10 Cara Melakukan Analisis Akuntansi dan Tahapannya

oleh | Nov 27, 2023

source envato.

10 Cara Melakukan Analisis Akuntansi dan Tahapannya

Dalam era globalisasi ini, peran analisis akuntansi menjadi semakin krusial dalam menghadapi dinamika bisnis yang terus berkembang. Sebagai suatu disiplin ilmu yang menuntut ketelitian dan keakuratan, analisis akuntansi menjadi landasan utama bagi keberlanjutan dan pertumbuhan suatu entitas bisnis.

Dalam tulisan ini, kita akan mempelajari bersama secara mendalam mengenai konsep analisis akuntansi serta signifikansinya dalam konteks keuangan perusahaan. Melalui pendekatan gaya bahasa formal, kita akan menjelajahi peran penting analisis akuntansi dalam mendukung pengambilan keputusan yang cerdas dan strategis.

Mari kita simak dengan seksama bagaimana analisis akuntansi mampu menjadi instrumen yang efektif dalam mengoptimalkan kinerja keuangan suatu entitas.

Pengertian Analisis Akuntansi

Pengertian Analisis Akuntansi

ilustrasi analisis akuntansi. source envato

Dijelaskan dalam laman Investopedia, account analysis atau analisis akuntansi adalah suatu proses kritis yang dilakukan terhadap informasi keuangan suatu entitas untuk memahami, mengevaluasi, dan menginterpretasi kondisi keuangan serta kinerja bisnisnya.

Tujuan utama dari account analysis adalah menyediakan wawasan mendalam kepada para pemangku kepentingan, seperti manajemen, investor, kreditur, dan pihak-pihak terkait lainnya, mengenai aspek-aspek ekonomi dan keuangan yang relevan.

Proses analisis akuntansi melibatkan pemahaman terhadap laporan keuangan, seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Selain itu, analisis juga mencakup interpretasi atas kebijakan akuntansi yang diterapkan oleh suatu entitas, pengidentifikasian tren keuangan, penilaian risiko keuangan, serta perbandingan kinerja keuangan dengan standar industri atau benchmark yang relevan.

Dengan kata lain, account analysis tidak hanya berkutat pada angka-angka finansial semata, tetapi juga melibatkan interpretasi kontekstual dan evaluasi mendalam terhadap kondisi bisnis.

Dengan pemahaman yang matang terhadap account analysis, pemangku kepentingan dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan mendukung pertumbuhan serta keberlanjutan bisnis.

Baca juga: Pengertian Akuntansi Bisnis dan 7 Ruang Lingkupnya

Manfaat Analisis Akuntansi

Manfaat Analisis Akuntansi

ilustrasi account analysis. source envato

Analisis akuntansi memberikan berbagai manfaat yang signifikan bagi suatu entitas bisnis maupun para pemangku kepentingan yang terlibat. Beberapa manfaat utama dari account analysis antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memahami Kondisi Keuangan

Analisis akuntansi membantu dalam memahami kondisi keuangan suatu entitas dengan melibatkan evaluasi terhadap laporan keuangan. Ini memberikan wawasan tentang aset, kewajiban, dan ekuitas, serta kinerja finansial secara keseluruhan.

2. Pendukung Pengambilan Keputusan

Para manajer dan pemimpin bisnis dapat menggunakan hasil account analysis sebagai dasar untuk pengambilan keputusan strategis. Informasi yang diperoleh melalui analisis ini membantu dalam perencanaan keuangan, alokasi sumber daya, dan identifikasi peluang atau risiko bisnis.

3. Evaluasi Kinerja Bisnis

Analisis akuntansi memungkinkan perbandingan kinerja keuangan dari waktu ke waktu, memungkinkan entitas untuk mengevaluasi efektivitas strategi bisnisnya. Hal ini membantu dalam mengidentifikasi tren, kelemahan, atau keunggulan yang perlu diperhatikan.

4. Pertanggungjawaban Terhadap Pihak Ketiga

Laporan keuangan yang dihasilkan melalui account analysis memberikan gambaran yang transparan kepada pihak-pihak eksternal, seperti investor, kreditur, dan regulator. Hal ini meningkatkan tingkat kepercayaan dan pertanggungjawaban terhadap entitas bisnis.

5. Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

Analisis akuntansi membantu dalam perencanaan keuangan jangka panjang dengan memproyeksikan kinerja keuangan masa depan berdasarkan tren historis. Ini dapat digunakan sebagai dasar untuk perencanaan investasi dan pertumbuhan bisnis.

6. Penilaian Risiko Keuangan

Dengan menganalisis rasio keuangan dan faktor risiko lainnya, account analysis membantu entitas untuk mengidentifikasi potensi risiko keuangan dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

7. Penilaian Kelayakan Investasi

Bagi investor, account analysis memberikan informasi yang diperlukan untuk menilai kelayakan investasi dalam suatu entitas. Ini termasuk evaluasi potensi pengembalian investasi dan tingkat risiko yang terkait.

Secara keseluruhan, analisis akuntansi bukan hanya sekadar alat untuk merekam transaksi keuangan, tetapi juga merupakan instrumen vital dalam mengelola, mengoptimalkan, dan mengarahkan kebijakan bisnis menuju keberhasilan jangka panjang.

Baca juga: Biaya Dibayar Dimuka: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Jurnalnya

Cara Melakukan Analisis Akuntansi

Cara Melakukan Analisis Akuntansi

ilustrasi analisis akuntansi. source envato

Proses analisis akuntansi melibatkan beberapa langkah sistematis untuk memahami dan mengevaluasi informasi keuangan suatu entitas. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam melakukan analisis akuntansi:

1. Pemahaman Laporan Keuangan

Bacalah dengan seksama laporan keuangan Anda, termasuk neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Pahamilah kebijakan akuntansi yang diterapkan, seperti metode penyusutan dan pengakuan pendapatan.

2. Identifikasi Komponen Utama

Identifikasi dan analisis komponen utama laporan keuangan, seperti aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan biaya.

3. Rasio Keuangan

Hitung rasio keuangan seperti rasio likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, dan aktivitas. Rasio ini memberikan gambaran tentang kesehatan finansial entitas.

4. Tren dan Perbandingan

Analisis tren kinerja keuangan dari periode ke periode untuk mengidentifikasi perubahan atau pola yang signifikan. Bandingkan kinerja keuangan dengan standar industri atau pesaing untuk menilai posisi relatif entitas.

5. Evaluasi Kebijakan Akuntansi

Tinjau kebijakan akuntansi yang diterapkan dan evaluasi dampaknya terhadap laporan keuangan. Pahami pengaruh perubahan kebijakan akuntansi terhadap hasil keuangan.

6. Analisis Cash Flow

Periksa laporan arus kas untuk memahami sumber dan penggunaan kas entitas. Evaluasi kemampuan entitas untuk menghasilkan arus kas bersih positif.

7. Identifikasi Risiko Keuangan

Tinjau faktor-faktor risiko keuangan yang mungkin memengaruhi entitas. Identifikasi langkah-langkah mitigasi risiko yang telah diambil atau yang dapat diambil.

8. Proyeksi Keuangan

Proyeksikan kinerja keuangan masa depan berdasarkan tren historis dan asumsi yang masuk akal. Evaluasi implikasi strategis dari proyeksi keuangan.

9. Konsultasi dengan Profesional Akuntansi

Dalam kasus kompleks atau ketidakpastian, konsultasikan dengan profesional akuntansi untuk memastikan analisis yang akurat dan komprehensif.

10. Penyusunan Laporan Analisis

Sajikan hasil analisis dalam laporan yang sistematis dan mudah dimengerti. Sertakan temuan kunci, rekomendasi, dan langkah-langkah strategis yang mungkin diambil.

Dengan melibatkan langkah-langkah ini, account analysis dapat memberikan wawasan yang mendalam dan relevan untuk mendukung pengambilan keputusan yang informasional dan strategis.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, analisis akuntansi adalah suatu proses yang krusial dalam memahami dan mengevaluasi informasi keuangan suatu entitas.

Dengan memerhatikan laporan keuangan, mengidentifikasi tren, menghitung rasio keuangan, dan memahami kebijakan akuntansi, kita dapat menggali wawasan mendalam tentang kesehatan finansial dan kinerja bisnis. Manfaat dari analisis ini meliputi pemahaman kondisi keuangan, pendukung pengambilan keputusan, evaluasi kinerja bisnis, serta penilaian risiko keuangan.

Dalam menghadapi dinamika bisnis yang terus berkembang, analisis akuntansi tidak hanya menjadi tugas rutin akuntan, tetapi juga merupakan instrumen strategis bagi manajer, investor, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Dengan pemahaman yang matang terhadap account analysis, entitas bisnis dapat membuat keputusan yang cerdas, mengelola risiko dengan efektif, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, penting bagi setiap entitas untuk menjalankan proses account analysis secara sistematis dan menyeluruh guna mendukung kesuksesan jangka panjang.

Nah, untuk lebih mudah lagi dalam melakukan analisis akuntansi, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi berbasis website ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda dalam melakukan analisis akuntansi.

Lebih dari itu, Accurate Online juga akan membantu Anda dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan yang bersifat administratif. Dengan begitu, Anda bisa lebih efektif dalam mengelola bisnis dan mengembangkan bisnis secara lebih maju.

Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

14 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait