Pendapatan Penjualan: Pengertian dan Contohnya dalam Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi bisnis memberikan informasi berharga tentang keuntungan, kerugian, dan kesehatan perusahaan secara keseluruhan. Pendapatan penjualan adalah komponen penting dari laporan laba rugi. Namun, mengidentifikasi pendapatan mana yang harus dimasukkan dalam perhitungan pendapatan penjualan dapat membingungkan.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu pendapatan penjualan dan bagaimana mencantumkannya dengan tepat pada laporan laba rugi lengkap dengan contohnya.

Apa itu Pendapatan Penjualan?

Pendapatan penjualan atau sales revenue adalah uang yang diperoleh perusahaan dari menjual barang dan jasanya kepada pelanggan. Kata “penjualan” dan “pendapatan” digunakan secara bergantian oleh banyak perusahaan, tetapi penting untuk memahami perbedaan antara pendapatan dan pendapatan penjualan.

Pendapatan

Juga disebut pendapatan keseluruhan, pendapatan total atau pendapatan lain, pendapatan adalah total pendapatan yang diperoleh perusahaan. Pendapatan penjualan adalah bagian dari pendapatan.

Sumber pendapatan lain dapat mencakup bunga dari rekening bank, pendapatan investasi, atau sumber pendapatan lain yang tidak terkait dengan penjualan barang atau jasa.

Pendapatan penjualan

Terkadang hanya disebut penjualan, pendapatan penjualan atau sales revenue adalah pendapatan yang diperoleh perusahaan secara eksklusif dari penjualan barang atau jasa. Itu tidak termasuk sumber pendapatan yang berasal dari apa pun selain penjualan.

Semua penjualan adalah pendapatan, tetapi tidak semua pendapatan adalah penjualan. Pendapatan hampir selalu lebih tinggi daripada pendapatan penjualan karena berbagai sumbernya.

Pendapatan penjualan mengacu pada jumlah pendapatan dari barang dan jasa sebelum dikurangi biaya apapun. Hal ini umumnya dihitung selama periode yang konsisten, seperti kuartal keuangan atau tahun.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk membandingkan sales revenue dari waktu ke waktu, seperti dari kuartal ke kuartal atau dari tahun ke tahun.

Sales revenue dilaporkan pada dokumen keuangan yang disebut laporan laba rugi. Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menggambarkan pendapatan, kerugian, dan pengeluaran perusahaan.

Laporan laba rugi juga sering disebut sebagai laporan pendapatan. Laporan laba rugi berguna untuk berbagai stakeholder, karena dapat membantu pemilik dan manajer bisnis membuat keputusan penting tentang anggaran dan tujuan keuangan sambil juga memberikan informasi kepada investor atau pemegang saham tentang keuntungan dan pertumbuhan perusahaan.

Pendapatan penjualan umumnya terdaftar di baris atas laporan laba rugi. Istilah “pertumbuhan top-line” mengacu pada peningkatan sales revenue dari laporan laba rugi sebelumnya.

Istilah “bottom line” mengacu pada laba bersih, atau keseluruhan laba yang diperoleh perusahaan setelah dikurangi biaya dan kerugian. Laba bersih tercantum di bagian paling bawah dari laporan laba rugi.

Di antara sales revenue dan laba bersih adalah garis yang menunjukkan bentuk pendapatan lain serta beban dan kerugian. Semua angka di atas garis bawah digunakan untuk menghitung laba bersih.

Baca juga: Menggunakan Run Rate untuk Perkiraan Keuangan yang Akurat

Bagaimana Membuat Daftar Pendapatan Penjualan pada Laporan Laba Rugi

Sales revenue harus dicantumkan pada setiap laporan laba rugi bersama dengan angka keuangan penting lainnya.

Laporan laba rugi dapat disusun sebagai laporan laba rugi single step di mana ada satu kategori untuk pendapatan dan satu kategori untuk pengeluaran, atau mereka dapat disusun sebagai laporan laba rugi multiple step di mana pendapatan dan pengeluaran diatur berdasarkan akun pengeluaran.

Berikut adalah cara menyusun laporan laba rugi satu langkah dengan sebuah contoh:

1. Sertakan judul deskriptif

Judul Anda harus menyertakan nama bisnis Anda, judul dokumen, dan periode cakupan laporan laba rugi. Ini memudahkan pembaca untuk mengetahui apa yang mereka baca dengan cepat. Jika pernyataan Anda memiliki lebih dari satu halaman, Anda dapat menambahkan header ke setiap halaman baru.

Contoh:

Butik Eleanor
Laporan laba rugi
Untuk Tahun yang Berakhir 31 Desember 2020

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan Bersih? Berikut Rumus & Contohnya

2. Hitung pendapatan

Kategori ini akan mencantumkan sales revenue Anda dan aliran pendapatan lainnya yang mungkin dimiliki bisnis. Anda dapat menulis bagian pendapatan Anda dengan baris “pendapatan penjualan” dan “pendapatan lain” atau merinci pendapatan Anda secara lebih spesifik tergantung pada kebutuhan Anda dan audiens untuk laporan pendapatan Anda.

Misalnya, laporan laba rugi yang digunakan untuk karyawan internal dapat memberikan perincian khusus untuk produk atau biaya untuk membantu menginformasikan pembuatan anggaran.

Laporan laba rugi untuk manajer pembelian kemungkinan akan mencakup setiap persediaan dan biaya barang dagangan tertentu sehingga mereka dapat melihat di mana mereka dapat mengurangi anggaran mereka. Laporan laba rugi yang digunakan untuk pemangku kepentingan lain, seperti anggota dewan, bisa lebih umum sehingga lebih mudah dibaca.

Contoh:

Pendapatan

  • Pendapatan penjualan: 47.000.000
  • Pendapatan lainnya: 2.871.000
  • Total pendapatan: 49.871.000

Baca juga: Apa itu Net Cash Flow dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

3. Hitung pengeluaran

Seperti kategori pendapatan, Anda dapat memilih cara spesifik untuk merinci pengeluaran Anda. Seperti di atas, perincian pengeluaran mungkin bergantung pada audiens yang Anda tuliskan laporan laba ruginya. Sebagai contoh:

Pengeluaran

  • Barang dagangan: 19.000.000
  • Gaji: 3.000.000
  • Perlengkapan: 500.000
  • Sewa: 1.000.000
  • Utilitas: 500.000
  • Total pengeluaran: 24.000.000

4. Temukan laba bersih

Laba bersih adalah total pendapatan yang diperoleh setelah dikurangi semua biaya. Ini biasanya nomor yang paling penting pada laporan laba rugi. Ini menunjukkan jumlah uang riil yang diperoleh setelah semua aliran pendapatan, kerugian, dan biaya diperhitungkan.

Ketika akuntan, analis keuangan, dan eksekutif memahami laba bersih, mereka dapat merencanakan masa depan, termasuk meningkatkan pendapatan penjualan. Kurangi total biaya dari total pendapatan untuk menghitung laba bersih.

Contoh:

  • Total pendapatan: 49.871.000
  • Total pengeluaran: 24,000.000
  • Laba bersih: 25.871.0000

Dengan menggunakan contoh angka dari Eleanor’s Boutique, perusahaan memperoleh total pendapatan $49.871 tetapi memiliki total biaya 24.000.000. Dengan mengurangkan 24.000.000 dari 49.871.000, Anda dapat melihat Eleanor’s Boutique memiliki laba bersih $25.871.

Contoh Daftar Pendapatan Penjualan pada Laporan Laba Rugi

Berikut adalah contoh pendapatan penjualan pada laporan laba rugi tiga tahun:

pendapatan penjualan

Baca juga: Biaya Operasional: Pengertian, Jenis dan Contohnya dalam Neraca Keuangan

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap pendapatan penjualan dan cara menghitungnya dalam laporan laba rugi. Menghitung setiap transaksi penjualan adalah hal penting bagi Anda pemilik bisnis untuk memastikan keuntungan yang Anda dapatkan. Jika Anda kesulitan dalam melakukan pencatatan penjualan secara manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses pencatatan yang lebih mudah dan praktis.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Hanya dengan 200 ribu perbulan, Anda bisa mendapatkan semua fitur terlengkap seperti pencatatan pembukuan, manajemen stok dan multi gudang, pencatatan payroll dan karyawan, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi apalagi yang Anda ragukan? Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-