Income Summary: Pengertian, Manfaat dan Cara Menghitungnya

oleh | Okt 25, 2023

source envato.

Income Summary: Pengertian, Manfaat dan Cara Menghitungnya

Laporan keuangan merupakan alat yang vital dalam mengukur kesehatan finansial suatu perusahaan. Dalam konteks ini, salah satu elemen yang memegang peranan penting adalah “income summary,” atau yang dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai “Ringkasan Pendapatan.”

Income summary merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan yang menggambarkan hasil operasional dan keuntungan bersih yang diperoleh selama periode tertentu.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai pengertian dan pentingnya Income summary dalam laporan keuangan. Selain itu, kita juga akan melihat bagaimana komponen ini memengaruhi pemahaman kita tentang performa finansial suatu perusahaan, serta bagaimana hal tersebut dapat digunakan oleh para pengambil keputusan untuk mengambil tindakan yang tepat.

Melalui pemahaman yang mendalam tentang income summary, kita dapat memahami lebih baik bagaimana perusahaan menghasilkan pendapatan, mengelola biaya, dan akhirnya mencapai keuntungan bersih. Dengan pemahaman ini, kita dapat menjadi lebih bijak dalam membuat keputusan investasi, strategi bisnis, dan pengelolaan keuangan secara keseluruhan.

Pengertian Income Summary

Pengertian Income Summary

ilustrasi income summary. source envato

Berdasarkan laman accounting tools, income summary, atau dalam bahasa Indonesia-nya sering disebut sebagai “Ringkasan Pendapatan,” adalah sebuah akun sementara dalam sistem akuntansi yang digunakan untuk mengumpulkan seluruh pendapatan dan biaya sementara selama periode akuntansi tertentu.

Akun ini memiliki peran penting dalam proses penutupan buku (closing) setiap periode akuntansi, seperti bulan atau tahun, dan digunakan untuk mentransfer saldo keuntungan bersih (atau kerugian) ke dalam modal pemilik atau ekuitas perusahaan.

Fungsi utama dari menghitung ringkasan pendapatan adalah sebagai berikut:

1. Mengumpulkan Pendapatan

Income summary digunakan untuk mengumpulkan semua pendapatan yang diperoleh selama periode akuntansi, termasuk penjualan produk atau jasa, bunga, dividen, dan sumber pendapatan lainnya.

2. Mengumpulkan Biaya

Selain pendapatan, ringkasan pendapatan juga digunakan untuk mengumpulkan semua biaya dan pengeluaran sementara selama periode akuntansi, seperti biaya operasional, biaya bunga, biaya pajak, dan biaya lainnya.

3. Menghitung Keuntungan Bersih (atau Kerugian)

Setelah pendapatan dan biaya dikumpulkan, ringkasan pendapatan menghitung selisih antara pendapatan dan biaya tersebut. Jika pendapatan lebih besar daripada biaya, maka akan dihasilkan keuntungan bersih; jika biaya lebih besar, maka akan ada kerugian bersih.

4. Penutupan Buku

Setelah menghitung keuntungan bersih atau kerugian bersih, saldo ringkasan pendapatan akan digunakan untuk menutup buku atau menyelesaikan periode akuntansi. Selanjutnya, saldo dari ringkasan pendapatan akan ditransfer ke dalam akun Modal Pemilik atau Ekuitas Perusahaan, sehingga mencerminkan perubahan ekuitas pemilik yang disebabkan oleh hasil operasional selama periode tersebut.

Income summary adalah bagian penting dari proses akuntansi yang membantu perusahaan mengikuti prinsip-prinsip akuntansi dan menghasilkan laporan keuangan yang akurat.

Dengan demikian, pemahaman yang baik tentang ringkasan pendapatan sangat diperlukan dalam analisis keuangan dan pengambilan keputusan bisnis.

