Cara Menghitung Food Cost di Excel: Panduan Praktis untuk Pengusaha Kuliner

oleh | Jun 21, 2024

source envato.

Cara Menghitung Food Cost di Excel: Panduan Praktis untuk Pengusaha Kuliner

Mengelola biaya adalah langkah penting bagi Anda, para pemilik bisnis kuliner, yang ingin menjaga keuntungan dan efisiensi operasional. Nah, salah satu metode yang efektif adalah dengan menggunakan Excel untuk menghitung food cost secara tepat dan efisien.

Dengan menggabungkan kemudahan Excel dan kedisiplinan dalam hal pencatatan, Anda bisa menentukan biaya produksi makanan secara akurat.

Lalu, bagaimana cara menghitung food cost di excel secara akurat? Baca terus artikel di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Pengertian food cost

Pengertian food cost

ilustrasi cara menghitung food cost di excel. source envato

Restaumatic dalam laman LinkedIn menjelaskan bahwa food cost adalah istilah yang digunakan dalam industri makanan dan minuman untuk menghitung persentase dari pendapatan penjualan yang digunakan untuk membeli bahan baku dan bahan lainnya yang digunakan dalam pembuatan produk makanan atau minuman.

Sederhananya, food cost akan menghitung berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk memproduksi makanan atau minuman yang dijual.

Secara umum, food cost dihitung dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Food Cost = Total Cost of Ingredients : Total Sales x 100%

Tujuan utama dari menghitung food cost adalah untuk mengontrol dan mengelola biaya produksi makanan atau minuman agar tetap efisien dan menguntungkan.

Dengan memantau food cost secara teratur, Anda dapat mengevaluasi profitabilitas menu, mengidentifikasi potensi pemborosan atau penghematan, serta membuat keputusan yang lebih baik dalam mengelola bisnis restoran atau kafe Anda.

Baca juga: Pengertian‌ ‌Food Cost dan‌ ‌Cara‌ ‌Menghitung‌nya ‌Dalam‌ ‌Bisnis‌ ‌Restoran

Manfaat menghitung food cost

Manfaat menghitung food cost

ilustrasi cara menghitung food cost di excel. source envato

Terdapar beberapa manfaat besar yang akan Anda rasakan jika bisa menghitung food cost dengan tepat, yaitu:

1. Mengoptimalkan profitabilitas

Dengan memahami persentase biaya makanan dari total penjualan, Anda bisa harga jual dan memastikan margin keuntungan yang sesuai dengan target bisnis Anda.

2. Pengendalian biaya

Menghitung food cost secara akan membantu Anda dalam memantau dan mengendalikan biaya bahan baku dan bahan lainnya yang digunakan dalam produksi makanan atau minuman.

Hal tersebut akan membantu Anda dalam mencegah terjadinya pemborosan dan meningkatkan efisiensi operasional.

3. Evaluasi menu

Analisis food cost juga memungkinkan Anda untuk mengevaluasi keuntungan dari setiap item menu.

Dengan mengetahui mana yang memiliki food cost yang lebih rendah atau lebih tinggi, Anda bisa membuat keputusan dalam memodifikasi atau menghapus menu tertentu demi meningkatkan profitabilitas.

4. Memantau performa

Food cost juga sangat penting dalam menunjukan indikator performa untuk membandingkan efisiensi antara periode waktu tertentu atau dengan standar industri Anda.

Hal ini akan membantu Anda dalam mengidentifikasi tren dan pola dalam pengeluaran bahan baku.

5. Merencanakan keuangan

Dengan memiliki data yang akurat tentang food cost, Anda bisa membuat perkiraan keuangan yang lebih akurat untuk anggaran masa depan, membeli bahan baku, dan membuat perencanaan strategis lainnya.

6. Mendorong keputusan strategis

Analisis food cost memberikan informasi diperlukan untuk membuat keputusan penting, seperti menetapkan harga, memilih pemasok, atau menentukan ukuran porsi yang optimal.

