Jurnal Eliminasi Konsolidasi: Pengertian dan Peran Pentingnya Untuk Laporan Keuangan

Sebagian dari Anda mungkin ada yang belum mengetahui tentang jurnal eliminasi konsolidasi yang terdapat di dalam laporan keuangan dan laporan konsolidasi perusahaan. Padahal, kehadiran jurnal eliminasi konsolidasi ini akan membantu Anda dalam menyajikan transaksi dari pemisahan perusahaan induk dengan perusahaan cabang atau perusahaan anak.

Membuat laporan jurnal eliminasi adalah cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam menciptakan transparansi data dalam menyajikan laporan konsolidasi.

Jurnal eliminasi ini seringkali dibanding dengan jurnal khusus atau jurnal umum, adalah jurnal eliminasi ini sangatlah berbeda. Kenapa? Karena jurnal eliminasi adalah jurnal yang secara khusus dibuat agar bisa menghilangkan ataupun mengeliminasi saldo seluruh rekening timbal balik antara kantor induk dengan kantor anak atau dengan kantor cabang.

Tujuan dilakukannya pencatatan jurnal eliminasi konsolidasi adalah agar perusahaan induk dengan perusahaan cabang atau anak yang terlibat di dalam transaksi bisa menghitung keuntungan ataupun kerugian yang terjadi karena adanya transaksi yang tidak wajar.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang jurnal eliminasi konsolidasi secara lebih mendalam. Untuk itu, baca artikel tentang jurnal eliminasi di bawah ini hingga selesai.

Mengenal Laporan Keuangan Konsolidasi dan Jurnal Eliminasi

Secara umum, laporan keuangan konsolidasi adalah laporan yang didalamnya menyajikan hasil saldo operasi dan juga posisi keuangan perusahaan. Laporan ini diperoleh dari dua atau lebih entitas perusahaan secara terpisah yang menjadi satu secara menyeluruh.

Oleh karena itu, laporan keuangan memerlukan jurnal eliminasi konsolidasi demi bisa mencapai proses konsolidasi dengan cara mengeliminasi seluruh transaksi kepemilikan antar perusahaan induk dan transaksi antar perusahaan anak atau perusahaan cabang.

Sehingga, jurnal eliminasi dalam hal ini adalah kegiatan yang dilakukan untuk melakukan penyesuaian akun saldo, yang mana jurnal ini wajib menghapus dan juga menghilangkan akun timbal balik antara perusahaan pusat atau induk dengan cabang agar bisa dilakukan penggabungan dan juga laporan keuangan.

Sederhananya, tujuan pembuatan laporan keuangan adalah agar bisa memberikan gambaran yang objektif yang menyeluruh tentang status keuangan dan kegiatan sekelompok perusahaan, baik itu perusahaan induk dan anak perusahaan, sehingga setiap pihak terkait seperti auditor dan investor bisa memahaminya dengan baik.

Bila perusahaan induk mengendalikan perusahaan lain atau anak perusahaan, maka bentuk laporan inipun diperlukan. Untuk perusahaan induk, laporan yang diperlukan untuk melakukan konsolidasi laporan keuangan adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai satu atau lebih anak perusahaan sebagai adanya bukti ekuitas
  • Perusahaan induk mempunyai lebih dari 50% saham pada anak atau cabang perusahaan.
  • Kepemilikan saham perusahaan induk pada anak perusahaan kurang dari 50%, tapi induk perusahaan mempunyai kendali penuh.

Bila kondisi diatas tidak bisa terpenuhi, maka perusahaan cukup membuat laporan keuangan secara mandiri saja.

Baca juga: Akun Modal: Pengertian dan Cara Pencatatannya

Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi mempunyai beberapa manfaat, yaitu:

  • Agar bisa memahami dampak jangka panjang dari perusahaan cabang atas perusahaan induk
  • Memberikan informasi yang terbaru pada tim manajemen perusahaan induk terkait performa cabang perusahaannya.
  • Memberikan informasi pada pihak eksternal yang memang memerlukannya.

Baca juga: Setara Kas adalah Instrumen Investasi Jangka Pendek, Apa Bedanya dengan Kas?

Karakteristik Jurnal Eliminasi Konsolidasi

Terdapat beberapa karakteristik dari jurnal eliminasi konsolidasi yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Biasanya, ayat jurnal eliminasi konsolidasi terdapat di dalam lembar kertas kerja konsolidasi.
  • Terdapat penyesuaian total saldo akun dari perusahaan gabungan secara independen sebagai upaya dalam menggambarkan angka yang berasal dari perusahaan independen tersebut secara hukum.
  • Ayat jurnal eliminasi hanya akan ada dan tercatat di dalam lembar kertas kerja konsolidasi dan tidak berdampak pada pembukuan perusahaan independen.
  • Kehadiran tujuan dari ayat jurnal eliminasi adalah agar bisa mengurangi atau menambah saldo total gabungan dari setiap akun, sehingga hanya transaksi dengan pihak eksternal sajalah yang akan tercermin di dalam data gabungan ini.

