Technical Drawing

Technical drawing merupakan suatu teknik menggambar yang diperlukan untuk membuat berbagai hal. Misalnya di perusahaan manufaktur, teknik menggambar diperlukan untuk membuat sketsa spare part dan produk lain yang akan diproduksi di perusahaan tersebut.

Demikian juga dengan perusahaan kontraktor yang membutuhkan gambar hasil technical drawing untuk membangun sebuah rumah dan juga bangunan lengkapnya.

Beberapa hal yang dilakukan dalam metode teknik menggambar ini mencakup diagram, blueprint, sketsa 3D dan sketsa 2D dari suatu bangunan, produk, mesin, hingga detail jalan raya.

Tentunya tidak sembarang orang bisa menggambar dengan metode teknik menggambar. Orang yang memahami metode gambar ini haruslah seorang profesional di bidangnya, yang disebut drafter.

Umumnya, seorang drafter akan menggunakan sebuah software agar bisa menggambar desain, mengubah desain yang diberikan dari arsitek menjadi bentuk technical drawing.

Baca juga: Untuk Desainer, Moodboard Adalah Papan yang Bisa Dijadikan Panduan Desain!

Fungsi Technical Drawing

Membuat gambar dengan metode teknik menggambar ternyata memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut:

  • Sebagai Suatu Gagasan

Technical drawing dibuat sebagai suatu gagasan. Gagasan tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk gambar atau rancangan yang akan dievaluasi terus hingga menjadi gambar sempurna.

  • Sebagai Bahasa Teknik

Sesuai dengan namanya technical drawing, maka fungsi gambar teknik adalah sebagai Bahasa teknik bagi orang banyak. Seringkali gambar teknik dan Bahasa teknik sulit untuk diterjemahkan.

  • Sebagai Dokumen Arsip

Gambar technical drawing juga berfungsi sebagai arsip dokumen. Gambar tersebut sangat penting dan harus diarsipkan dengan baik, agar di masa depan dapat memudahkan pencarian data jika diperlukan.

Baca juga: Adobe Creative Cloud, Software Sempurna untuk Si Kreatif

Format Pembuatan Technical Drawing

Setelah mengetahui pengertian dari technical drawing, lalu bagaimana format pembuatan gambar ini ya? Apakah cukup sulit untuk dilakukan? Berikut format menggambar technical drawing:

  • Membuat Sketsa Desain

Ini merupakan langkah dasar yang harus dilakukan sebelum memulai teknik menggambar, yaitu membuat sketsa desain dari suatu produk yang akan dijual.

Yang dimaksud sketsa disini tentunya bukan gambar kasar, tetapi gambar yang disertai informasi akurat di dalam gambar tersebut.

Misalnya, Anda akan membuat teknik menggambar untuk produksi sebuah bola lampu. Mulai menggambar sebuah bola lampu, tapi harus disertai dengan berapa volumenya, berapa panjangnya, bagaimana meletakan kabelnya dan lain-lain.

Siapa yang menjadi drafter untuk gambar tersebut? Haruslah orang yang mengerti dengan desain tersebut, yaitu desainer industri.

Desain gambar technical drawing harus memuat estetika visual dari produk, jelas dimensinya, jelas fungsinya, dan detail bahan yang digunakan.

  • Gambar Sketsa 2D (blueprint)

Format selanjutnya adalah dengan sketsa 2D atau blueprint. Ini merupakan format yang paling sering digunakan.

Teknik menggambar sketsa 2D ini harus mengandung elemen segala sisi dari suatu produk, bahan yang digunakan, dan jelas ukuran dimensinya.

Gambar 2D ini harus digambar secara manual, berbeda dengan gambar sketsa 3D yang lebih mudah dengan cukup diputar saja.

  • Format CAD

Selain format 2D, format CAD juga sering digunakan untuk membuat teknik menggambar. CAD atau (computer aided design) adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat desain suatu produk elektronik salah satunya.

Uniknya, format CAD ini seperti perpaduan teknik menggambar 2D dan 3D, sehingga Anda bisa melihat produk seperti bentuk aslinya. Anda juga bisa melakukan simulasi produk, ketika produknya sudah ada di dunia nyata.

  • Skema Elektronik

Format ini cukup simple, karena dapat banyak digunakan untuk membuat produk-produk elektronik seperti gadget misalnya.

Produk seperti itu memiliki papan elektronik atau printed circuit boards assembly (PCBA). Skema ini juga termasuk teknik menggambar tentang daya tegang dan koneksinya.

Gambar technical drawing yang dibuat biasanya berupa diagram yang memuat semua fungsi tiap komponennya, tegangan masing-masing, dan keterhubungan komponen tersebut.

Baca juga: Notepad Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Software Terbaik untuk Technical Drawing

Untuk Anda yang berminat membuat gambar technical drawing dengan mudah, berikut ini beberapa aplikasi yang direkomendasikan:

  • Adobe illustrator, software berbasis vektor ini juga cocok untuk membuat format teknik menggambar. Beberapa versi terbarunya bahkan bisa membuat gambar desain dengan lebih baik.
  • Autocad, aplikasi CAD paling sering digunakan drafter untuk teknik menggambar, khususnya dalam membuat gambar 2D dan 3D.
  • SolidWorks, software ini banyak digunakan untuk membuat part gambar yang cukup sulit dalam bentuk gambar 2D.
  • Adobe Photoshop, software ini pasti sudah populer di kalangan editor foto dan gambar. Penambahan efek pada gambar akan sering dibuat pada aplikasi ini.
  • Microsoft Visio, software berbasis grafik vektor ini bisa untuk membuat gambar diagram dan skema-skema yang mudah dibuat.
  • Microsoft Excel, software dari Microsoft ini biasanya digunakan untuk mengolah data. Selain itu, ternyata dapat juga digunakan untuk membuat grafik yang diperlukan dalam teknik menggambar.

Baca juga: Mengenal Bagian, Jenis, dan Cara Membuat QR Code dengan Mudah

Kesimpulan

Technical drawing merupakan suatu metode gambar dengan menyertakan detail dan informasi dari produk yang akan digambar menggunakan format-format tertentu.

Orang-orang yang bekerja di bidang teknik biasanya akan lebih mengerti tentang teknik menggambar ini.

Bagi perusahaan besar, tugas dari seorang drafter sangat penting, agar dapat memvisualisasikan produk yang akan diproduksi dengan teknik menggambar yang tepat dan akurat.

Prinsip tepat dan akurat ini juga harus ada dalam penulisan laporan keuangan perusahaan, agar dapat menjadi lebih baik lagi.

Untuk itu, perusahaan perlu menggunakan software akuntansi dan bisnis terlengkap seperti Accurate online. Dengan software ini, setiap usaha bisa membuat laporan keuangan dengan lengkap, tepat, dan akurat.

Jika bisnis Anda belum menggunakan Accurate online, Anda bisa mencobanya sekarang juga secara gratis selama 30 hari, melalui tautan berikut.Accurate-

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.