Finance Reporting: Pengertian dan 5 Manfaat Pentingnya untuk Perusahaan

oleh | Feb 9, 2023

source envato.

Finance Reporting: Pengertian dan 5 Manfaat Pentingnya untuk Perusahaan

Tanpa adanya laporan keuangan yang jelas, suatu perusahaan bisa dipastikan tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, diperlukan finance reporting agar bisa menyiasati hal tersebut.

Seperti yang banyak dibicarakan oleh orang-orang, uang adalah salah satu hal yang sangat sensitif. Setiap pengeluaran dan pemasukannya harus dicatat secara tepat agar kondisi keuangan perusahaan sehat.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, maka Anda harus membuat laporan keuangan dengan rapi.

Lalu, apa itu finance reporting? Apa saja manfaat yang bisa diberikan olehnya untuk perusahaan? Tenang, karena kami akan menjawab rasa penasaran Anda pada artikel di bawah ini.

Tutorial Video

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang finance reporting dengan cara yang lebih mudah? Silahkan tonton video kami di bawah ini melalui audiovisual yang menarik:

Apa itu Finance Reporting?

Menurut laman North One, finance reporting adalah suatu aktivitas membuat laporan keuangan agar bisa mengetahui berbagai data pengeluaran dan pemasukan untuk periode tertentu. Dengan adanya laporan ini, maka Anda bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan, apakah itu sehat atau tidak sehat.

Informasi yang terkandung di dalamnya sangat penting sekali untuk manajemen perusahaan dalam mengambil tindakan kedepannya.

Di lain hal, dengan adanya laporan ini Anda bisa memberikan informasi pada para pemilik saham terkait kondisi keuangan perusahaan. Sehingga, mereka bisa menentukan untuk menginvestasikan uangnya pada perusahaan Anda ataukah tidak.

Selain itu, finance reporting juga akan membantu setiap karyawan dalam menentukan rencana yang akan dibuat ke depan bersama perusahaan. Bila perusahaan sudah memberikan finance reporting secara terbuka pada karyawan, maka mereka bisa membuat perkiraan terkait anggaran yang harus dikeluarkan dalam menjalankan suatu proyek.

Baca juga: Ingin Mencatat Selisih Kas dengan Mudah? Ikuti Cara Ini!

Manfaat Finance Reporting bagi Perusahaan

Saat ini, kita telah mengetahui bersama bahwa finance reporting adalah suatu hal yang penting dan harus dilakukan oleh perusahaan agar bisa mengetahui kondisi kesehatan finansial perusahaan.

Tanpa adanya laporan ini, maka semua karyawan otomatis akan kebingungan dalam membuat rencana proyek di masa depan karena tidak ada laporan yang jelas.

Untuk itu, terdapat beberapa alasan kenapa finance reporting harus dibuat oleh perusahaan, yaitu:

1. Membantu Perusahaan dalam mengambil keputusan

Berdasarkan laman Fresh Books, manfaat yang paling besar dari adanya finance reporting adalah bisa membantu perusahaan dalam mengambil keputusan, baik itu keputusan dalam meningkatkan aset ataupun menjual aset.

Hal ini akan secara tidak langsung membantu perusahaan dalam memprediksi kinerjanya untuk beberapa tahun ke depan. Untuk itu, setiap perusahaan harus membuat finance reporting secara berkala.

2. Memperbesar Kemungkinan Investor dalam Berinvestasi

Setiap investor akan segan untuk menanamkan uangnya pada perusahaan yang tidak menyajikan laporan keuangan secara jelas. Pasalnya, mereka tidak ingin berinvestasi pada perusahaan yang memiliki kondisi finansial yang tidak sehat. Hal tersebut secara logika akan membuat mereka merugi.

Karena, salah satu hal yang umumnya akan dilihat oleh investor dalam berinvestasi adalah kondisi keuangan dari perusahaan itu sendiri.

3. Evaluasi Kinerja Perusahaan

Manfaat lainnya dari finance reporting adalah agar bisa melakukan evaluasi performa perusahaan untuk periode waktu tertentu, khususnya dalam hal finansial. Di bulan pertama, nantinya akan dilihat apakah pemasukan dan pengeluaran yang diraih telah stabil atau memang belum.

Bila memang belum, maka secara otomatis terdapat kesalahan dari sisi perusahaan, baik itu terlalu banyak membuat proyek atau memang terlalu banyak dalam mengajukan pinjaman.

Berdasarkan hal tersebut, nantinya perusahaan bisa mengetahui apa yang harus mereka lakukan kedepannya dalam memperbaiki kondisi finansial mereka.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Penyusunan Anggaran?

Manfaat Finance Reporting Bagi Karyawan

Di lain hal, finance reporting pun mampu memberikan manfaat yang besar untuk karyawan, yaitu:

1. Mengetahui Tingkat Kesejahteraannya

Salah satu hak yang harus diperoleh semua karyawan adalah gaji dan berbagai fasilitas penunjang lain agar bisa bekerja sehari-hari. Hal tersebut bisa diketahui dengan cara melihat laporan keuangan yang ditampilkan oleh pihak manajemen perusahaan.

Berdasarkan data tersebut, nantinya karyawan bisa mengetahui kemampuan perusahaan dalam memberikan upah, bonus, dan tunjangan selama karyawan tersebut bekerja.

2. Memprediksi Proyek yang Akan Dilakukan

Manfaat lain dari finance reporting untuk karyawan adalah agar mereka bisa membuat prediksi terkait proyek apa saja yang nantinya ingin dibuat di masa depan.

Karena, ketika mereka mengetahui kondisi finansial perusahaan, mereka bisa membuat keputusan yang tepat tentang proyek yang akan diajukan kepada perusahaan.

Baca juga: Pengertian General Ledger dan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang finance reporting dan beberapa alasan kenapa perusahaan harus membuatnya.

Masalah keuangan memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun begitu, bukan berarti Anda tidak bisa mengaturnya. Nah, agar lebih mudah dan #lebihbaik dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa mempercayakannya pada software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini mampu menyajikan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara otomatis, cepat serta akurat.

Fitur luar biasa ini juga telah terintegrasi dengan berbagai fitur bisnis yang ada di dalamnya, sehingga akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Tidak berhenti di sana, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online juga bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat banyak waktu, tenaga, dan juga uang, yang mana hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mengelola serta mengembangkan bisnis.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

11 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini ­čÖü Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait