Saat ini, masih banyak pebisnis di Indonesia yang tidak melakukan pembukuan pada operasional usaha dan itu adalah kesalahan besar.
Mungkin itu juga yang menjadikan banyak pemilik usaha mengalami kebangkrutan dan menjadikan persentase pengusaha Indonesia terbilang sedikit jika dibandingkan dengan negara lain yaitu hanya sekitar 3.1%, seperti yang dilansir dari laman Kompas.
Dengan pembukuan yang detail dan benar, tentunya pengembangan bisnis Anda akan lebih terencana karena Anda memiliki dasar perencanaan yang kuat yaitu laporan keuangan.
Menggunakan software Accurate Online adalah solusi yang akan membawa Anda pada kemudahan pembukuan bisnis.
Jika tadinya Anda berpikir pembukuan adalah hal yang membuang banyak waktu dan menyulitkan jika dilakukan secara manual, dengan menggunakan aplikasi Accurate Online hal itu tidak ada lagi.
Bagi Anda yang baru memulai belajar Accurate, artikel ini akan memandu tahapan cara menggunakan Accurate Online dengan mudah dan cepat!
Langkah awal cara menggunakan Accurate Online
Jika Anda berpikir menggunakan software Accurate Online akan menyulitkan, Anda salah!
Accurate Online adalah software akuntansi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pembukuan para pemilik usaha yang secara keseluruhan kurang mengerti ilmu akuntansi.
Tidak seperti software akuntansi lain, menggunakan Accurate Online tidak dibuat hanya untuk para staf keuangan atau akuntan, maka dari itu siapapun dapat menggunakan Accurate Online dengan mudah.
Anda masih ragu dengan Accurate? konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan Product Specialist kami sekarang juga! Ketahui kegunaan Accurate Online dari ahlinya, klik di sini!
Seperti pada saat Anda menggunakan software berbasis cloud atau Saas lainnya,hal yang pertama Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran dengan membuat akun Accurate Online.
Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan Accurate Online dari awal registrasi hingga pembuatan data usaha. Panduan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar Accurate secara mandiri.
Bagaimana cara daftar akun Accurate Online?
Untuk membuat akun Accurate Online Anda harus memasukan nama, alamat email, nomor telepon, dan membuat password baru.
Bagi Anda yang belum punya akun silakan registrasi terlebih dahulu dengan klik tombol di bawah! Gratis!
Coba Gratis Free Trial Accurate Online
Jika sudah, Anda akan dibawa untuk membuat database untuk akun Accurate Online. Langkah selengkapnya adalah seperti dibawah ini :
Cara membuat data usaha di Accurate Online
Jika Anda sudah selesai daftar akun Accurate Online, langkah selanjutnya adalah membuat data usaha Accurate Online.
Data usaha ini akan berisi semua data terkait pembukuan dan transaksi bisnis Anda.
Klik tanda tambah untuk membuat data usaha baru, berikut adalah tampilan aplikasi Accurate Online yang akan muncul:

Selanjutnya Anda bisa mengisi nama data usaha bisnis Anda, latar warna yang akan Anda gunakan, dan logo usaha. Jika sudah selesai pilih tombol “Buat Data Usaha”
Anda sudah berhasil membuat data usaha kosong, langkah selanjutnya adalah mengisi data yang nantinya akan digunakan untuk pencatatan pembukuan pada data usaha ini. Klik data usaha yang telah Anda buat.
Berikut tampilan pada software Accurate Online:

Baca juga: Jadikan Pembukuan Usaha Bengkel lebih Baik dengan Accurate Online
Mengisi data dan pengaturan awal
Dalam cara menggunakan Accurate Online, Anda perlu mengisi data informasi diri diawal.
Setelah Anda klik data usaha, Anda akan dibawa pada pengaturan awal.
Langkah ini adalah sebagai dasar dalam menentukan seperti apa pembukuan bisnis Anda nantinya berjalan. Tenang saja, proses ini tidak lebih dari 10 menit.
1. Info perusahaan
Pertama harus Anda lengkapi adalah info perusahaan. Isi semua kolom tersebut berdasarkan data sebenarnya, jika sudah pilih lanjut.
Lihat contoh tampilan awal Accurate Online di bawah ini :

Pada contoh di atas, level distribusi perusahaan adalah selaku produsen.
Anda bisa memilih level distribusi sesuai dengan bisnis yang Anda jalani yaitu produsen, distributor, atau retailler.
Hal ini pun berlaku saat Anda memilih bidang usaha Anda.
2. Fitur dasar
Selanjutnya adalah fitur dasar. Nantinya ini akan menentukan fitur Accurate Online apa saja yang bisa digunakan Anda pada akun Anda.
Namun jika Anda salah dalam menentukan fitur dasar, atau kebutuhan bisnis Anda telah berubah seiring perkembangan bisnis dan membutuhkan fitur lain.
Anda dapat mengubah fitur yang Anda tentukan dikemudian hari dari menu preferensi.

