Pengertian Net Worth dan 5 Indikasi Net Worth yang Bagus

oleh | Mei 5, 2023

source envato.

Pengertian Net Worth dan 5 Indikasi Net Worth yang Bagus

Net worth adalah salah satu metrik yang akan membantu Anda dalam mengetahui kondisi kesehatan finansial seseorang ataupun perusahaan. Selain itu, metrik yang satu ini juga bisa menginformasikan pada Anda terkait kondisi finansial Anda dari tahun ke tahunnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, laman resmi Forbes selalu merilis daftar orang terkaya di dunia. Nah, ukuran yang dijadikan tolak ukur dari daftar tersebut adalah net worth.

Penasaran ingin mengetahui lebih dalam tentang networth? Baca terus artikel tentang net worth di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Net Worth?

accurate.id gambar Net Worth-1

Mengutip dari laman Nerd Walletnet worth atau kekayaan bersih adalah nilai aset seseorang atau perusahaan setelah dikurangi oleh semua utang yang dimiliki. Secara sederhana, net worth adalah selisih antara jumlah aset yang dimiliki dan jumlah utang yang harus dibayar.

Dalam konteks keuangan pribadi, net worth dapat menjadi indikator keuangan yang penting karena dapat memberikan gambaran tentang seberapa banyak seseorang memiliki aset yang dapat diandalkan dalam jangka panjang.

Semakin tinggi kekayaan bersih seseorang, semakin besar pula kemungkinannya untuk memiliki stabilitas keuangan yang baik di masa depan.

Sementara itu, dalam konteks bisnis, kekayaan bersih dapat menjadi indikator kesehatan keuangan perusahaan karena memberikan gambaran tentang seberapa banyak modal yang tersedia untuk mengembangkan bisnis dan membayar utang.

Perusahaan yang memiliki net worth yang positif biasanya dianggap lebih stabil dan dapat diandalkan dalam jangka panjang.

Baca juga: Wesel Tagih, Pengertian dan Cara Mudah Pencatatannya dalam Jurnal

Cara Menghitung Net Worth

accurate.id gambar Net Worth-2

Untuk menghitung net worth, Anda perlu menghitung jumlah total aset dan utang Anda, kemudian mengurangi jumlah utang dari jumlah aset untuk mendapatkan nilai kekayaan bersih. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hitunglah jumlah total aset Anda, termasuk uang tunai, tabungan, investasi, rumah, mobil, properti, dan aset lain yang dimiliki. Pastikan untuk mencatat nilai pasarnya saat ini.
  • Hitunglah jumlah total utang Anda, termasuk kredit rumah, kredit mobil, kartu kredit, pinjaman pribadi, dan utang lain yang Anda miliki.
  • Kurangi jumlah utang Anda dari jumlah total aset Anda. Contohnya, jika total aset Anda senilai Rp 500 juta dan total utang Anda senilai Rp 150 juta, maka kekayaan bersih Anda adalah Rp 350 juta.
  • Catatlah hasil dari perhitungan tersebut sebagai nilai kekayaan bersih

Penting untuk diingat bahwa net worth hanya memberikan gambaran keuangan saat ini, dan perlu dihitung secara berkala untuk memastikan stabilitas keuangan Anda. Selain itu, net worth tidak memperhitungkan faktor-faktor seperti penghasilan dan pengeluaran, yang juga memengaruhi keuangan Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Laporan Neraca: Pengertian, Cara Menyusunnya Dan Membacanya

Cara Kerja Net Worth

accurate.id gambar Net Worth-3

Cara kerja net worth adalah dengan menghitung selisih antara total aset yang dimiliki dengan total utang yang harus dibayar. Dalam hal ini, kekayaan bersih merupakan indikator penting yang digunakan untuk mengukur kekayaan dan stabilitas keuangan seseorang atau perusahaan.

Pada dasarnya, net worth berfungsi sebagai “lensa” yang memberikan gambaran tentang keuangan secara keseluruhan.

Dengan menghitung net worth secara teratur, seseorang atau perusahaan dapat mengetahui seberapa banyak aset yang dimiliki dan berapa besar utang yang harus dibayar. Hal ini memungkinkan untuk mengevaluasi kesehatan keuangan dan membuat keputusan finansial yang lebih baik.

Misalnya, seseorang yang memiliki kekayaan bersih yang positif dapat mempertimbangkan untuk melakukan investasi atau memperluas bisnis, sedangkan seseorang dengan kekayaan bersih negatif harus lebih berhati-hati dalam meminjam uang atau mengambil utang baru.

Net worth juga berguna dalam merencanakan keuangan jangka panjang, seperti merencanakan pensiun atau mempersiapkan dana darurat. Dengan mengetahui net worth saat ini, seseorang atau perusahaan dapat memperkirakan berapa banyak aset yang perlu dimiliki di masa depan untuk mencapai tujuan keuangan tertentu.

Penting untuk diingat bahwa net worth hanyalah salah satu faktor dalam mengukur keuangan secara keseluruhan. Penting juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti pendapatan, pengeluaran, dan pengembalian investasi ketika merencanakan keuangan Anda.

Baca juga: Finance Reporting: Pengertian dan 5 Manfaat Pentingnya untuk Perusahaan

Net Worth Negatif

accurate.id gambar Net Worth-4

Net worth negatif terjadi ketika jumlah utang yang dimiliki lebih besar dari jumlah aset yang dimiliki. Dalam hal ini, seseorang atau perusahaan memiliki lebih banyak utang daripada yang bisa mereka bayar dengan menggunakan aset yang dimilikinya.

Net worth negatif dapat menjadi masalah serius dalam keuangan karena mengindikasikan ketidakmampuan untuk memenuhi kewajiban keuangan dan dapat memperburuk situasi keuangan yang ada.

Seseorang atau perusahaan dengan net worth negatif mungkin kesulitan untuk memperoleh pinjaman atau kredit baru, dan dapat mengalami kesulitan dalam mengembangkan bisnis atau mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Namun, net worth negatif bukanlah akhir dari segalanya. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki situasi keuangan dan mengembalikan net worth ke level yang positif, seperti:

1. Membayar Utang Secara Bertahap

Salah satu cara untuk meningkatkan net worth adalah dengan membayar utang secara bertahap. Utang dengan bunga tinggi harus menjadi prioritas untuk dilunasi terlebih dahulu, karena bunga tinggi akan membuat utang semakin besar.

2. Mengurangi Pengeluaran

Mengurangi pengeluaran merupakan cara yang efektif untuk menghemat uang dan membayar utang lebih cepat. Seseorang atau perusahaan dapat memangkas pengeluaran yang tidak penting, seperti makan di luar atau membeli barang mewah yang tidak diperlukan.

3. Mencari Pendapatan Tambahan

Mencari pendapatan tambahan juga dapat membantu meningkatkan net worth. Seseorang atau perusahaan dapat mencari pekerjaan paruh waktu atau mengembangkan bisnis sampingan untuk meningkatkan pendapatan.

4. Mengalokasikan Aset Secara Lebih Efisien

Seseorang atau perusahaan dapat mengalokasikan aset yang dimiliki secara lebih efisien, seperti dengan memilih investasi yang lebih menguntungkan atau menjual aset yang tidak lagi diperlukan untuk membayar utang.

Meningkatkan net worth membutuhkan waktu dan usaha, tetapi dengan mengambil tindakan yang tepat, seseorang atau perusahaan dapat memperbaiki situasi keuangan dan mencapai kestabilan keuangan jangka panjang.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Apa Saja Indikator Net Worth Yang Bagus?

accurate.id gambar Net Worth-5

Beberapa indikator net worth yang bagus untuk diukur adalah sebagai berikut:

1. Aset Likuid

Aset likuid merupakan aset yang dapat dengan mudah dicairkan menjadi uang tunai dalam waktu singkat. Contohnya adalah uang tunai, deposito, dan saham yang mudah diperjualbelikan.

