Kinerja Keuangan: Pengertian, Penilaian Dan Fungsinya Bagi Sebuah Bisnis

Kinerja keuangan merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah dunia usaha terkait perusahaan, baik bagi internal maupun eksternal. Dalam membahas sebuah penilaian tentang kinerja suatu perusahaan maka, laporan tentang keuangan menjadi salah satu kunci yang tidak dapat dilupakan. 

Keuangan sebuah perusahaan menjadi tolok ukur bagaimana suatu perusahaan dapat bertahan kedepannya. Seluruh data mengenai keuangan akan dihadirkan dalam sebuah laporan kinerja. Mulai dari uang masuk dan laporan uang keluar. Sehingga seluruh pergerakan keuangan dapat dipantau dengan jelas.

Pengertian Laporan Kinerja Tentang Keuangan

Dalam sebuah arti bahasa Inggris istilah penilaian kerap disebut sebagai performance appraisal. Dimana dalam sebuah kajian tertentu terdapat penilaian secara system terhadap suatu kinerja. 

Jika melihat arti dari kinerja sendiri, maka arti dari kinerja keuangan adalah sebuah laporan mengenai kajian keuangan suatu perusahaan yang didapatkan dalam sebuah periode tertentu dengan maksud untuk mengetahui alur keuangan sebuah perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan evaluasi terkait keuangan sangat penting untuk terus dilakukan. Sebut saja bahwa laporan keuangan ini nantinya akan dapat memprediksi sebuah perusahaan mampu atau tidaknya bertahan menghadapi era selanjutnya. 

Karena bukan tanpa sebab mengapa laporan keuangan sangat penting untuk diketahui. Jika sebuah perusahaan mengalami minus dalam data finansial tentu saja resiko mengalami pailit akan sangat besar dan nasib seluruh karyawan akan menjadi taruhannya.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Pengukuran Keuangan

Dalam prosesnya, pengukuran mengenai laporan keuangan akan sangat erat dengan penilaian kinerja. Dengan adanya performing measurement atau kerap disebut sebagai pengukuran kinerja maka sebuah perusahaan dapat dilihat kualifikasi serta efektifitasnya.

Tidak hanya itu, dengan mengetahui pengukuran kinerja terlebih dahulu maka sebuah perusahaan dapat mengukur sejauh mana sebuah perusahaan dapat beroperasi secara penuh.

Kemudian setelah mengetahui pengukurannya maka sebuah perusahaan dapat melakukan penilaian kinerja sebuah perusahaan dalam segi keuangan. Jadi untuk melakukan penilaian maka langkah awal adalah dengan mengetahui pengukurannya terlebih dahulu.

Semua hal tersebut merupakan standarisasi sebuah perusahaan guna menetapkan sebuah sasaran, kriteria dan target yang akan ditentukan.

Setelah tahu ukuran sebuah perusahaan maka, perusahaan tersebut dapat melakukan perbaikan atas segala operasional perusahaan terutama pada segi keuangan yang kerap menjadi momok dalam membangun sebuah mitra bisnis.

Pengukuran serta penilaian keuangan perusahaan juga menjadi titik awal dalam perusahaan melakukan perbaikan. Dengan begitu perusahaan dapat meningkatkan efektivitasnya dalam operasional sehingga dapat bersaing dengan perusahaan kompetitornya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya competitor tidak bisa dihindari. Hal ini juga memberikan keuntungan serta tantangan. Keuntungannya adalah perusahaan dapat mematok standar serta tingkat stabilitas yang harus diraih, tantangannya adalah jelas: Anda harus lebih baik dari kompetitor.

Jika sebuah perusahan mendapat kesulitan dalam menjalankan operasionalnya guna menyeimbangi atau melebihi kompetitornya maka hal tersebut akan menjadi masalah yang cukup krusial.

Karena hadirnya lompetitor adalh sebagai pesaing yang seaktu-waktu dapat mengancam bisnis jika tidak dapat bersaing dengan baik. Dan yang paling berbahaya adalah perusahaan dapat mengalami kebangkrutan bisnis.

Baca juga: Apa Itu Analisis Transaksi Dalam Akuntansi? Berikut Pengertiannya

kinerja keuangan 2

Penilaian Kinerja Keuangan

Setelah tahu mengenai ukuran nilai sebuah perusahaan maka, selanjutnya adalah dengan memperhatikan penilaian kinerja keuangan. Kenapa penilaian terhadap laporan keuangan ini sangatlah penting ? karena dengan adanya sebuah penilaian, maka perusahaan dapat memiliki sebuah standar. Jadi penilaian ini memiliki fungsi sebagai berikut.

1.Likuiditas Jadi Transparan

Dalam sebuah perusahaan, terdapat istilah likuiditas yang kerap disebut sebagai kemampuan. Suatu perusahaan dikatakan mampu jika likuiditasnya berada di kisaran angka yang bagus. Likuiditas juga menjadi sebuah acuan sebuah perusahaan mengenai kewajiban penyetoran keuangan yang harus segera dibayar dalam kisaran waktu tertentu. Semakin bagus sebuah perusahaan memiliki likuiditasnya, maka akan semakin bagus pula nama perusahaan di mata kliennya.

