Jenis-Jenis Alat Barcode Scanner, Mana yang Pas Untuk Bisnis Anda?

Alat barcode scanner sudah menjadi suatu alat yang biasa dalam bisnis ritel. Selain mampu mempercepat berbagai proses transaksi, alat ini juga mampu meningkatkan pengalaman pelanggan selama mereka berada di toko Anda. Namun, alat barcode scanner mana yang paling pas dan sesuai untuk toko Anda?

Jika Anda mempunyai toko yang masih kecil, maka Anda memerlukan alat barcode scanner kasir. Namun bila Anda memiliki bisnis ritel yang lumayan besar, maka Anda memerlukan alat barcode untuk persediaan. Hal ini nantinya akan mampu menghemat banyak waktu.

Alat pemindai yang bagus akan disesuaikan dengan alat berbasis data, yaitu aplikasi kasir online atau sistem POS. Itu artinya, Anda bisa membeli berbagai alat pemindai terbaik, namun bila sistem POS yang Anda miliki belum siap untuk bisa menanganinya, maka Anda harus mempertimbangkan ulang.

Umumnya, sistem POS atau point of sale ini sudah bisa menggunakan alat barcode scanner. Bahkan, penyedia sistem POS seperti Accurate POS, sudah memberikan paket dengan hardware yang lengkap, termasuk alat barcode scanner.

Nah, untuk bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan, berikut ini kami berikan beberapa jenis alat barcode scanner yang harus Anda pertimbangkan

Jenis-jenis Alat Barcode Scanner

1. Mesin Pemindaian

Berdasarkan cara kerjanya, terdapat 3 jenis alat pemindai yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Laser

Alat barcode scanner ini adalah alat yang paling terkenal. Alat ini akan menggunakan laser dan juga sensor cahaya agar bisa mengukur pantulan garis dan bisa menerjemahkan barcode yang ada. Alat pemindai ini akan membaca barcode secara sederhana dalam bidang satu dimensi.

Barcode akan bisa dibaca oleh alat ini dalam jarak 5 hingga 30 cm. Bahkan, beberapa alat barcode lainnya ada yang mampu membaca dari jarak 50 cm. Jenis pemindai ini banyak digunakan karena sangat ekonomis.

Tapi, penggunaannya masih sangat terbatas. Selain itu, dioda lasernya seringkali membuat frustasi ketika ingin memindai.

  • Linier

Alat ini hanya akan membaca gambar satu dimensi seperti halnya pemindai laser, namun alat ini bekerja dengan cara yang beda. Bila pemindai laser hanya menggunakan cahaya merah dan sensor cahaya dalam membaca bagian hitam dan putih pada label, maka alat pemindai liner akan mengambil gambar dan akan menganalisisnya.

Hal tersebut mampu mempercepat proses pemindaian. Karena, alat ini akan langsung menganalisa gambar, bukan bayangan atau pantulan, sehingga hanya akan memerlukan sedikit sekali cahaya untuk menjalankan proses pemindaian.

Harga alat ini hampir sama seperti laser, tapi tingkat ketepatan dan kualitas pemindaiannya jauh lebih baik.

Baca juga: Menu Restoran, Ini Desain Menu yang Menarik Demi Meningkatkan Profit

  • 2D (Dua Dimensi)

Alat barcode scanner ini dinilai menjadi alat barcode terbaik karena mampu membaca berbagai jenis barcode. Sama seperti namanya, alat ini mampu membaca bidang dua dimensi yang mampu memberikan banyak keuntungan.

Pertama, alat ini akan memungkinkan Anda untuk bisa memindai dari arah mana saja. Tentunya hal ini berbeda dengan dua jenis alat barcode sebelumnya yang mengharuskan Anda untuk bisa memindai secara sejajar dengan label. Tapi dengan alat ini, Anda bisa memindai label secara vertikal ataupun horizontal.

Beberapa produsen menyebut fitur ini dengan omnidirectional. Pemindai ini pun mengambil gambar seperti halnya model linier. Itulah kenapa terkadang model ini disebut dengan pemindai linier 2D

Fitur terbaik yang mampu diberikan oleh alat ini adalah kemampuannya dalam membaca barcode dalam berbagai permukaan.

2. Nirkabel Vs Kabel

Sebagian besar dari kita tentu sudah sangat mengenal tentang nirkabel. Tapi, terdapat perbedaan biaya yang cukup besar antara pemindai dengan kabel dan nirkabel. Walaupun begitu, alat barcode scanner ini tetap harus disambungkan dengan komputer agar bisa berfungsi dengan baik.

Jadi, hal yang biasanya dilakukan adalah mengatur dudukan di sisi komputer yang tidak hanya berfungsi sebagai perangkat kasir, namun juga berfungsi untuk mengisi daya pemindai.

Selain itu, ada juga alat barcode scanner berbasis cloud. Alat ini akan menggunakan bluetooth agar bisa menghubungkan dan bisa ditautkan pada perangkat seluler. Aplikasi tersebut nantinya akan menghimpun informasi dan mengirimkannya ke server tempat basis data sistem Anda tersimpan.

Baca juga: Penting! Ini Tugas Kasir Di Bisnis Restoran Anda

3. Jenis Pemindai

Berdasarkan bentuknya, terdapat beberapa jenis alat barcode scanner yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Genggam

Alat barcode scanner genggam adalah alat yang paling banyak digunakan. Sama seperti namanya, jenis alat barcode scanner ini sangat pas di genggaman telapak tangan dan akan memudahkan penggunanya dalam menyorot alat barcode dan melakukan kegiatan pemindaian.

  • Presentation

Jenis alat ini dibuat agar bisa ditempatkan di atas meja kasir. Bisa digunakan sebagai pemindai yang bisa digenggam, tapi sebenarnya layer tersebut dibuat agar Anda bisa menyajikan kode pada alat pemindai. Jangkauannya yang luas akan membantu Anda untuk tidak harus mengarahkan barcode secara presisi pada mesin pemindai.

  • Counter Mounted

Sama halnya seperti tipe presentation, alat ini juga dibuat agar barcode bisa diarahkan pada layar pemindai. Jadi bukan dengan menembakkannya pada pemindai ke barcode, seperti yang dilakukan pada pemindai genggaman.

Jenis ini juga bisa ditempatkan di meja kasir. Tapi lebih umum digunakan pada berbagai toko yang menerapkan sistem self-check out.

  • Perangkat Seluler

Dari keempat jenis pemindai di atas, mungkin alat pemindai ini adalah yang paling asing. Pemindai ini sama halnya dengan smartphone. Mampu memindai dan menyimpan informasi dalam kartu memori agar bisa di download atau memperbarui data secara langsung dengan menggunakan wifi atau melalui koneksi seluler.

Baca juga: Absen Karyawan: Ini Berbagai Jenisnya dalam Setiap Perusahaan

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang alat barcode scanner dan jenis-jenisnya. Jadi, jenis manakah yang paling sesuai untuk bisnis Anda?

Bila Anda masih bingung, Anda bisa menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir dari Accurate POS. Kenapa? karena Accurate POS sudah menyediakan berbagai perangkat yang pas untuk proses bisnis yang lebih optimal.

Selain itu, dengan Accurate POS juga Anda bisa melakukan penjualan, mengelola pelanggan, melakukan manajemen karyawan, dan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Tertarik? Anda bisa mencobanya terlebih dulu selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog Accurate POS

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.