Baca juga: Pengertian Invoice dan Cara juga Tips Membuat Invoice yang Tepat

Manfaat Income Summary

Manfaat Income Summary

ilustrasi income summary. source envato

Income summary memiliki manfaat yang penting dalam akuntansi dan analisis keuangan perusahaan. Beberapa manfaat utama dari penggunaan income summary adalah sebagai berikut:

1. Penutupan Buku yang Tepat

Income summary membantu oerusahaan dalam menutup buku secara akurat pada akhir setiap periode akuntansi, seperti bulan atau tahun. Sehingga akan memastikan bahwa semua pendapatan dan biaya selama periode tersebut telah dicatat dengan benar sebelum memulai periode baru.

Hal ini sangat penting untuk mematuhi prinsip-prinsip akuntansi dan menghasilkan laporan keuangan yang akurat.

2. Pemisahan Pendapatan dan Biaya

Income summary memungkinkan perusahaan untuk memisahkan pendapatan dari biaya dengan jelas. Sehingga akan membantu dalam menilai apakah perusahaan telah berhasil menghasilkan laba bersih selama periode tersebut atau mengalami kerugian.

3. Mengukur Kinerja Keuangan

Dengan memeriksa saldo akhir dari ringkasan pendapatan, perusahaan dapat menilai kinerja keuangan mereka selama periode tertentu. Sehingga akan memberikan gambaran tentang seberapa efisien perusahaan dalam mengelola pendapatan dan biayanya.

4. Perencanaan Keuangan

Informasi yang dihasilkan dari ringkasan pendapatan dapat digunakan untuk perencanaan keuangan. Perusahaan dapat menggunakan data ini untuk membuat anggaran dan rencana keuangan yang lebih akurat untuk periode berikutnya.

5. Pelaporan Keuangan yang Akurat

Income summary adalah komponen penting dalam menyusun laporan keuangan seperti Laporan Laba Rugi dan Laporan Perubahan Ekuitas Pemilik. Dengan menyediakan informasi yang tepat tentang pendapatan, biaya, dan keuntungan bersih, ringkasan pendapatan membantu dalam menyusun laporan-laporan ini dengan akurat.

6. Evaluasi Kinerja Bisnis

Bagi para pemangku kepentingan, seperti pemilik, investor, dan kreditur, informasi dari ringkasan pendapatan akan membantu mereka dalam mengevaluasi kinerja bisnis. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk membuat keputusan investasi dan kredit yang lebih baik.

7. Pengambilan Keputusan yang Tepat

Manajemen perusahaan dapat menggunakan informasi dari income summary untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Misalnya, jika mereka melihat bahwa biaya terlalu tinggi dibandingkan dengan pendapatan, mereka dapat mengambil tindakan koreksi yang diperlukan.

Secara keseluruhan, ringkasan pendapatan adalah alat yang penting dalam akuntansi yang membantu perusahaan menjalankan proses akuntansi dengan benar, menyediakan informasi penting tentang kinerja finansial, dan mendukung pengambilan keputusan yang bijaksana dalam konteks keuangan perusahaan.

Baca juga: Shareholder Value Added: Pengertian, Manfaat dan Cara Mudah Menerapkannya

Cara Menghitung Income summary

Cara Menghitung Income summary

ilustrasi income summary. source envato

Untuk menghitung Income summary, Anda perlu mengikuti serangkaian langkah-langkah yang melibatkan pendapatan dan biaya selama periode akuntansi tertentu. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menghitung income summary:

1. Kumpulkan Pendapatan

Pertama-tama, lakukanlah identifikasi dan kumpulkan semua pendapatan yang diperoleh selama periode akuntansi tersebut, termasuk pendapatan dari penjualan produk atau jasa, bunga, dividen, atau sumber pendapatan lainnya. Jumlahkan semua pendapatan tersebut.