Secara keseluruhan, menghitung food cost bukan hanya sekedar aktivitas akuntansi rutin saja, tetapi juga merupakan metode penting untuk mengelola dan mengoptimalkan bisnis kuliner Anda agar bisa mencapai keuntungan maksimal dan berkelanjutan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Cost Makanan Pada Bisnis Restoran?

Cara menghitung food cost di excel dan contohnya

Cara menghitung food cost di excel dan contohnya

ilustrasi cara menghitung food cost di excel. source envato

Untuk menghitung food cost di Excel, berikut adalah langkah dan contoh yang bisa Anda ikuti:

Langkah-langkah Menghitung Food Cost di Excel:

1. Kumpulkan data

Pertama, Anda perlu mengumpulkan total biaya bahan baku yang digunakan untuk membuat menu tertentu (misalnya dalam satu periode, seperti sebulan) dan total penjualan atau pendapatan dari menu tersebut dalam periode yang sama.

2. Buat tabel di Excel

Buat tabel di Excel dengan kolom-kolom berikut:

  • Kolom A: Nama Item Menu
  • Kolom B: Total Biaya Bahan Baku
  • Kolom C: Total Penjualan

Contoh:

contoh cara menghitung food cost di excel

3. Hitung food cost

Tambahkan kolom baru untuk menghitung food cost dengan menggunakan rumus berikut:

Food Cost = Total Cost of Ingredients : Total Sales x 100%

Di kolom Excel, rumus ini akan terlihat seperti:

  • Kolom D (Food Cost %): =(B2 / C2)  100

Terapkan rumus ini untuk setiap baris di tabel Anda.

4. Analisis dan Interpretasi

Setelah menghitung food cost untuk setiap item menu, analisis hasilnya untuk memahami item mana yang memiliki food cost tertinggi atau terendah dan apakah food cost Anda berada dalam kisaran yang dapat diterima untuk memastikan profitabilitas yang baik.

Contoh Praktis:

Misalkan Anda memiliki data sebagai berikut:

contoh cara menghitung food cost di excel

Sekarang, kita akan menghitung food cost untuk masing-masing item:

  • Untuk Nasi Goreng:

Food Cost % = (500,000 : 1,500,000) × 100% = 33.33%

  • Untuk Sate Ayam

Food Cost % = (400,000 : 1,200,000) × 100% = 33.33%

  • Untuk Gado-gado

Food Cost % = (300,000 : 900,000) × 100%=33.33%

Jadi, food cost untuk semua menu tersebut adalah 33.33%, yang berarti 33.33% dari pendapatan dari masing-masing menu digunakan untuk membeli bahan baku.

Dengan mengikuti cara di atas, Anda bisa menghitung food cost untuk setiap item menu secara efisien menggunakan Excel, yang akan membantu Anda dalam mengelola biaya dan meningkatkan profitabilitas dalam bisnis kuliner Anda.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah mempelajari pentingnya menghitung food cost untuk mengelola bisnis kuliner dengan lebih efisien.

Food cost adalah persentase dari pendapatan penjualan yang digunakan untuk biaya bahan baku, yang sangat penting untuk memastikan keuntungan secara optimal.

Dengan menggunakan Excel, penghitungan food cost bisa Anda dilakukan dengan mudah dan akurat, sehingga Anda bisa  mengidentifikasi area penghematan, mengevaluasi profitabilitas menu, dan membuat keputusan strategis yang lebih baik.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Anda, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online tidak hanya menyediakan fitur untuk mengelola food cost secara lebih efektif, tetapi juga memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan secara menyeluruh, seperti membuat laporan keuangan yang akurat dan integrasi yang mudah dengan sistem lain dalam bisnis Anda.

Dengan Accurate Online, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis kuliner Anda tanpa khawatir tentang masalah administratif keuangan.

Lebih menariknya lagi, seluruh fitur dan keunggulan Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Referensi:

akuntansibanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Khaula Senastri
Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.

Artikel Terkait