Bagaimana Cara Menghitung Persentase Keuntungan yang Tepat dan Akurat?

oleh | Jul 10, 2023

source envato.

Bagaimana Cara Menghitung Persentase Keuntungan yang Tepat dan Akurat?

Menghitung persentase keuntungan merupakan salah satu aspek penting dalam menganalisis keuangan suatu bisnis. Mengetahui persentase keuntungan yang dihasilkan dari suatu investasi atau penjualan dapat memberikan informasi yang penting dalam mengukur kinerja dan keberhasilan suatu usaha.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung persentase keuntungan dengan langkah-langkah yang sederhana namun efektif.

Dengan pemahaman yang tepat tentang konsep ini, Anda akan dapat menganalisis dan menginterpretasikan data keuangan dengan lebih baik, serta membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas.

Apa itu Keuntungan?

accurate.id Apa itu Keuntungan

Keuntungan atau laba, berdasarkan laman Wikipedia, mengacu pada selisih antara pendapatan yang diperoleh dari suatu aktivitas bisnis dengan biaya atau pengeluaran yang terkait dengan aktivitas tersebut. Sederhananya, keuntungan adalah hasil positif yang diperoleh setelah mengurangi biaya dari pendapatan.

Keuntungan sering kali menjadi tujuan utama dari suatu bisnis, karena mencerminkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kelebihan pendapatan yang dapat digunakan untuk pertumbuhan, pengembangan, atau membagikan dividen kepada pemegang saham.

Keuntungan dapat dihitung dalam berbagai konteks, seperti keuntungan kotor (gross profit) dan keuntungan bersih (net profit). Keuntungan kotor mengacu pada selisih antara pendapatan penjualan dengan biaya langsung yang terkait dengan produksi atau penyediaan barang atau jasa.

Sedangkan keuntungan bersih mengambil pendapatan dan biaya tambahan ke dalam perhitungannya, termasuk biaya operasional, bunga pinjaman, pajak, dan lain sebagainya.

Keuntungan juga dapat diukur sebagai persentase dari pendapatan atau investasi. Hal ini memungkinkan pembandingan yang lebih baik antara entitas yang berbeda dalam skala yang sama.

Menghitung persentase keuntungan memungkinkan para pemangku kepentingan bisnis, seperti pemilik atau investor, untuk bisa memahami tingkat profitabilitas suatu entitas dan membuat keputusan berdasarkan informasi tersebut.

Secara keseluruhan, keuntungan merupakan hasil positif yang dicapai setelah mengurangi biaya dari pendapatan dalam konteks bisnis dan keuangan. Hal ini menjadi faktor penting dalam mengevaluasi kinerja keuangan suatu bisnis dan membuat keputusan yang tepat guna mencapai pertumbuhan dan keberhasilan jangka panjang.

Baca juga: 6 Peran Penting Akuntan demi Keuangan yang Sehat

Bagaimana Cara Menghitung Persentase Keuntungan?

accurate.id Bagaimana Cara Menghitung Keuntungan

Dirangkum dari laman Indeed, untuk cara menghitung persentase keuntungan, Anda perlu memahami dua komponen dasar, yaitu pendapatan dan biaya. Berikut adalah cara menghitung persentase keuntungan yang baik:

1. Tentukan pendapatan

Cara menghitung persentase keuntungan yang pertama adalah mengidentifikasi jumlah total pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk atau jasa. Ini dapat mencakup pendapatan dari penjualan barang, layanan, atau sumber pendapatan lainnya.

2. Hitung biaya barang atau jasa yang dijual

Cara menghitung persentase keuntungan yang kedua adalah menghitung biaya barang atau jasa yang Anda jual. Di dalamnya mencakup biaya langsung yang terkait dengan produksi atau penyediaan barang atau jasa yang dijual. Termasuk biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya produksi atau penyediaan lainnya.

3. Kurangi biaya dari pendapatan

Selanjutnya, cara menghitung persentase keuntungan dilanjutkan dengan mengurangi total biaya yang dihitung pada langkah sebelumnya dari pendapatan yang ditentukan pada langkah pertama. Hasilnya akan menjadi keuntungan kotor (gross profit). Berikut ini adalah rumusnya:

Keuntungan Kotor = Pendapatan – Biaya Barang atau Jasa yang Dijual

  • Hitung biaya operasional

Terakhir, cara menghitung persentase keuntungan adalah dengan mengidentifikasi biaya operasional tambahan yang tidak termasuk dalam biaya barang atau jasa yang dijual. Ini dapat mencakup biaya sewa, gaji dan upah karyawan, biaya utilitas, biaya pemasaran, biaya administrasi, dan lain sebagainya.

