Kenapa Analisis Bisnis sangat Penting Di Era Digital? Ini Alasannya!

Istilah business analysis atau analisis bisnis mungkin bukan hal yang asing lagi untuk para pebisnis. Analisis bisnis adalah proses dalam melakukan pengumpulan, evaluasi, dan juga penarikan kesimpulan penting dengan berdasarkan data yang sudah tersedia.

Proses ini sudah sejak lama penting untuk bisnis, namun dalam era digital seperti saat ini, analisis bisnis memiliki peran yang berkali-kali lipat lebih penting. Apapun skala bisnisnya, saat ini hampir semua kegiatan bisnis memerlukan data agar bisa menyelesaikan masalah dan meningkatkan keuntungan.

Lalu, kenapa analisis bisnis itu penting? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga tuntas.

Peran Penting Analisis Bisnis di Era Digital

1. Meningkatkan Customer Experience

Dengan tersedianya berbagai macam pilihan produk, maka konsumen akan dimanjakan dengan kebebasan dalam memilih. Saat ini, mungkin konsumen A memilih produk Anda, tapi bisa jadi besok dia lebih memilih produk dari kompetitor Anda. Untuk mempertahankan pelanggan tersebut, maka Anda harus mulai melakukan analisis bisnis.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Mengelola Persediaan Bahan Baku pada Bisnis F&B

2. Membuat Keputusan Yang Lebih Baik

Dalam menjalankan bisnis, tentu kita akan selalu dihadapkan dalam memilih keputusan. Bahkan, seringkali operasional business menjadi tersendat ketika ada masalah dan Anda belum bisa membuat keputusan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Tentunya hal ini bisa menimbulkan kerugian.

Untuk bisa mencegah hal tersebut terjadi, maka analisis bisnis akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat dengan menyuguhkan informasi penting. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan identifikasi potensi risiko dan menghindari kerugian.

3. Meningkatkan Efisiensi Dalam Berbagai Aspek

Setiap tahunnya, suatu bisnis pasti akan menghabiskan biaya yang banyak untuk kebutuhan orientasi baru atau pengurangan karyawan. Namun, biaya tersebut bisa diminimalisir jika turnover menurun.

Untuk mengurangi angka turnover ini, maka tim HRD bisa menggunakan alat analisis agar bisa mengetahui performa kerja karyawan, menilai mana yang mampu beradaptasi dengan budaya perusahaan, sampai mengetahui tingkat keputusan karyawan melalui role nya masing-masing.

Bila sudah mendapatkan insight tersebut, maka Anda akan lebih mudah lagi dalam mengenal karyawan mana yang nantinya akan bertahan dalam bisnis Anda. sehingga, Anda bisa melakukan antisipasi dini agar alokasi perekrutan karyawan lebih efisien.

4. Iklan Menjadi Lebih Optimal

Kita tentu sudah mengetahui bersama bahwa biaya iklan sangatlah tinggi. Untuk itu, tim marketing harus bisa memahami cara memperoleh return yang optimal dari kegiatan investasi tersebut. Untuk itu, analisis bisnis banyak dilakukan sebelum melakukan campaign marketing.

5. Bisa Lebih Unggul dari Kompetitor

Analisis bisnis tidak hanya berlaku untuk melakukan evaluasi situasi internal pada suatu bisnis saja, namun juga bisa dilakukan untuk memahami kompetitor. Analisis jenis ini dikenal dengan analisis kompetitor.

Bila memang Anda ingin lebih unggul dari pesaing, maka minimal Anda harus mengetahui langkah yang ingin mereka lakukan. Dengan melakukan pengumpulan data dan menganalisisnya, Anda bisa lebih memahami secara spesifik terkait target kompetitor Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan performa bisnis dengan kompetitor. Lalu, melakukan evaluasi terkait langkah apa saja yang bisa dilakukan secara berbeda agar lebih menonjol di tengah ketatnya persaingan pasar.

Baca juga: Peran Penting Big Data untuk UMKM, Ini Contoh Penggunaannya!

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan lengkap diatas, bisa kita simpulkan bahwa analisis bisnis memiliki peran yang sangat penting, khususnya di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini. Bentuk penerapannya pun sangat luas, mulai dari melakukan analisis perilaku konsumen, sumber daya yang tersedia, hingga kompetitor.

Dengan menerapkan analisis bisnis di dalam berbagai aspek, maka Anda akan lebih mudah dalam membuat keputusan bisnis yang tepat. Sehingga, bisnis Anda bisa bergerak lebih efisien dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa mulai menggunakan software POS (Point of Sales) dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, maka semua kegiatan pencatatan transaksi Anda bisa dilakukan secara lebih cepat dan akurat. Selain itu, proses analisis hasil penjualan juga akan tersaji lebih praktis, sehingga setiap bentuk kesalahan yang terjadi di konter kasir bisa dihindari lebih maksimal.

Lebih penting lagi, Anda bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dengan kehadiran fitur diskon pelanggan. Aplikasi ini sangat cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai dari bisnis restoran, ritel, hingga layanan jasa.

Penasaran? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.