10 Cara UKM Naik Kelas Secara Efektif dan Efisien

oleh | Des 4, 2023

source envato.

10 Cara UKM Naik Kelas Secara Efektif dan Efisien”

Dalam dinamika perkembangan ekonomi di era globalisasi, peran Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi semakin krusial. Menjadi garda terdepan dalam memajukan perekonomian suatu negara, UKM memiliki potensi besar untuk naik kelas dan berkontribusi secara signifikan. Bagaimana caranya agar UKM mampu bersaing dan tumbuh di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat? Caranya adalah dengan UKM naik kelas.

Mengoptimalkan potensi UKM untuk naik kelas bukanlah tugas yang mudah, namun bukan pula hal yang tidak mungkin.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai strategi dan langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh pelaku UKM untuk meningkatkan kualitas dan daya saing bisnis mereka.

Penting untuk dipahami bahwa naik kelas bukan hanya sekadar mengenai peningkatan skala produksi atau ekspansi pasar. Namun, melibatkan sejumlah aspek strategis, manajerial, dan pemasaran yang perlu diimplementasikan dengan cermat. Mari kita simak bersama bagaimana UKM dapat meraih kesuksesan yang lebih besar melalui langkah-langkah yang tepat dan terukur.

Bagaimana Cara UKM Naik Kelas?

Bagaimana Cara UKM Naik Kelas

ilustrasi ukm naik kelas. source envato

Untuk mencapai kemajuan dan meningkatkan kelasnya, Usaha Kecil Menengah (UKM) perlu menjalankan serangkaian strategi dan langkah-langkah yang terencana dengan baik. Dirangkum dari laman Forbes, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara UKM naik kelas:

1. Analisis Posisi Pasar dan Kompetitor

Cara UKM naik kelas yang pertama adalah memahami dengan baik posisi mereka di pasar dan menganalisis pesaing. Di dalamnya mencakup pemahaman mendalam mengenai kekuatan dan kelemahan bisnis, peluang dan ancaman di pasar, serta strategi yang diterapkan oleh pesaing.

2. Inovasi Produk dan Layanan

Menyusun strategi inovasi untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan sangat penting. UKM dapat menggali kebutuhan pasar yang belum terpenuhi atau meningkatkan fitur produk yang sudah ada untuk memperoleh keunggulan bersaing.

3. Optimasi Proses Bisnis

Cara UKM naik kelas yang ketiga adalah melakukan optimasi proses bisnis. Meninjau dan mengoptimalkan proses bisnis internal dapat membantu UKM meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Hal ini dapat mencakup penggunaan teknologi, pelatihan karyawan, dan implementasi sistem manajemen yang efektif.

4. Penguatan Manajemen

Pengelolaan yang baik menjadi kunci kesuksesan UKM naik kelas. Meningkatkan kemampuan manajerial, termasuk perencanaan strategis, pengambilan keputusan, dan pengelolaan sumber daya manusia, akan membantu UKM dalam menghadapi tantangan yang kompleks.

5. Pemasaran dan Branding

Strategi pemasaran yang efektif dapat membantu UKM membangun citra brand yang kuat dan menjangkau target pasar yang lebih luas. Penggunaan media sosial, kampanye pemasaran digital, dan kolaborasi dengan influencer dapat menjadi bagian dari strategi ini.

6. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Cara UKM naik kelas yang selanjutnya adalah membangun tim yang kompeten dan berkomitmen merupakan investasi jangka panjang. Pelatihan karyawan, pengembangan keterampilan, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif akan berdampak positif pada kinerja UKM.

7. Diversifikasi dan Ekspansi

Menggali peluang diversifikasi produk atau ekspansi pasar dapat membantu UKM untuk mengurangi risiko dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Hal ini dapat melibatkan penelitian pasar untuk menentukan arah ekspansi yang tepat.

8. Pengelolaan Keuangan yang Bijak

Mengelola keuangan dengan baik adalah kunci kelangsungan bisnis. UKM perlu memastikan bahwa sumber daya keuangan digunakan secara efisien, mengelola utang dengan bijak, dan memiliki strategi keuangan yang jelas.

9. Pelibatan dengan Komunitas dan Jaringan Bisnis

Berpartisipasi dalam kegiatan komunitas dan membangun jaringan bisnis dapat membuka peluang baru dan mendukung pertumbuhan bisnis. Keterlibatan dalam asosiasi industri juga dapat memberikan akses pada informasi dan sumber daya yang berguna.

Dengan menggabungkan langkah-langkah ini, UKM dapat mengembangkan fondasi yang kuat untuk UKM naik kelas dan bersaing secara efektif di pasar yang dinamis. Keberhasilan ini tidak hanya bergantung pada satu aspek, melainkan integrasi dari berbagai strategi yang saling mendukung.

Selain itu, penggunaan teknologi pun mampu dimanfaatkan untuk mendukung UKM naik kelas. Kenapa? Karena kemajuan teknologi digital saat ini sudah sangat membantu masyarakat dan bisnis untuk bisa berkembang.

Lantas, produk teknologi apa saja yang bisa mendukung UKM naik kelas?

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Beberapa Perangkat Digital yang Harus Dimiliki oleh Perusahaan Kecil

Beberapa Perangkat Digital yang Harus Dimiliki oleh Perusahaan Kecil

ilustrasi ukm naik kelas. source envato

Jadi, saat ini Anda sudah mengetahui betapa pentingnya platform digital untuk bisnis. Kondisi kerja dan ekspektasi konsumen yang setiap hari tidak menentu harus bisa direspon secara tepat oleh bisnis. Lantas, apa saja perangkat digital yang harus dimiliki oleh suatu bisnis, khususnya untuk usaha kecil?

1. Perangkat Kolaborasi Digital

Perubahan pada ekosistem digital akan selalu lekat dengan kolaborasi berbasis perangkat komputasi awan atau cloud. Bahkan setelah pandemi ini berakhir, diperkirakan kegiatan kerja juga akan tetap banyak dilakukan di rumah, sehingga perangkat kolaborasi digital pun akan semakin penting.

Salah satu perangkat yang bisa Anda manfaatkan dalam hal ini adalah Google dengan layanan Gmail, Docs, Drive, sampai dengan Calendar nya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa dengan melalui  perangkat tersebut, semua orang sudah mampu mengakses dan memberikan informasi dengan rekannya atau tim lainnya, sehingga akan tercipta kolaborasi.

Harus selalu di garis bawahi bahwa perangkat kolaborasi yang digunakan tidak melulu harus eksklusif. Anda masih bisa menggunakan email sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan Anda ataupun sebagai sarana pemasaran digital saja.

Baca juga: Pengertian Manajemen Gudang dan 9 Tips Ampuh Melakukannya

2. Perangkat Komunikasi

Komunikasi akan selalu menjadi pilihan yang sangat penting bagi perkembangan bisnis. Berhasil ataupun tidaknya komunikasi akan berdampak besar pada produktivitas dan juga keberhasilan dalam kegiatan bisnis harian.

Untuk bisa memastikan hal tersebut, maka seluruh tim yang terlibat di dalamnya harus bisa menerima informasi dengan baik, Anda bisa menggunakan platform komunikasi digital. Beberapa yang bisa Anda coba gunakan adalah Slack dan Microsoft Team.

Tapi, sampai saat ini juga banyak pihak yang mendedikasikan WhatsApp grup untuk bisa mendiskusikan pekerjaannya. Hal tersebut mungkin karena adanya kecepatan komunikasi dan juga efisiensi di dalamnya. Walaupun begitu, Anda tetap  harus mempertimbangkan sisi keamanan informasi yang ada di dalamnya.

3. Manajemen Rekrutmen

Bila bisnis Anda sudah semakin berkembang, maka Anda juga harus melakukan pertimbangan terkait perangkat dalam mengelola rekrutmen. Bukan rahasia lagi bila rekrutmen mampu memberikan pengaruh jangka panjang pada budaya bisnis, performa, dan juga keuntungan bisnis.

Dengan perangkat digital untuk mengelola rekrutmen tersebut, maka Anda bisa membagikan seluruh data riwayat hidup para kandidat dengan tim terkait. Umumnya, disana Anda bisa menuliskan komentar, feedback, dan juga menentukan proses lebih lanjut.

Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan Penjualan di Konter Kasir Anda

4. Sistem POS

Selain berbagai perangkat kolaborasi dan juga komunikasi di atas, Anda juga memerlukan aplikasi kasir online yang sudah di dalamnya sudah memiliki fitur akuntansi dan juga CRM. Jika Anda sudah memilihnya dengan tepat, maka setiap kegiatan bisnis Anda hampir bisa dipastikan akan berjalan dengan lancar.

Saat ini, umumnya aplikasi kasir sudah dilengkapi dengan fitur akuntansi, sehingga Anda bisa menarik data laporan keuangan dan juga menganalisanya dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Di dalamnya juga ada fitur CRM yang akan membuat Nada lebih leluasa dalam mengelola relasi dengan para konsumen. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan program loyalti sampai dengan mengelola member

Salah satu aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan adalah Accurate POS dari Accurate. Dengan menggunakan Accurate POS, kegiatan transaksi di konter kasir tidak hanya akan berjalan lebih cepat, tapi juga lebih akurat.

Aplikasi kasir ini juga akan mencatat kegiatan transaksi secara otomatis, menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, membantu mengelola persediaan, mengelola karyawan dan pelanggan, hingga membantu Anda dalam membuat keputusan bisnis yang tepat.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Jadi tunggu apa lagi? Coba Accurate POS sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

348 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Daftar konsultasi accurate lite
Ayunda

Artikel Terkait