2. Kumpulkan Biaya

Selanjutnya, identifikasi dan kumpulkanlah semua biaya dan pengeluaran yang terjadi selama periode akuntansi tersebut. Biaya ini dapat mencakup biaya operasional, biaya bunga, biaya pajak, gaji karyawan, dan biaya lainnya. Jumlahkan semua biaya tersebut dengan tepat.

3. Hitung Keuntungan Bersih (atau Kerugian)

Selisihkan total pendapatan dengan total biaya. Jika total pendapatan lebih besar daripada total biaya, maka Anda memiliki keuntungan bersih. Jika total biaya lebih besar daripada total pendapatan, maka Anda memiliki kerugian bersih. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung keuntungan bersih:

Keuntungan Bersih = Total Pendapatan – Total Biaya

4. Transfer Saldo ke Income Summary

Saldo keuntungan bersih atau kerugian bersih yang dihitung pada langkah sebelumnya akan ditransfer ke akun ringkasan pendapatan sebagai penyesuaian sementara. Jika Anda memiliki keuntungan bersih, Anda akan mendebet income summary. Jika Anda memiliki kerugian bersih, Anda akan mengkredit income summary.

5. Transfer dari Income Summary ke Modal Pemilik

Setelah Anda memindahkan saldo keuntungan bersih atau kerugian bersih ke dalam akun income summary, langkah terakhir adalah mentransfer saldo ini ke dalam akun Modal Pemilik atau Ekuitas Pemilik.

Jika Anda memiliki keuntungan bersih, Anda akan mengkredit income summary dan mendebet Modal Pemilik. Jika Anda memiliki kerugian bersih, Anda akan mendebet income summary dan mengkredit Modal Pemilik.

Dengan langkah-langkah ini, Anda akan memiliki akun income summary yang mencerminkan hasil operasional perusahaan selama periode akuntansi tertentu.

Ringkasan pendapatan adalah akun sementara yang akan membantu Anda menutup buku dengan benar pada akhir periode dan memindahkan keuntungan bersih atau kerugian bersih ke dalam Modal Pemilik atau Ekuitas Pemilik dalam laporan keuangan.

Pastikan untuk mematuhi prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku dan mengikuti prosedur internal perusahaan Anda.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Penutup

Jadi, perlu digaris bawahi bahwa income summary adalah elemen penting dalam proses akuntansi yang membantu perusahaan dalam mencatat dan melacak pendapatan, biaya, dan keuntungan bersih selama periode akuntansi tertentu. Dengan pemahaman yang baik tentang income summary, perusahaan dapat:

  • Melakukan penutupan buku dengan benar, mematuhi prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku, dan menyusun laporan keuangan yang akurat.
  • Mengukur kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik, memantau apakah perusahaan sudah mencapai keuntungan bersih atau mengalami kerugian.
  • Mendukung pengambilan keputusan bisnis yang bijaksana berdasarkan analisis kinerja finansial.
  • Merencanakan keuangan untuk masa depan dengan lebih tepat.

Perlu digaris bawahi juga bahwa ringkasan pendapatan adalah akun sementara yang hanya digunakan selama proses penutupan buku.

Setelah penutupan buku selesai, saldo dari income summary akan ditransfer ke dalam Modal Pemilik atau Ekuitas Pemilik, mencerminkan perubahan ekuitas pemilik yang dihasilkan oleh operasi bisnis selama periode tersebut.

Dengan demikian, ringkasan pendapatan adalah alat yang penting dalam menjalankan proses akuntansi yang tepat dan membantu perusahaan dalam mengelola keuangan mereka dengan efisien serta membuat keputusan bisnis yang informasional.

Namun, bila Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan proses akuntansi atau kesulitan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi bisnis ini, seluruh proses administratif terkait akuntansi akan diproses secara otomatis dengan waktu yang cepat. Sehingga, Anda bisa lebih menghemat banyak waktu dan bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

Penasaran? Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung menggunakan Accurate Online selama 30 hari, Gratis.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

13 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait