Buku Besar Pembantu Utang: Ini Pengertian dan Contohnya!

Dalam dunia akuntansi, terdapat banyak sekali bentuk buku yang memiliki peran penting untuk kegiatan merekam dan mencatat kegiatan dalam siklus akuntansi. Selain buku besar umum dan  utama, terdapat juga buku besar pembantu yang fungsinya adalah menyajikan detail dari buku umum, salah satunya adalah buku besar pembantu utang.

Di dalam buku besar ini, terdapat informasi transaksi utang piutang yang dilakukan oleh perusahaan. Informasi yang terdapat di dalam buku besar pembantu utang ini akan menyajikan kondisi keuangan bisnis dengan cara meninjau kewajiban atau utang yang harus dilunasi.

Kemudian, data yang berasal dari buku besar ini sangat bermanfaat untuk mencari jalan keluar dari beberapa masalah yang dialami perusahaan. Buku besar pembantu utang akan menampilkan kondisi yang yang terjadi selama kegiatan operasional bisnis.

Pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang pengertian buku besar pembantu utang, cara membuat, dan juga contohnya.

Pengertian Buku Besar Pembantu Utang

Pada dasarnya, buku besar pembantu utang adalah buku  yang di dalamnya terdapat simpanan rekaman atas kumpulan akun pihak kreditur atau pihak yang dihutangi oleh pihak perusahaan. Fungsi utama dari buku besar ini adalah agar bisa mengelompokkan transaksi utang piutang dari suatu pihak atau perusahaan tersebut.

Berbagai data yang diperlukan di dalam buku besar utang tersebut berasal dari faktur, bukti pengeluaran, dan nota kredit atau debit yang digunakan sebagai bukti atas pengembalian barang atau retur pembelian yang dibeli dengan menggunakan metode kredit.

Baca juga: Pengertian Lengkap Tentang Buku Besar Dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Buku Besar Pembantu Utang

Sebenarnya, tidak ada format tertentu yang diperlukan dalam membuat atau menyusun buku besar pembantu utang. Tapi, buku besar ini bisa disajikan seperti format buku besar lainnya.

Nah agar lebih mudah untuk membuatnya, mari kita perhatikan contoh di bawah ini.

Aktivitas perusahaan dari PT QBC di bulan Juli 2020 bisa kita gambarkan seperti gambar di bawah ini:

Detail utang yang diajukan pada pihak kreditur di tanggal 1 Juli 2020 adalah sebagai berikut:

contoh Buku

Sedangkan transaksi atau pembelian kredit di bulan Juli 2020 adalah sebagai berikut:

contoh Buku Besar

Nah, detail pelunasan utang pada pihak kreditor adalah sebagai berikut:

contoh Buku Besar utang

Berdasarkan berbagai data diatas, bisa kita ketahui bahwa:

  • Data di tanggal 1 Juli 2020 tercatat di dalam buku besar sebagai akun utang, saldo kreditnya adalah sejumlah Rp 8.500.000,00.
  • Detail yang tercatat di dalam buku besar pembantu utang pada saldo kredit di setiap kolom kreditor, yakni untuk seluruh faktur pembelian yang dicatat pada jurnal pembelian.
  • Di tanggal 31 Juli 2020, akun perlengkapan mulai mengalami debet dari akun utang usaha kredit senilai Rp 9.000.000,00.
  • Bukti pengeluaran uang kas untuk pelunasan yang dicatat adalah bukti pengeluaran kas untuk keperluan pembayaran utang, yang mana sebesar Rp 7.500.000,00.
  • Bukti serta jumlah akan dicatat ke dalam buku jurnal pengeluaran kas, dengan cara mendebet akun utang usaha dan juga mengkreditkan setiap akun kas senilai Rp 7.500.000,00.

Setiap bukti pengeluaran kas dalam buku besar ini harus dicatat lalu di debet rekening pada kreditur yang bersangkutan. Bila seluruh rekening sudah dicatat sesuai dengan cara di atas, maka akun hutang bisnis pun bisa dimasukkan dalam buku besar pembantu seperti gambar di bawah ini:

Buku Besar Pembantu Utang4

Dalam referensi gambar diatas, bisa ditulis dengan JBP-1 yang artinya adalah jurnal pembelian pada halaman 1 dan JKK-1 yang merujuk pada jurnal kas keluar di halaman 1. Jadi, Akun utang usaha dari PT QBC di tanggal 31 Juli 2020 mempunyai saldo kredit sebesar Rp 10.000.000,00.

Baca juga: Nilai Buku Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Tahapannya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang buku besar pembantu utang, lengkap dengan pengertian dan contoh dalam membuatnya.

Menyusun buku besar ini sangat penting untuk bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan. Tapi, membuatnya bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi bila Anda masih menggunakan cara manual seperti menggunakan Ms. Excel atau bahkan menggunakan buku biasa.

Menggunakan cara yang manual hanya akan memakan banyak waktu, rentan terjadi kesalahan, dan bahkan kecurangan.

Oleh karena itu, mulai gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis selama sekitar 20 tahun. Aplikasi yang dikembangkan dengan basis cloud ini akan menyajikan laporan buku besar, laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca, dan lebih dari 200 jenis laporan pada Anda secara otomatis, cepat serta akurat.

Berbagai laporan tersebut juga bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda perlukan dengan hanya menggunakan perangkat laptop, komputer, atau smartphone yang sudah terkoneksi dengan internet.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur penjualan, persediaan, pembelian, perpajakan manufaktur, dan berbagai fitur luar biasa lainnya yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Dengan konsistensi tersebut, bahkan Accurate Online sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Awards selama 7 kali berturut-turut, dari tahun 2016 hingga tahun 2022.

Masih kurang percaya? Ayo buktikan sendiri semua keunggulan dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari, dan rasakan efisiensi yang luar biasa pada bisnis Anda dengan klik banner di bawah ini.