Jumlah aset likuid yang cukup dapat menjadi indikator net worth yang bagus karena dapat digunakan sebagai cadangan dana darurat atau untuk memanfaatkan peluang investasi yang muncul.

2. Aset Tidak Likuid

Aset tidak likuid adalah aset yang tidak dapat dengan mudah dicairkan menjadi uang tunai dalam waktu singkat, seperti properti, kendaraan, dan perlengkapan rumah tangga.

Meskipun tidak likuid, aset ini dapat bernilai tinggi dan dapat menjadi sumber penghasilan jangka panjang melalui sewa atau penjualan di masa depan. Jumlah aset tidak likuid yang cukup dapat menjadi indikator net worth yang bagus karena menunjukkan kemampuan seseorang atau perusahaan untuk menghasilkan pendapatan jangka panjang.

3. Nilai Bersih Investasi

Nilai bersih investasi adalah selisih antara nilai investasi dengan jumlah utang yang terkait dengan investasi tersebut. Jumlah nilai bersih investasi yang cukup dapat menjadi indikator net worth yang bagus karena menunjukkan keberhasilan seseorang atau perusahaan dalam mengelola investasi mereka.

4. Pengeluaran Terkait Utang

Pengeluaran terkait utang adalah jumlah pembayaran utang per bulan dibandingkan dengan pendapatan bulanan. Jumlah pengeluaran terkait utang yang rendah dapat menjadi indikator net worth yang bagus karena menunjukkan bahwa seseorang atau perusahaan dapat membayar utang mereka tanpa kesulitan dan memiliki kemampuan untuk menghemat uang.

5. Pendapatan

Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima seseorang atau perusahaan setelah dikurangi pajak dan biaya lainnya. Pendapatan yang cukup dapat menjadi indikator net worth yang bagus karena dapat digunakan untuk membayar utang, membeli aset, dan mengembangkan bisnis atau investasi.

Secara keseluruhan, indikator net worth yang bagus adalah jumlah aset likuid dan tidak likuid yang cukup, nilai bersih investasi yang positif, pengeluaran terkait utang yang rendah, dan pendapatan yang cukup.

Baca juga: Apa itu Burden Rate? Berikut Pengertian Lengkap dan Cara Hitungnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang net worth. Jadi, Net worth atau nilai bersih adalah ukuran kekayaan seseorang atau perusahaan yang dihitung dengan mengurangi jumlah utang dari jumlah aset. Net worth dapat memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan keuangan seseorang atau perusahaan.

Untuk menghitung net worth, pertama-tama perlu menentukan semua aset dan utang yang dimiliki. Setelah itu, kurangi jumlah utang dari jumlah aset untuk mendapatkan net worth. Semakin tinggi net worth, semakin besar kekayaan seseorang atau perusahaan.

Net worth yang positif menunjukkan bahwa seseorang atau perusahaan memiliki aset yang bernilai lebih dari jumlah utang mereka. Sementara net worth yang negatif menunjukkan bahwa seseorang atau perusahaan memiliki utang yang lebih besar dari jumlah aset mereka.

Dalam mengelola keuangan pribadi atau bisnis, penting untuk memantau dan meningkatkan net worth. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan indikator-indikator seperti aset likuid, aset tidak likuid, nilai bersih investasi, pengeluaran terkait utang, dan pendapatan.

Dengan memperhatikan indikator-indikator ini, seseorang atau perusahaan dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih efektif dan mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Namun bila Anda ingin lebih mudah dalam mengelola keuangan, khususnya keuangan perusahaan, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis terlengkap dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, setiap pengeluaran dan pemasukan Anda akan tercatat secara otomatis. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan.

Lebih dari itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola stok di gudang, dan masih banyak lagi.

Masih ragu dengan Accurate Online? Tenang, Anda bisa membuktikan sendiri manfaat dari Accurate Online dengan mencobanya selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

akuntansibanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Khaula Senastri
Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.

Artikel Terkait