Baca juga: Pengertian Rasio Liquiditas, Contoh, dan Macam-macam Rasionya

2. Solvabilitas Sebuah Perusahaan Dapat Terlihat

Dalam hal ini, solvabilitas menjadi sebuah acuan jikalau sebuah perusahaan diharuskan membayar kewajiban keuangan. Dalam kasusnya jika sebuah perusahaan dilikuidasi maka perusahaan tersebut sudah sangat siap untuk menunjukkan keuangannya baik dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Baca juga: Solvabilitas adalah Hal Penting dalam Bisnis. Berikut Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

3. Rentabilitasnya Menjadi Lebih Detail

Rentabilitas dan profitabilitas menunjukkan kemampuan sebuah perusahaan untuk melihat sebuah perusahaan mendapatkan laba. Jadi dengan adanya laporan kinerja keuangan sebuah perusahaan, maka profitabilitasnya akan semakin terlihat dengan jelas.

Jika nilai sebuah perusahaan mendapat penilaian yang baik, maka perusahaan tersebut haruslah mendapat nilai profitabilitas atau kerap disebut rentabilitas dengan nilai yang memuaskan. Dan sebaliknya, jika perusahaan tersebut mendapat nilai yang jelek, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan masalah.

Rentabilitas memang kerap menjadi dasar penilaian keuangan sebuah perusahaan. Semakin banyak laba yang didapatkan sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut akan sangat kuat dalam segi keuangan. Tentunya hal ini membawa keuntungan, yaitu dapat menarik investor lebih banyak.

Baca juga: Mengetahui Perbedaan Rasio Rentabilitas dan Profitabilitas

4. Stabilitasnya Dapat Diketahui

Penilaian kinerja keuangan akan menjadi sangat penting untuk melihat sebuah perusahaan stabil atau tidaknya. Jika dilihat laporan keuangannya stabil, maka perusahaan tersebut bisa stabil dan akan lebih siap menghadapi era selanjutnya.

Penilaian atas stabilitas perusahaan juga menjadi acuan untuk mengetahui perusahaan tersebut dapat membayar semua keuangan baik hutang maupun beban-beban bunga yang dibebankan kepada perusahaan tepat pada waktu yang telah ditentukan.

Tentu saja adanya penilaian kinerja keuangan dapat menjadi acuan bagi seorang investor untuk tahu tentang perusahaan tujuan investasi.

Umumnya hal-hal yang ingin diketahui oleh seorang investor adalah informasi mengenai keuangan. Karena dengan tahu tentang penilaian keuangannya maka seorang investor akan tahu apakah nantinya dana yang ditanamkan di sebuah perusahaan dapat memberikan keuntungan atau tidak.

Apabila penilaian kinerjanya tinggi, maka perusahaan tersebut akan dapat dengan mudah mendatangkan investor. Semakin bagus, maka akan semakin banyak pula investor yang berani menanamkan modal di dalam perusahaan tersebut. Lebih jelasnya adalah, nilai dari harga saham menjadi fungsi nilai keuangan sebuah perusahaan.

Fungsi Kinerja Keuangan Dalam Sebuah Bisnis

Dalam praktiknya, fungsi dari kinerja keuangan dalam sebuah bisnis adalah sebagai bahan acuan untuk mengetahui sejauh mana perusahaan tersebut mencapai target prestasinya. Sehingga dalam dunia bisnis akan diketahui sejauh mana dan selama berapa periode sebuah perusahaan dapat mempertahankan stabilitasnya.

Selain sebagai alat untuk mengetahui stabilitas perusahaan, tentunya laporan keuangan akan menjadikan perusahaan mengetahui kontribusi setiap unit kelolaan bisnisnya. Dengan begitu maka unit-unit yang kurang dalam berkontribusi akan mendapat evaluasi.

Dalam dunia bisnis tentunya laporan keuangan akan membeberkan beberapa data untuk menentukan strategi perusahaan kedepannya.

Contohnya seperti bagaimana perusahaan akan  menghadapi tahun selanjutnya dengan dana yang tersedia. Dan dengan segala detail kas keluar dan masuk maka akan terlihat dengan jelas penentuan strategi bisnis selanjutnya.

Lalu fungsi umum yang terakhir dari laporan keuangan dalam dunia bisnis adalah seabagai acuan kebijaksanaan untuk penanaman modal. Sehingga dapat diketahui dengan jelas berapa minimal modal yang harus ditanamkan untuk memberikan efisiensi dalam produktivitas sebuah perusahaan.

Baca juga: Perbedaan Rasio Lancar dan Rasio Cepat pada Akuntansi

Kesimpulan

Jadi laporan keuangan atau laporan kinerja keuangan merupakan hal yang paling krusial dalam sebuah dunia bisnis. Bukan tanpa sebab, karena laporan keuangan dapat menentukan kelangsungan sebuah perusahaan beroperasi. Detail seluruh alur keuangan pasti terlihat dalam laporan tersebut, sehingga jika tidak ada laporan keuangan, maka perusahaan akan kesulitan dalam menentukan operasionalnya.

Untuk kemudahan dalam membuat dan menilai laporan kinerja keuangan bisnis Anda, ada baiknya menggunakan software akuntansi yang sudah terbukti dan teruji seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi online yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih darai 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Tidak hanya itu, hanya dengan 200 ribu perbulan, Anda bisa dengan mudah merasakan fitur pembukuan terlengkap, penghitungan dan pelaporan pajak, payroll, rekonsilasi transaksis otomatis, integrasi ke aplikasi pihak ketiga, pengelolaan banyak cabang, gudang dan mata uang, otomasi pembuatan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jadi, buat bisnis Anda menjadi lebih mudah dengan Accurate Online. Coba gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2