Berbagai Jenis Absen Karyawan dalam Setiap Perusahaan

Perkembangan zaman saat ini membawa perkembangan teknologi yang cukup besar, sehingga pekerjaan dari kantor pun banyak terbantu dengan adanya perkembangan teknologi, termasuk dalam urusan absen karyawan.

Terdapat banyak sekali jenis absen karyawan yang digunakan oleh perusahaan, mulai dari absen yang masih menggunakan alat manual, sampai menggunakan aplikasi absen. Penggunaan cara absen inti tergantung dari kebutuhan setiap perusahaan. Terdapat banyak sekali pertimbangan yang harus digunakan untuk menggunakan metode absensi ini.

Nah, berikut ini adalah jenis absen karyawan yang banyak digunakan oleh beberapa perusahaan di Indonesia.

Mengenal 4 Jenis Absensi Karyawan yang Banyak Digunakan Perusahaan

1. Absensi Manual

Absensi manual adalah jenis absensi yang banyak digunakan, metode pengecekan yang dilakukan secara manual ini cukup sederhana dan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.

Absensi manual ini dilakukan dengan cara mengisi kehadiran dengan cara menuliskan tanda hadir, seperti di tanda tangan karyawan yang bersangkutan. Namun, cara ini rentan terjadi kecurangan, karena kesempatan untuk memalsukan tanda tangan cukup besar.

2. Absensi Almano

Absensi almano pada absen karyawan menggunakan mesin almano atau yang banyak disebut dengan mesin ceklok.

Cara menggunakannya adalah karyawan yang ingin absen harus memasukkan kertas ataupun kartu yang sudah mempunyai template agar kemudian mesin almano ini yang nanti akan mencatat jam masuk dan pulang karyawan secara tepat.

Cara ini memudahkan manajemen perusahaan untuk memonitoring kehadiran karyawan. Jadi, mereka tinggal menggunakan data yang tercetak di dalam kartu absen saja, dan data absensi pun bisa dilihat secara lengkap.

Namun, metode absen karyawan ini mempunyai beberapa kekurangan. Karena proses absen hanya menggunakan kartu, makan karyawan lain bisa mengakses kartu dan mesin ini untuk bisa memanipulasi waktu.

Baca juga: Menu Restoran, Ini Desain Menu yang Menarik Demi Meningkatkan Profit

4. Absensi Fingerprint

Metode absensi ini cukup terkenal akan kehadirannya menggantikan mesin almano. Cara absensi fingerprint dianggap sebagai teknologi terbaru di beberapa tahun belakangan karena kemungkinan terjadinya kecurangan cukup kecil.

Metode ini dilakukan dengan menggunakan mesin fingerprint, yang mana mesin ini sebelumnya sudah merekam sidik jari dari setiap karyawan, sehingga proses absen karyawan hanya harus menscan sidik jari saja.

Perekaman awal sidik jari biasanya menggunakan dua sidik jari, yakni ibu jari kanan dan juga telunjuk jari kiri. Sehingga bila terjadi masalah tertentu, maka bisa mengganti menggunakan hari lain yang sudah terekam.

Metode ini cukup terkenal karena mampu memberikan data absensi karyawan secara real time dan menggunakan cara yang dinilai cukup cerdas. Datanya juga nanti akan bisa dihubungkan dengan komputer, sehingga pemantauan data absensi bisa secara mudah dilakukan, baik dari layar desktop ataupun dicetak langsung.

Tapi, cara ini pun memiliki kekurangan. Meskipun tingkat kecurangan proses absennya kecil, tapi menggunakan sidik jari bisa menyebabkan kendala saat mesin absensi sudah tidak bisa lagi mengidentifikasi sidik jari secara tepat saat dilakukan proses absensi.

Hal tersebut membuat karyawan memerlukan banyak waktu untuk bisa mencolokkan jari dan mengidentifikasi dari mesin absensi. Sehingga dinilai kurang efisien, karena memerlukan waktu absen yang panjang. Mesin ini juga memerlukan perawatan setiap waktu dengan biaya yang tidak sedikit.

5. Aplikasi Absensi Online

Metode absen karyawan yang selanjutnya banyak digunakan saat ini adalah absensi online. metode ini sudah sangat terkenal di era digital seperti sekarang. Cara ini juga terbilang sangat sederhana dan bisa diakses dari jarak yang cukup jauh secara mandiri.

Aplikasi absensi online juga cukup banyak digunakan karena banyaknya fitur yang ada di dalamnya. Aplikasi ini mempunyai berbagai fitur yang memudahkan karyawan untuk absen, dan tim manajemen juga bisa memantau absensi karyawan secara mudah. Sehingga, data absensi karyawan akan terhubung dengan proses penghitungan gaji secara langsung.

Cara ini tentunya akan sangat membantu tim HRD agar bisa melakukan pemantauan kehadiran karyawan secara mudah. Seluruh data absen karyawan akan bisa secara langsung di input dengan baik pada laporan data semua karyawan. Jumlah telat, absensi, jumlah izin, dan juga jumlah alpha akan secara langsung dilihat secara otomatis serta tersambung dalam penghitungan gaji.

Selain cara penggunaannya yang mudah, aplikasi ini juga banyak digunakan di musim pandemi demi meminimalisir penyebaran virus saat bekerja di kantor. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka proses absensi bisa dilakukan secara mandiri di smartphone-nya masing-masing, sehingga proses absensi di rumah atau saat WFH bisa dilakukan secara mudah.

Cara absen karyawan dengan menggunakan aplikasi ini adalah dengan selfie atau memanfaatkan fitur pendeteksi wajah yang ada di setiap perangkat yang sudah terinstal aplikasi. Untuk biayanya sendiri, aplikasi ini menggunakan biaya perbulan yang harus dibayar pada pemberi layanan.

Modal utama yang diperlukan agar aplikasi ini bisa digunakan adalah internet, untuk itu, perangkat harus terlebih dulu tersambung dengan internet sebelum menggunakan aplikasi ini.

Baca juga: Penting! Ini Tugas Kasir Di Bisnis Restoran Anda

Kesimpulan

Terdapat banyak sekali metode absensi yang dilakukan untuk bisa memantau kerja karyawan. Setiap metode absensi tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Hal yang paling penting adalah seluruh fitur yang terdapat dalam mesin absensi mampu memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menyelesaikan masalah absensi karyawan.

Selain itu, penggunaan sistem POS atau aplikasi kasir juga bisa digunakan untuk mengelola karyawan dan sebagai payroll gaji karyawan. Salah satu aplikasi yang mampu melakukan hal tersebut adalah Accurate POS.

Dengan Accurate POS, maka setiap transaksi yang terjadi di konter kasir akan terjadi secara cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengelola pelanggan dan memberikan diskon terbaik, serta mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan.

Penasaran? Coba gratis Accurate POS sekarang juga selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.