6 Skill Akuntansi Penting yang Harus Anda Kuasai

Jika Anda seorang akuntan atau mengejar karir sebagai akuntan, ada keterampilan tertentu yang Anda perlukan untuk berhasil di tempat kerja. Mengembangkan skill akuntansi ini dapat membuat Anda tetap berpengetahuan, menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan menunjukkan etos kerja yang kuat. Ada beberapa keterampilan yang harus Anda utamakan untuk dipelajari di bidang akuntansi.

Pada artikel ini, kita akan membahas enam skill akuntansi penting yang akan membantu Anda sukses dalam karir atau pengembangan bisnis Anda.

Jenis Skill Akuntansi Penting yang Dapat Membantu Anda Unggul di Tempat Kerja

1. Komunikasi

Sebagai seorang akuntan, kemungkinan besar Anda akan bekerja dengan banyak klien dan kolega. Hari Anda mungkin termasuk menjawab email dan menelepon pelanggan atau atasan tergantung pada posisi Anda, jadi Anda harus tahu cara menyampaikan informasi dengan cepat dan ringkas. Berkomunikasi secara efektif memastikan Anda memiliki semua informasi yang sesuai untuk menyelesaikan tugas atau menyampaikan proyek sesuai dengan harapan penerima.

Misalnya, Anda meninjau akun klien dan melihat bahwa Anda melewatkan laporan keuangan triwulanan mereka. Data ini penting bagi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, jadi Anda perlu mengirimi mereka email. Anda ingin mereka memahami apa yang Anda minta segera tanpa perlu bertukar beberapa email untuk mengklarifikasi.

Email Anda bisa sesederhana, “Saya melewatkan laporan triwulanan dari 1 Januari hingga 31 Maret dan membutuhkannya untuk menyelesaikan pekerjaan saya sesegara mungkin. Bisakah Anda mengirimkan ini secepat mungkin?” Email tersebut menentukan tanggal pasti yang Anda butuhkan sehingga mereka dapat mengirim laporan yang tepat.

Baca juga: Apa itu Incremental Cost? Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya

2. Organisasi

Anda dapat bekerja dengan sejumlah besar informasi keuangan setiap hari, dan mengaturnya secara sistematis meningkatkan kemampuan Anda untuk menemukan data dengan cepat. Cobalah untuk mengatur file fisik dan digital Anda untuk meningkatkan efisiensi Anda.

Ini dapat membantu untuk mengurutkan file klien menurut abjad, atau Anda dapat menggunakan sistem kode warna yang mengurutkan tugas berdasarkan yang akan datang, sedang berlangsung, dan selesai. Buat sistem folder di komputer Anda yang memungkinkan Anda menemukan informasi digital dengan mudah.

Anda mungkin mengadakan berbagai rapat baik secara langsung maupun melalui telepon, jadi Anda harus menemukan metode yang andal untuk melacak rapat Anda. Kalender kertas di meja Anda dapat berfungsi sebagai pengingat visual tentang rapat yang akan datang, sedangkan program kalender digital memungkinkan Anda menerima pemberitahuan untuk rapat mendatang.

Menggunakan kalender juga membantu Anda memastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

3. Layanan pelanggan

Pertimbangkan untuk mengembangkan keterampilan layanan pelanggan Anda untuk memastikan Anda mempertahankan hubungan positif dengan klien, memahami kebutuhan mereka, dan menawarkan tanggapan yang memuaskan dengan cepat. Saat Anda berbicara dengan klien, berinteraksilah secara profesional dan sopan untuk menunjukkan ketulusan Anda.

Untuk meningkatkan keterampilan layanan pelanggan Anda, dengarkan klien Anda secara aktif sehingga Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang kekhawatiran atau permintaan mereka. Setelah mereka selesai menjelaskan permintaan mereka, Anda kemudian dapat membentuk jawaban yang positif, berorientasi pada tujuan, dan menyeluruh yang memenuhi kebutuhan mereka. Berkolaborasi dengan klien untuk membentuk solusi juga dapat membantu mereka merasa lebih dihargai.

4. Kemampuan beradaptasi

Mampu beradaptasi dengan software akuntansi baru dan undang undang perpajakan dapat membuat Anda lebih efisien dalam peran akuntansi Anda. Anda mungkin juga perlu dengan cepat menanggapi permintaan dari klien atau kolega lain, dan mengetahui cara mengubah hari kerja Anda untuk mengakomodasi kebutuhan mereka menunjukkan kemampuan beradaptasi Anda.

Berpikir kritis juga merupakan bagian dari kemampuan beradaptasi. Anda harus dapat mengumpulkan dan mengevaluasi sejumlah besar data dalam waktu singkat untuk memenuhi tenggat waktu.

Misalnya, dua klien meminta Anda menelepon mereka untuk menjawab pertanyaan tentang pajak mereka. Kalender Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki janji sepanjang hari, jadi Anda harus memutuskan apakah masalah mereka mendesak. Berdasarkan email klien pertama, Anda menilai bahwa kemungkinan besar Anda dapat menjawab pertanyaan mereka melalui email.

Klien kedua tampaknya memiliki pertanyaan yang lebih kompleks. Anda memutuskan untuk memindahkan salah satu janji Anda ke hari berikutnya sehingga Anda dapat menelepon mereka di sore hari. Dalam skenario ini, Anda menyesuaikan hari kerja Anda untuk memenuhi kebutuhan klien Anda.

Baca juga: Work In Progress Dalam Proses Produksi: Pengertian dan Cara Menggunakannya

5. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah keterampilan penting dalam akuntansi. Ketika atasan Anda dapat mempercayai Anda untuk merencanakan ke depan, berpikir secara strategis, dan mempelajari teknologi terbaru, mereka akan menganggap Anda sebagai aset berharga bagi tim.

Rekan kerja Anda dapat menghubungi Anda saat mereka membutuhkan nasihat keuangan, jadi sediakan diri Anda untuk membantu departemen lain jika memungkinkan. Anda dapat menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pemimpin dengan bersikap langsung dengan kebutuhan Anda, baik itu dengan klien atau rekan kerja. Percaya diri saat menawarkan ide atau saran baru juga dapat menunjukkan kemampuan Anda untuk memimpin.

Misalnya, Anda melihat bahwa departemen pemasaran secara teratur melebihi anggaran bulanan mereka. Atasan Anda mungkin merasa terbantu jika Anda menjadwalkan pertemuan dengan kepala departemen pemasaran dan manajer Anda di mana Anda menjelaskan temuan Anda dan menawarkan solusi yang mungkin. Mengambil inisiatif untuk mengidentifikasi tantangan dan mengatasinya dapat menunjukkan kualitas kepemimpinan Anda.

Baca juga: Working Capital Turnover Ratio: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

6. Manajemen waktu

Manajemen waktu memungkinkan Anda menyelesaikan tugas secara efisien dan tepat waktu. Ini dapat membantu untuk memiliki sistem yang efisien untuk mengelola beban kerja Anda dalam jumlah waktu yang ditentukan. Menjadwalkan tugas Anda tidak hanya dapat membantu Anda tetap teratur, tetapi juga dapat menunjukkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk suatu proses atau langkah.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan terus memprioritaskan daftar tugas Anda dengan tenggat waktu. Anda dapat mengatur kalender berdasarkan tugas harian, mingguan, dan bulanan. Mungkin ada hari-hari di mana beberapa tugas Anda memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan, sehingga Anda dapat meninjau daftar Anda untuk melihat apa yang dapat Anda pindahkan ke hari berikutnya.

Misalnya, Anda berharap penggajian selesai untuk 10 karyawan pada akhir hari, tetapi Anda mengalami beberapa penundaan. Hanya ada satu jam tersisa di hari Anda dan Anda masih memiliki tiga klien tersisa. Namun, Anda melihat bahwa hanya satu dari klien itu yang mendesak. Anda dapat memindahkan dua klien lainnya ke daftar tugas Anda untuk keesokan paginya.

Baca juga: Biaya Eksplisit: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Perbedaannya dengan Biaya Implisit

Kesimpulan

Akuntan yang mengembangkan ketajaman skill akuntansinya dapat mulai memberikan panduan yang relevan untuk seluruh divisi dalam perusahaan, bukan hanya departemen keuangan saja. Memupuk kreativitas mengarah ke solusi inovatif untuk beberapa tantangan terbesar dalam bisnis saat ini, dari sudut tak terduga akuntansi.

Mengembangkan kemampuan analitis memastikan fungsi akuntansi dapat memberikan wawasan yang benar, bukan hanya informasi historis, sementara membangun komunikasi dan skill mencari relasi menjamin informasi agar tidak hilang arti dalam penyampaiannya.

Mau tidak mau, disrupsi harus dihadapi, terutama dalam akuntansi. Terus mengasah skill akuntansi dan menyesuaikan diri dengan segala perubahan adalah cara yang terbaik. Otomatisasi dalam akuntansi telah membuat pekarjaan Akuntan banyak terbantu, terutama dengan hadirnya software akuntansi yang memberikan kendali lebih bagi akuntan dan pemilik usaha.

Anda bisa mencoba Accurate Online sebagai pilihan software akuntansi untuk memudahkan proses pembukuan pada bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah