Line Item Budget: Pengertian, Komponen dan Kelebihan Menggunakannya

Line item budget adalah salah satu pendekatan untuk membantu bisnis mengembangkan rencana keuangan. Menetapkan dan menerapkan anggaran sangat penting untuk menjalankan bisnis yang sukses.

Beberapa bisnis kecil dan menengah menggunakan line item budget karena mudah dilakukan dan cepat dibuat. Dalam artikel ini, pelajari lebih lanjut tentang apa itu line item budget , komponen utam line item budget, dan keuntungan dalam menggunakannya.

Apa itu Line Item Budget?

Line item budget atau anggaran item baris adalah metode yang digunakan saat membuat dan memantau pengeluaran keuangan. Item dikelompokkan berdasarkan departemen atau biaya untuk menunjukkan area mana yang menggunakan sebagian besar dana perusahaan.

Item baris menunjukkan data keuangan tertentu untuk tujuan akuntansi, tetapi biasanya hanya digunakan untuk pelaporan pengeluaran. Ini dapat menunjukkan perbandingan informasi keuangan selama periode ekonomi masa lalu, sekarang dan masa depan.

Sistem line budgeting akan membantu bisnis memahami apakah dana masuk mereka mampu menutupi pengeluaran. Perusahaan dapat dengan mudah melihat apakah satu item akan melebihi atau berada di bawah anggaran.

Misalnya, jika bisnis memperhatikan produk tertentu yang mereka gunakan memengaruhi anggaran berimbang, mereka dapat memperhatikan item tersebut dan memantau tren untuk melihat apakah itu memengaruhi anggaran dari waktu ke waktu.

Baca juga: Marginal Analysis: Pengertian dan Contohnya dalam Bisnis

Komponen Utama Line Item Budget

Banyak usaha kecil dan menengah menggunakan line item budget karena pengeluaran mereka biasanya rendah. Ini juga sederhana untuk membuat sistem penganggaran untuk melacak pengeluaran ini.

Berikut adalah beberapa komponen kunci dari anggaran lini:

Daftar pengeluaran

Saat membuat anggaran item baris, Anda dapat menggunakan buat grup yang berjudul “Pengeluaran”. Kumpulkan kegunaan yang sebanding ke dalam kelompok, seperti bahan kantor, kompensasi karyawan, penggunaan karyawan pengembangan profesional, pemasaran dan periklanan. Setiap kategori harus berada pada jalur tersendiri dalam pengeluaran.

Menyediakan biaya tahun sebelumnya

Sangat penting untuk melihat kembali pengeluaran tahun sebelumnya. Buat bagian berjudul “Tahun Lalu” dan lacak biaya yang terjadi dalam tahun tersebut. Untuk setiap kelompok, lacak jumlah yang dilalui organisasi pada tahun keuangan itu.

Menyediakan biaya tahun ini

Membandingkan pengeluaran dari tahun ke tahun membantu dalam membuat dan menyesuaikan anggaran. Buat daftar berjudul “Tahun Sekarang” dan lacak semua pengeluaran saat ini.

Referensi apa yang digunakan organisasi untuk pengeluaran di tahun sebelumnya dan analisis pengeluaran tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya di setiap kelompok yang dianggarkan. Tetapkan apakah tepat untuk mendistribusikan lebih banyak atau lebih sedikit dana di setiap bagian untuk pengeluaran berdasarkan informasi tersebut.

Dokumentasikan jumlah yang dianggarkan saat ini untuk setiap baris yang dikelompokkan. Untuk mencatat biaya sepanjang tahun, buat bagian untuk setiap bulan. Setelah Januari, atau kapan pun tahun keuangan Anda dimulai, hitung semua yang telah dilalui organisasi di setiap segmen dan posting di setiap bagian. Siapkan proses yang sama untuk setiap bulan.

Baca juga: Net Profitability Ratio: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Keuntungan Menggunakan Line Item Budget

Line item budget menawarkan banyak keuntungan bagi bisnis, terutama karena Anda tidak perlu memiliki latar belakang keuangan untuk memahami cara menggunakan dan membacanya. Penganggaran item baris menawarkan kepada pengambil keputusan pendekatan penganggaran yang mudah dan terarah.

Pengambil keputusan anggaran dapat memanfaatkan anggaran item baris untuk membentuk pilihan keuangan tertentu, seperti mengubah tingkat pendanaan berdasarkan pasokan uang untuk menjalankan bisnis dengan sukses atau dengan melakukan pemotongan biaya berdasarkan perubahan dalam penganggaran atau kebijakan organisasi.

Berikut adalah beberapa keuntungan dari anggaran item baris:

Mudah dikembangkan

Manfaat anggaran item baris adalah relatif mudah dikembangkan. Bisnis tidak harus bergantung pada departemen keuangan atau kantor akuntan untuk memahami pengeluaran yang dimiliki perusahaan.

Bisnis dapat meminta departemen untuk merumuskan pengeluaran mereka dengan menggunakan anggaran item lini mereka sendiri.

Misalnya, di departemen sumber daya manusia, mereka menghitung biaya untuk manfaat bagi karyawan. Manajer kantor dapat membuat anggaran item baris untuk perlengkapan kantor seperti kertas dan pena.

Profesional pemasaran dapat memiliki anggaran item baris pengeluaran yang berhubungan dengan sponsorship dan periklanan. Setiap departemen dapat melihat pengeluaran setiap bulan dan melihat dana yang dihabiskan untuk setiap item baris.

Sederhana untuk mencari tahu dan menafsirkan

Salah satu alasan anggaran item baris sering digunakan, terutama bagi mereka yang tidak berpengalaman dengan latar belakang keuangan, adalah karena relatif mudah untuk dipahami dan ditafsirkan.

Sepanjang tahun, Anda akan dapat melihat jumlah uang yang telah Anda gunakan dari anggaran untuk setiap item baris, dan memperkirakan apakah Anda akan tetap pada anggaran, memiliki surplus atau beroperasi pada defisit.

Misalnya, Molly tidak memiliki pengalaman dengan keuangan. Manajernya telah memintanya untuk mencatat pengeluaran. Karena mudah untuk mengatur item baris ke dalam kategori, dia dapat melacak biaya untuk memastikan semuanya dicatat dengan benar dan dia dapat dengan mudah melihat bagaimana anggaran departemen terbentuk sebelumnya.

Baca juga: Manajemen Modal Kerja: Pengertian, Konsep dan Cara Menghitungnya

Alokasikan biaya

Setiap unit organisasi merinci biaya dan mendistribusikan jumlah yang tepat untuk setiap biaya. Bisnis menggunakan anggaran dari periode keuangan akhir untuk membuat anggaran untuk periode fiskal berikutnya.

Mereka dapat mengubah biaya untuk memperhitungkan perbedaan berulang, kontras reguler dan rencana inflasi. Seiring berjalannya waktu, anggaran item baris menyediakan bisnis dengan data faktual yang menggambarkan pola dan celah untuk dana dan sumber daya cadangan.

Misalnya, perusahaan konstruksi dengan biaya tenaga kerja yang lebih tinggi selama bulan-bulan musim semi dan musim panas dapat memanfaatkan informasi dari anggaran item baris untuk menemukan cara memotong biaya tenaga kerja pada waktu yang tidak terlalu sibuk dalam setahun.

Rencanakan masa depan

nda akan dapat melihat ke depan untuk masa depan keuangan dengan menganalisis pengeluaran Anda saat ini dengan pengeluaran tahun lalu untuk setiap item baris dan memperbesar atau mengurangi dana untuk setiap bagian dari kursus apa yang Anda lihat perusahaan berjalan dengan keuangan untuk masa depan tahun fiskal.

Memeriksa keuangan item baris mudah dilakukan karena sangat jelas. Setiap biaya ditempatkan dan dijelaskan secara berurutan oleh setiap baris.

Misalnya, Jonathan adalah seorang manajer pemasaran dan dia telah diminta oleh bosnya untuk memeriksa anggaran item barisnya untuk menentukan apakah anggaran pemasaran yang dia butuhkan untuk tahun depan dan apakah dia perlu meningkatkannya untuk tahun fiskal yang akan datang.

Dengan melihat item baris di kolom masing-masing setiap tahun, ia dapat membandingkan pengeluaran tahun sebelumnya dan sekarang. Manajer pemasaran dapat dengan mudah melihat apakah anggarannya akan menutupi biaya prospektif dan itu dapat membantunya merencanakan inisiatif pemasaran atau inflasi untuk tahun mendatang.

Baca juga: Biaya Eksplisit: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Perbedaannya dengan Biaya Implisit

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang line item budget, komponen, dan kelebihan dalam menggunakan proses penganggaran line item budget. Seperti yang kita ketahui, proses penganggaran dalam sebuah bisnis adalah hal penting untuk memastikan seluruh dana yang disiapkan sesuai dengan perencanaan operasi yang terjadwal.

Untuk kemudahan pengelolaan penganggaran dalam bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur anggaran dan fitur pembukuan lainnya yang akan memudahkan proses pengelolaan keuangan bisnis lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 3o hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

 

Lala

Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.