Kurangi biaya operasional dari keuntungan kotor: Kurangkan total biaya operasional yang dihitung pada langkah sebelumnya dari keuntungan kotor. Ini akan menghasilkan keuntungan bersih (net profit) atau laba sebelum pajak. Berikut ini adalah rumusnya:

Keuntungan Bersih = Keuntungan Kotor – Biaya Operasional

Opsional

Jika diperlukan, kurangilah juga biaya tambahan seperti bunga pinjaman, pajak, atau biaya lainnya yang sesuai untuk mendapatkan keuntungan bersih setelah pajak.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan mendapatkan angka keuntungan bersih yang dapat digunakan untuk menganalisis kinerja keuangan bisnis.

Baca juga: Apa itu Rasio Kas? Ini Pengertian, Interpretasi, dan 3 Langkah Mudah Menghitungnya

Manfaat Menghitung Keuntungan Bisnis

accurate.id Manfaat Menghitung Keuntungan Bisnis

Cara menghitung persentase keuntungan bisnis memiliki beberapa manfaat yang signifikan, antara lain:

  • Evaluasi Kinerja Keuangan

Menghitung keuntungan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi kinerja keuangan bisnis secara keseluruhan. Anda dapat melihat seberapa efisien bisnis Anda dalam menghasilkan pendapatan dan mengelola biaya.

Dengan memonitor keuntungan dari waktu ke waktu, Anda dapat mengidentifikasi tren dan pola yang membantu dalam pengambilan keputusan keuangan yang lebih baik.

  • Penentuan Profitabilitas

Menghitung keuntungan akan membantu Anda dalam menentukan tingkat profitabilitas bisnis. Anda dapat melihat seberapa besar persentase keuntungan yang dihasilkan dari penjualan atau investasi yang dilakukan.

Hal ini akan membantu Anda dalam memahami apakah bisnis Anda mampu menghasilkan profitabilitas yang memadai dan apakah ada ruang untuk melakukan peningkatan atau perbaikan.

  • Pembandingan dengan Standar Industri

Dengan menghitung keuntungan, Anda dapat membandingkan kinerja keuangan bisnis Anda dengan standar industri atau dengan pesaing secara langsung. Hal ini akan membantu Anda dalam memahami di mana bisnis Anda berada dalam hal profitabilitas yang relatif dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan untuk tetap bisa kompetitif.

  • Pengambilan Keputusan Strategis

Informasi keuntungan yang akurat dan terkini memiliki peran yang penting dalam pengambilan keputusan strategis. Anda dapat menggunakan data keuntungan untuk mengevaluasi berbagai pilihan bisnis, seperti meluncurkan produk baru, memperluas pasar, menentukan harga yang optimal, atau mengalokasikan sumber daya dengan lebih efektif.

Keputusan berdasarkan informasi keuntungan yang baik dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan keberhasilan bisnis.

  • Menarik Investor dan Pemegang Saham

Para investor dan pemegang saham sangat tertarik pada kinerja keuangan yang sehat dan tingkat profitabilitas yang baik. Dengan memiliki informasi keuntungan yang transparan dan dapat diandalkan, Anda dapat memperkuat daya tarik bisnis Anda untuk menarik investor baru atau mempertahankan dukungan dari para pemegang saham yang ada.

  • Perencanaan Keuangan

Menghitung keuntungan adalah langkah penting dalam perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini akan membantu Anda dalam memprediksi dan mengantisipasi arus kas, mengelola keuangan dengan lebih efektif, dan mengembangkan strategi keuangan yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Dalam rangka mencapai keberhasilan dan pertumbuhan yang berkelanjutan, penting sekali untuk menghitung keuntungan secara teratur dan memanfaatkannya sebagai alat evaluasi dan pengambilan keputusan yang penting.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dan Komponen yang Mendukung di Dalamnya

Penutup

Menghitung persentase keuntungan bisnis adalah proses penting dalam menganalisis keuangan yang melibatkan pendapatan dan biaya. Hal ini akan membantu Anda dalam mengevaluasi performa keuangan bisnis, menentukan profitabilitas, membandingkan dengan standar industri, mengambilan keputusan strategis, menarik investor dan pemegang saham, serta perencanaan keuangan.

Dengan memahami dan memanfaatkan informasi keuntungan secara efektif, Anda dapat mengelola bisnis dengan lebih baik, membuat keputusan yang lebih cerdas, dan mencapai pertumbuhan serta keberhasilan jangka panjang.

Namun bila Anda merasa kesulitan atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk menghitung keuntungan, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Software yang sudah dipercaya oleh lebih 500 ribu pebisnis di Indonesia ini mampu mencatat dan menghitung seluruh keuntungan maupun kerugian dari bisnis Anda. Accurate Online juga akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Penasaran dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencobanya selama 30 hari, gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

12 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait