4 Metode Efektif untuk Analisis Peluang Pasar Pada Bisnis Baru

Pada dasarnya, analisis peluang pasar adalah suatu bentuk proses riset pasar atas berbagai faktor lingkungan eksternal yang mampu mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan tersebut. Lingkungan eksternal adalah suatu kekuatan yang tidak bisa dikendalikan, untuk itu perusahaan harus bisa menyesuaikan diri.

Melakukan analisis peluang pasar juga mampu membantu Anda untuk memutuskan apakah bisnis Anda bisa terus menjalankan aktivitas dengan cara meningkatkan kualitas ataupun harus keluar dari pasar itu sendiri.

Nah, agar bisa meningkatkan penjualan dan meraih ruang pasar yang lebih besar, maka Anda harus menggunakan berbagai kebijakan yang tepat untuk bisa memasuki peluang pasar yang sudah tersedia.

1. Mengamati kebutuhan yang dibutuhkan oleh konsumen

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu terkait apa yang memang diperlukan dan juga dibutuhkan oleh konsumen Anda. Jadi, Anda harus mencari tahu produk apa yang mampu membuat mereka menjadi pelanggan tetap.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan metode polling, survey di internet atau dengan memaksimalkan pencarian mesin pencari. Sehingga, Anda bisa menjadi lebih paham apa yang memang sebenarnya konsumen butuhkan.

Baca juga: Karyawan Kasir Adalah Pahlawan Bisnis, Kok Bisa?

2. Mengenal lebih dekat konsumen

Anda harus mengetahui karakter para konsumen Anda dengan berdasarkan analisis usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pendapatan, dan juga status sosialnya. Hasil analisis tersebut bisa Anda gunakan untuk bisa memperkirakan potensi beli konsumen atas produk yang Anda tawarkan.

3. Menentukan target pasar secara spesifik

Setelah berhasil melakukan proses analisa konsumen, maka target pasar bisa Anda tentukan dengan segera. Pasar yang Anda tuju harus bisa dikenal dengan nama pasar yang sesuai.

Nantinya, Anda bisa menemukan konsumen yang bisa diprospek menjadi pelanggan tetap, mana yang memang sekiranya hanya membeli saat sedang butuh, dan juga mana yang tidak akan membeli sama sekali.

Seluruhnya tergantung dari analisa yang Anda hasilkan pada poin pertama dan kedua di atas. Pasar relevan yang baik adalah pasar dengan segmentasi yang mudah dijangkau.

Sehingga, proses pemasaran pun bisa dilakukan secara efektif. Bila segmen yang dipilih mempunyai kendala, maka proses pemasaran pun tidak bisa berjalan secara lancar.

Baca juga: 3 Keuntungan Fantastis Saat Menerapkan Pembayaran QR Code di Kasir

4. Menilai Persaingan

Setelah berhasil melakukan tiga poin di atas, maka tahap terakhir yang harus Anda perhatikan adalah ketersediaan kompetitor di pasar. Sebagai pebisnis, sudah seharusnya bagi Anda untuk mampu menilai produk Anda dibandingkan dengan tawaran pesaing.

Selain itu, Anda juga bisa menilai apakah operasional bisnis Anda sudah memadai untuk melakukan persaingan. sebagai contoh, bila kompetitor Anda masih menggunakan cara yang manual dalam melakukan transaksi, maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi kasir yang modern agar mempunyai nilai yang lebih besar dari kompetitor Anda.

Salah satu aplikasi kasir yang bisa Anda coba adalah Accurate POS Beta. Aplikasi kasir atau software POS ini hadir dengan fitur yang mampu mengungguli berbagai aplikasi kasir lainnya yang sudah lebih dulu rilis. Apa saja fitur tersebut? Ayo, coba dan rasakan sendiri kelebihan Accurate POS Beta.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.