Awas, Jangan Pilih Ciri-Ciri Aplikasi Kasir yang Seperti ini!

Menggunakan mesin kasir sudah menjadi hal yang umum bagi para pebisnis untuk memberikan yang terbaik bagi bisnis dan para pelanggannya.

Mulai dari menyediakan berbagai bahan produksi yang baik, agar barang yang dihasilkan mampu menghasilkan nilai yang lebih bersaing, sampai pelayanan terbaik dari usaha jasa yang diberikan.

Seluruh hal tersebut sudah pasti melalui perhitungan yang matang. Semuanya dilakukan demi memuaskan para pelanggan dan agar bisnis yang dirintis bisa berjalan dengan sukses, dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi kasir atau software POS.

Namun, beberapa pengembang aplikasi kasir saat ini banyak yang melakukan kesalahan dalam mengembangkan mesin kasirnya, sehingga menjadi tidak efektif untuk digunakan oleh para pebisnis.

Lantas, apa saja ciri-ciri aplikasi kasir yang tidak layak untuk dipilih? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

4 Ciri Aplikasi Kasir yang Tidak Layak untuk Dipilih

1. Memerlukan Alat yang Terlalu Banyak

Sebagian besar dari kita pasti menganggap bahwa waktu adalah uang. Lantas, tahukah Anda hal apa saja yang mampu menghemat waktu? ya, beberapa di antaranya adalah dengan cara memanfaatkan ruang dan effort seefisien mungkin agar Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu.

Memilih aplikasi kasir yang tepat merupakan salah satu cara yang bisa menghemat waktu para pebisnis. Namun, hindarilah memilih aplikasi kasir yang memerlukan terlalu banyak alat, karena hal tersebut hanya akan membuat bisnis Anda menjadi tidak efektif.

Kenapa? Dengan adanya banyak alat, berarti Anda memerlukan ruangan yang lebih banyak untuk menyimpan berbagai alat tersebut. Sebagai seorang pebisnis, Anda memerlukan aplikasi kasir yang sudah mampu mencakup seluruhnya, seperti mesin printer, layar guna menunjukkan harga, sampai built in printer.

Dengan begitu, maka kegiatan transaksi akan bisa berlangsung dengan mudah tanpa harus sibuk menggunakan banyak alat yang berantakan dan Anda bisa menggunakan mesin kasir secara nyaman.

Baca juga: Cara mudah Meningkatkan Penjualan di Konter Kasir Anda

2. Tidak Terintegrasi

Setiap pebisnis tentu tidak hanya memerlukan aplikasi kasir dan alat penghitungan transaksi saja. Sebagian besar dari Anda, para pebisnis, tentu memerlukan bantuan aplikasi kasir lainnya untuk mendukung kegiatan bisnis Anda, seperti laporan keuangan atau cara pembayaran yang mampu memudahkan pelanggan.

Oleh karena itu, ciri aplikasi kasir yang tidak layak untuk dipilih adalah aplikasi yang tidak mampu menjalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk membantu proses penjualan. Terlebih lagi, jika fitur yang mereka sediakan tidak disediakan secara sendiri.

Bila Anda menggunakan aplikasi kasir seperti ini, pergerakan Anda pasti akan sebatas pada fitur sederhana yang sudah disiapkan saja, dan membuat Anda menjadi tidak fleksibel.

3. Terlalu Banyak Biaya Tambahan

Efisiensi bukan hanya tentang penghematan waktu saja, namun juga pada hal lainnya. Bayangkan saja bila Anda harus membayar biaya tambahan atau direpotkan dengan tambahan fitur lain yang dijual secara satuan. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda lebih boros dan repot.

Untuk itu, carilah program kasih yang hanya menawarkan harga terjangkau dengan fitur yang lengkap. Sebelum berlangganan, pastikanlah Anda sudah melakukan perhitungan terkait berbagai fitur yang terdapat di dalam aplikasi kasir tersebut. Lalu, kalkulasikan dengan matang agar tidak salah pilih.

4. Sulit Digunakan

Dalam berbisnis, akan selalu banyak kemungkinan yang bisa terjadi di masa depan. Jika saat ini Anda masih bisa berada di mesin kasir, bukan tidak mungkin kedepannya Anda harus mengurus hal lain selain mesin kasir. Tidak menutup kemungkinan juga nantinya Anda akan memperoleh karyawan yang menggantikan posisi Anda di tempat kasir dan Anda harus lebih sibuk untuk urusan lainnya guna mengembangkan bisnis Anda.

Saat kondisi itu tiba, maka Anda akan sangat membutuhkan aplikasi kasir yang mudah untuk digunakan. Untuk itu, hindarilah aplikasi kasir yang memiliki tampilan dashboard yang menyulitkan dan membingungkan. Karena, nantinya hanya akan menghabiskan waktu karyawan kasir Anda untuk mempelajarinya.

Perlu Anda garis bawahi bahwa tujuan yang paling utama dalam memilih aplikasi kasir adalah untuk menghadirkan kemudahan. Jadi, pilihlah aplikasi kasir yang mudah untuk digunakan.

Baca juga: Usaha Jasa Menggunakan Software Kasir, Emang Bisa?

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa ciri-ciri aplikasi kasir yang tidak layak untuk dipilih adalah yang di dalamnya memerlukan tambahan alat yang sangat banyak, tidak terintegrasi, butuh banyak biaya tambahan, dan juga sulit untuk digunakan.

Untuk itu, Anda harus menghindari penggunaan aplikasi kasir dengan ciri-ciri tersebut. Namun, saat ini Anda tidak perlu kesulitan lagi dalam mencarinya, karena Accurate POS Beta adalah aplikasi kasir yang tidak memiliki keempat poin di atas.

Accurate POS beta termasuk aplikasi kasir yang minim sekali tambahan alat, bisa terintegrasi dengan Accurate Online, hanya perlu sekali mengeluarkan biaya langganan, dan tampilan dashboardnya mudah sekali untuk digunakan.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.