Account Receivable: Pengertian, Rasio, Jurnal dan Contohnya

oleh | Jan 13, 2021

source envato.

Account Receivable: Pengertian, Rasio, Jurnal dan Contohnya

Sebagian besar bisnis menjual kepada pelanggan mereka secara kredit. Artinya, mereka segera mengirimkan barang dan jasa, mengirimkan invoice, kemudian dibayar beberapa minggu kemudian. Bisnis melacak semua uang yang dihutang pelanggan kepada mereka menggunakan akun di pembukuan mereka yang disebut account receivable, AR, atau piutang.

Pada artikel ini kita akan membahas pengertian account receivable, apa bedanya dengan utang, dan bagaimana membuat jurnalnya dengan benar.

Apa itu Account Receivable?

Account receivable adalah jumlah hutang kepada perusahaan yang dihasilkan dari perusahaan penyedia barang dan / atau jasa secara kredit. Istilah piutang dagang juga digunakan sebagai pengganti account receivable.

Jumlah account receivable dicatat dalam akun buku besar berjudul Piutang. Saldo yang belum dibayar di akun ini dilaporkan sebagai bagian dari aset lancar yang terdaftar di neraca perusahaan.

Ketika barang dijual secara kredit, penjual kemungkinan besar adalah kreditur tanpa jaminan dari pelanggannya. Karena itu, penjual harus berhati-hati saat menjual barang secara kredit.

Akuntansi yang baik mensyaratkan bahwa estimasi harus dibuat untuk setiap jumlah dalam piutang usaha yang tidak mungkin dikumpulkan. Taksiran jumlah tersebut dilaporkan sebagai saldo kredit di akun kontra-piutang seperti Penyisihan Piutang Tak Tertagih.

Saldo kredit ini akan menyebabkan jumlah piutang yang dilaporkan di neraca menjadi berkurang. Setiap penyesuaian terhadap akun Penyisihan juga akan mempengaruhi Beban Piutang Tak Tertagih yang dilaporkan pada laporan laba rugi.

Baca juga: Budgeting Adalah: Berikut Pengertian, Tujuan, Proses dan Prinsipnya 

Apa Perbedaan Antara Account Receivable dan Accounts Payable?

Sederhananya account receivable adalah piutang dagang, sedangkan accounts payable adalah hutang dagang. Piutang adalah akun aset, mewakili uang yang harus dibayar pelanggan kepada Anda. Hutang di sisi lain adalah akun kewajiban, mewakili uang yang Anda berutang pada bisnis lain.

Misalkan Anda mengirim faktur sebesar 500.000 sebagai ganti logo yang Anda rancang untuk bisnis Budi furniture.

Saat Budi furniture mendapatkan faktur dari Anda, dia akan mencatatnya sebagai hutang dalam pembukuannya, karena itu adalah uang yang harus dia bayarkan kepada orang lain.

Anda akan mencatatnya sebagai piutang di pihak Anda, karena itu mewakili uang yang akan Anda terima dari orang lain.

Jenis Akun Apakah Account Receivable itu?

Jumlah uang yang terutang ke bisnis dari pelanggan mereka untuk barang atau layanan yang diberikan adalah piutang. Piutang dicatat di neraca Anda sebagai aset lancar, yang menyiratkan saldo akun jatuh tempo dari debitur dalam satu tahun atau kurang.

Jika memerlukan waktu lebih dari satu tahun untuk mengubah akun menjadi kas, piutang tersebut dicatat sebagai aset jangka panjang atau wesel tagih di neraca.

Berdasarkan akuntansi berbasis akrual, akun tersebut dikompensasikan dengan penyisihan piutang berisiko, karena ada kemungkinan beberapa piutang tidak akan pernah tertagih. Penyisihan ini merupakan estimasi jumlah kredit macet yang terkait dengan aset piutang.

Baca juga: Perilaku Biaya (Cost Behavior): Pengertian, Cara Menghitung, dan Sifatnya

Mengapa Account Receivable Penting?

Memiliki banyak pelanggan itu bagus. Namun jika beberapa dari mereka terlambat membayar Anda, atau tidak akan menerima keuntungan sama sekali dan menjual kepada mereka dapat merugikan bisnis Anda.

Pembayaran terlambat adalah salah satu alasan utama mengapa perusahaan mengalami masalah arus kas.

Salah satu cara terbaik untuk melacak keterlambatan pembayaran dan memastikan pembayarannya tidak lepas kendali dan sesuai dengan waktu  adalah dengan menghitung rasio perputaran piutang  atau account receivable turnover ratio untuk bisnis Anda.

Account Receivable 2

Apa itu Account Receivable Turnover Ratio?

Account receivable turnover ratio atau asio perputaran piutang adalah perhitungan keuangan sederhana yang menunjukkan seberapa cepat pelanggan Anda membayar tagihan mereka.

Kami menghitungnya dengan membagi total penjualan bersih dengan rata-rata piutang.

Mari kita gunakan laporan keuangan perusahaan fiksi XYZ Inc. untuk tahun 2020 sebagai contoh.

Misalkan pada awal tahun 2020 (1 Jan), XYZ Inc. memiliki total piutang sebesar 2.500.000. Misalkan juga pada akhir 2020 (31 Des) total piutang dagangnya adalah 1.500.000. Dan memiliki total penjualan bersih tepat 60.000.000 untuk 2020.

Untuk mendapatkan rata-rata piutang usaha XYZ Inc. untuk tahun itu, kami menambahkan jumlah piutang awal dan akhir dan membaginya menjadi dua:

2.500.000 + 1.500.000 / 2 =  2.000.000

Untuk menghitung rasio perputaran piutang, kami membagi penjualan bersih  60.000.000 dengan rata-rata piutang 2.000.000:

60.000.000 / 2.000.000 = 30

Ini berarti XYZ Inc. memiliki rasio perputaran piutang sebesar 30. Semakin tinggi rasio ini, semakin cepat pelanggan Anda membayar Anda.

Tiga puluh adalah rasio perputaran piutang yang sangat bagus. Sebagai perbandingan, pada kuartal keempat 2020 Apple Inc. memiliki rasio turnover sebesar 15,02.

Untuk menghitung periode kredit penjualan rata-rata — waktu rata-rata yang diperlukan pelanggan untuk membayar Anda — kami membagi 52 (jumlah minggu dalam satu tahun) dengan rasio perputaran piutang (30):

52 minggu / 30 = 1,73 minggu

Artinya, pada tahun 2020, pelanggan XYZ Inc. membutuhkan rata-rata 1,73 minggu untuk membayar tagihan mereka. Cukup bagus!

Baca juga: Rasio Hutang: Pengertian, Rumus, Contoh dan Fungsinya

Jurnal Account Receivable

Dengan akuntansi akrual, Anda mencatat transaksi apakah uang  telah diterima atau belum. Ini sistem di mana Anda mencatat piutang.

Jumlah piutang meningkat di sisi debit dan menurun di sisi kredit. Ketika pembayaran tunai diterima dari debitur, kas bertambah dan piutang berkurang. Saat mencatat transaksi, uang tunai didebit, dan piutang dikreditkan.

Hutang dagang dicatat dengan cara yang hampir sama, tetapi dalam peran sebaliknya – perusahaan Anda membeli barang atau jasa secara kredit dan meningkatkan ‘hutang dagang’.

Jika Anda menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk membuat faktur, maka transaksi akan tercatat otomatis membuat entri untuk mengkredit akun penjualan dan mendebit akun piutang.

Setelah pelanggan membayar tagihan, akun kas akan didebit dan akun piutang akan dikreditkan.

Baca juga: Nilai Residu Adalah: Pengertian, Peran, dan Berbagai Metodenya

 Contoh Account Receivable

Nina ingin membeli seperangkat alat gym seharga 5.000.000 tetapi tidak memiliki uang pada saat penjualan. Perusahaan gym akan menagihnya dan memberinya waktu 30 hari untuk melunasi utangnya. Selama waktu itu, perusahaan akan mencatat 5.000.000 dalam piutang mereka.

Ketika Nina melunasinya, uang itu akan kembali ke jumlah penjualan atau arus kas.

Bagaimana jika Nina tidak membayar seperangkat alat gym dalam 30 hari? Uang itu akan tetap ada, dan perusahaan akan mengeluarkan uangnya. Itulah mengapa piutang berbeda dari penjualan.

Untuk piutang yang belum dibayar, langkah selanjutnya adalah menghubungi pelanggan atau mengontrak agen penagihan untuk melakukannya.

Baca juga: Solvabilitas Adalah: Berikut Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya Likuiditas dan Viabilitas

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang Account receivable atau piutang usaha yang bisa Anda ketahui. Piutang adalah uang yang dihutang pelanggan kepada Anda untuk barang atau jasa yang mereka beli dari Anda di masa lalu.

Uang ini biasanya dikumpulkan setelah beberapa minggu, dan dicatat sebagai aset di neraca perusahaan Anda. Anda menggunakan piutang sebagai bagian dari akuntansi basis akrual.

Maemastikan piutang dibayar tepat waktu adalah suatu keharusan jika Anda menginginkan bisnis yang berkelanjutan. Hal penting lainnya adalah Anda harus menggunakan sistem akuntansi untuk mencatat semua piutang usaha secara otomatis agar Anda bisa memantau piutang usah Anda dengan benar.

Jika Anda menggunakan sistem manual atau Excel, nilai dalam piutang dan hutang harus dimasukkan dan diseimbangkan secara manual. Namun, dengan software akuntansi seperti Accurate Online, jumlah ini secara otomatis disesuaikan dan diseimbangkan saat pembayaran diterima.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

3 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

akuntansibanner
Khaula Senastri

Artikel Terkait