3. Dasar menu penjualan
Lalu Anda akan dibawa pada pemilihan kebutuhan Anda pada menu penjualan nantinya.
Ini akan menentukan fitur yang bisa Anda gunakan pada menu penjualan di akun Accurate Online Anda.
Berikut tampilan Accurate Online pengaturan menu penjualan:

Baca juga: Kumpulan Fitur Lengkap Accurate Online serta Manfaatnya bagi Bisnis
4. Dasar menu pembelian
Lalu selanjutnya adalah memilih fitur yang akan Anda dapatkan pada menu pembelian.
Sama seperti diatas, pada langkah ini Anda akan diminta untuk mengisi kolom pilihan berdasarkan kebutuhan bisnis Anda sekarang.
Berikut adalah tampilan Accurate Online pengaturan menu pembelian:

5. Dasar menu persediaan
Untuk menggunakan aplikasi Accurate Online, Anda akan memilih fitur dan metode yang digunakan oleh Anda dalam pengelolaan persediaan.
Seperti biasa, pilihlah sesuai kebutuhan bisnis Anda yang sekarang Anda jalani.
Accurate Online memiliki 2 metode perhitungan persediaan yaitu FIFO dan Average, untuk mengetahui bedanya, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

6. Pengaturan akun perkiraan
Dalam menggunakan software Accurate Online, Anda membutuhkan akun perkiraan sebagai untuk menampung nilai-nilai kas, pendapatan, persediaan, biaya, beban, dll.
Jika anda kurang memahami bagaimana mendefinisikan daftar akun perkiraan untuk perusahaan Anda, Accurate dapat membuatkannya secara otomatis dengan daftar akun perkiraan yang umum digunakan oleh kebanyakan perusahaan. Jika sudah pilih opsi “Selesai”

Baca juga: Mengenal Pelatihan Accurate: Jenis, Manfaat, dan Sertifikat
Persiapan data perusahaan
Setelah Anda berhasil mengisi itu semua, berarti Anda telah mempersiapkan fitur yang dibutuhkan dan sesuai oleh bisnis Anda.
Selanjutnya adalah melakukan persiapan data awal pada perusahaan. Contohnya adalah data pelanggan, stok barang, atau pemasok jika Anda memiliki pemasok.
Berikut adalah tampilan yang akan muncul pada Accurate Online:

1. Kas dan bank
Dalam menggunakan software Accurate Online, persiapan Kas & Bank diperlukan untuk mempersiapkan informasi data kas dan Bank Perusahaan Anda beserta saldonya. Jadi, silakan masukan satu per-satu melalui menu ini.
Anda dapat memasukkannya juga melalui menu utama Buku Besar lalu pilih Akun Perkiraan.

Baca juga : Akuntansi Manufaktur Sederhana dengan Accurate Online
2. Pemasok, pelanggan, serta barang & jasa
Anda bisa menambah pemasok, pelanggan, serta barang & jasa secara manual dan satu persatu dengan klik tombol “Buat Data” seperti gambar di bawah.
Atau Anda bisa mengunggah semua data tersebut melalui file excel sesuai format yang sudah disediakan Accurate Online tetapkan dengan klik link “impor Data”.

- Sebelum proses impor, persiapkanlah hal hal berikut:
-
- Daftar file Pemasok harus dalam bentuk file Microsoft Excel (*.xls, *.xlsx)
- Accurate menganggap baris pertama data adalah judul kolom, data baris pertama tidak akan di impor
- Gunakan karakter titik (.) untuk pemisah desimal dan format tipe tanggal dd/mm/yyyy (contoh: 15/04/2014)
- Untuk data kolom mata uang, isikan sesuai dengan kode mata uang. cth : IDR, USD, SGD
- Accurate Online hanya akan memproses 10.000 baris pertama dari file Excel yang diupload
Baca Juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan di Accurate
Video tutorial cara menggunakan Accurate Online
Selain lewat tutorial tertulis di atas, Anda juga bisa mengikuti tutorial cara set up awal Accurate Online melalui video yang sudah Kami buat di bawah ini:
Kemudahan adalah keharusan!
Setelah Anda melakukan impor data perusahaan, aartinya Anda sudah siap menggunakan Accurate Online sesuai sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.
Jika Anda merasa ada fitur yang kurang cocok atau yang Anda butuhkan tidak ada, Anda bisa mengubahnya melalui menu “Pengaturan” lalu pilih “Preferensi”.

Ayo, jadikan pembukuan bisnis lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Accurate Online dimanapun dan kapanpun.
Lupakan proses pembukuan yang menyulitkan, rawan kesalahan, dan memakan waktu. Kenapa? Karena kemudahan adalah awal pengembangan yang baik untuk setiap bisnis.
Selain kemudahan, Kami juga tidak melupakan aspek penting lainnya yaitu keamanan!
Keamanan data Anda adalah prioritas Accurate Online
Accurate Indonesia merupakan penyelenggara sistem elektronik yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Kominfo secara langsung.
Software Accurate Online menggunakan sistem enkripsi 256 yang dapat menjaga keamanan data pelanggan dengan baik.
Terlebih lagi, Kami juga memiliki Fitur 2-Factor Authentication (2FA)! Dengan fitur ini, keamanan password Anda dapat terjaga dengan lebih baik dan tidak mudah untuk diretas!
Pastikan Anda mengaktifkan Fitur 2-Factor Authentication (2FA) agar keamanan data keuangan Anda dapat terjaga secara ketat!
Baca juga: Cara Aktivasi Fitur 2FA di Accurate Online
Ingin tahu lebih dalam cara menggunakan Accurate Online atau ingin belajar Accurate dari nol? Anda bisa mencoba Accurate Online GRATIS selama 30 hari dan langsung rasakan sendiri kemudahan prakteknya! Klik banner di bawah!