Baca juga: Neraca Saldo Disesuaikan: Pengertian dan Aspeknya

Format Kertas Kerja Pada Ayat Jurnal Eliminasi Konsolidasi

Umumnya, format lembar kertas kerja konsolidasi memiliki 4 kolom utama, yaitu nama akun, data neraca percobaaan, ayat jurnal eliminasi, dan juga konsolidasi.

Untuk data di dalam neraca percobaan, diberikan format dua kolom yaitu perusahaan induk dan perusahaan anak.

Jangan lupa juga untuk menginput informasi ayat jurnal eliminasi dengan format kredit dan debit.

Baca juga: Nota Debet: Fungsi dan Cara Membuatnya

Contoh Soal Perhitungan Ayat Jurnal Eliminasi Konsolidasi

Agar bisa lebih baik dalam memahami jurnal eliminasi konsolidasi, berikut ini contoh soalnya:

  • Diketahui, data neraca sebelum penggabungan PT Induk dengan PT Anak di bulan Januari 2021 adalah sebagai berikut:

Gambar contoh

  • Perhitungan kepemilikan secara penuh dari PT Induk dan PT Anak dibeli secara nilai buku dengan detail sebagai berikut:

PT Induk membeli seluruh saham dari PT Anak dengan harga Rp 300.000.000. Di tanggal 01 Januari 2021 penggabungan bisnis, dari nilai yang wajar pada setiap aset dan kewajiban PT Anak sama dengan nilai buku yang disajikan di dalam tabel selanjutnya.

Untuk itu, PT Induk pun melakukan akuisisi seluruh saham biasa dengan PT anak yang hanya memiliki satu jenis saham yang beredar. Sehingga, seluruh total nilai buku saham yang diakuisisi sama dengan total ekuitas saham sebanyak uang yang didapat oleh PT Anak, yaitu Rp 200.000.000 + Rp 100.000.000.

Harga beli sebanyak Rp 300.000.000 sama seperti nilai buku dari saham yang diakuisisi

Biaya Perolehan Investasi = Rp 300.000.000

Nilai Buku:

Saham Biasa – PT. Anak = Rp 200.000.000

Saldo Laba – PT. Anak = Rp 100.000.000

Jadi, perbedaan antara nilai buku dan harga perolehannya adalah Rp 0

(Dr) Investasi Saham PT. Anak Rp 300.000.000

(Cr) Kas Rp 300.000.000

  • Berikut ini adalah laporan neraca setelah terjadi penggabungan bisnis antara PT Induk dan PT Anda di bulan Januari 2021.

Gambar contoh

  • Sedangkan lembar kertas kerja neraca pada tanggal 01 Januari 2021 adalah sebagai berikut:

Gambar contoh

  • Ayat Jurnal Eliminasi

(Dr) Saham Biasa – PT. Anak Rp200.000.000 (Dr) Saldo Laba Rp100.000.000

(Cr) Investasi Saham PT. Anak Rp300.000.000

  • Laporan Neraca Konsolidasi dari PT. Induk dan PT Anak adalah sebagai berikut

Gambar contoh

Baca juga: Rasio Perputaran Piutang: Pengertian dan Cara Mengetahuinya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang jurnal eliminasi konsolidasi yang harus Anda pahami ketika membuat laporan keuangan perusahaan.

Namun bila Anda masih membuat laporan keuangan secara manual, maka ada beberapa risiko yang nantinya harus Anda hadapi, seperti banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan laporan, rumit, rentan terjadi kesalahan dan rentan terjadi fraud atau kecurangan.

Oleh karena itu, beralihlah dari cara yang manual dengan mengadopsi teknologi yang mampu mengatasi resiko tersebut, yaitu dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate adalah penyedia aplikasi akuntansi yang sudah memiliki pengalaman lebih dari dua puluh tahun dalam bidang akuntansi. Bahkan, Accurate Online pun sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2022.

Saat ini, Accurate Online sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu kalangan pebisnis yang ada di Indonesia, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis berskala besar. Aplikasi ini pun bahkan dipelajari pada tingkat pendidikan sekolah dan perguruan tinggi untuk membekali ilmu pengetahuan mereka dalam menggunakan aplikasi akuntansi.

Accurate Online memiliki tampilan dashboard yang sangat sederhana dan sangat mudah untuk dimengerti, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan laba rugi, laporan neraca

dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat. Anda pun bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan secara real time. Anda hanya memerlukan perangkat smartphone, laptop atau PC yang terhubung dengan internet.

Selain itu, Accurate Online pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan luar biasa yang akan membuat lini operasional Anda berjalan lebih efektif dan efisien, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, multi cabang, cost and profit center, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, masih kurang tertarik untuk menggunakan Accurate Online? Tenang, karena kami akan memberikan kesempatan pada Anda untuk mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari gratis melalui link banner di bawah ini.

Lala

Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.