Strategi Ampuh Mempertahankan Bisnis di Tengah PPKM

Pandemi Covid-19 yang diiringi dengan berbagai aturan pembatasan sosial atau PPKM memberikan dampak yang serius untuk seluruh lini industri bisnis.

Aturan terkait pembatasan ini masih akan terus dilanjutkan sambil mengevaluasi penurunan jumlah positif Covid-19. Untuk kebanyakan bisnis, kondisi tersebut sangat tidak mudah untuk dilalui, khususnya dalam menjaga kondisi keuangan bisnis.

Di tengah kondisi tersebut, terpaksa setiap perusahaan harus bisa beradaptasi dengan baik. Bahkan, harus mempertimbangkan strategi bisnis terbaru demi merespon kondisi terkini.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan perusahaan agar bisa terus bertahan? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai, agar tidak salah paham.

7+ Strategi Ampuh Mempertahankan Bisnis saat PPKM

1. Menekan risiko serta dampak bagi bisnis

Saat kita membahas tentang cara bertahan di kondisi saat ini, maka hal penting yang harus diperhatikan adalah meminimalisir efek buruk. Jadi, pastikanlah Anda sudah meminimalisir seluruh potensi resiko sebelum menerapkan bisnis untuk bisa menarik konsumen yang lebih banyak.

2. Memeriksa Kelayakan Model Bisnis

Karena selalu ada perubahan pasar di setiap minggunya, maka Anda harus mempertimbangkan lagi model bisnis yang saat ini sedang berlangsung. Agar bisa menentukan langkah kedepan, maka evaluasi ini harus digabungkan dengan data biaya dan juga pendapatan yang Anda peroleh.

Jadi, bila selama ini restoran yang Anda jalankan menggunakan model bisnis penjualan dan juga gerai fisik, dengan adanya PPKM maka pengunjung pun dipastikan akan menurun.

Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan model bisnis lain, seperti melakukan penjualan online. Anda bisa memaksimalkan penjualan dengan memanfaatkan platform pesan antar makan online.

Baca juga: Menjalankan Bisnis Barbershop Kini Lebih Mudah dengan Sistem POS

3. Perlahan-Lahan, Temukanlah Tambahan Investasi

Sudah menjadi hal yang umum bahwa seluruh bisnis memerlukan modal agar mampu bergerak dengan lancar. Di Tengah kondisi yang sulit seperti saat ini, pasti Anda kebingungan dalam mencari tambahan modal.

Walaupun kondisi saat ini memang sangat sulit, namun para ahli yakin bahwa kondisi ekonomi akan mampu pulih kembali.

Nah agar bisnis Anda bisa terus bertahan, lakukanlah diskusi yang intensif dengan investor yang saat ini sudah ada agar bisa memberikan tambahan modal.

Investor yang sudah pernah melakukan pendanaan modal pada bisnis Anda memiliki peluang yang lebih besar dalam membantu bisnis kecil dan menengah agar bisa melewati kondisi ini.

4. Lakukanlah Komunikasi yang Transparan dengan Pelanggan

Kita tahu hampir semua orang terkena dampak krisis ini. jadi, pelanggan harus bisa memahami akan sulitnya kondisi saat ini. Karena, sikap terbaik saat ini adalah dengan memberikan informasi yang transparan terkait apa yang saat ini sedang bisnis Anda alami.

Para pelanggan tentunya nanti akan merasakan empati bila Anda mampu menjelaskan kondisi bisnis secara transparan. Lakukanlah komunikasi dengan para konsumen agar mengetahui persepsi mereka tentang produk ataupun solusi lainnya yang bisa Anda tawarkan selama masa pembatasan seperti saat ini.

5. Jaga Relasi yang Baik Dengan Supplier

Kemungkinan besar Anda pasti akan kesulitan untuk menyelesaikan pembayaran pada supplier selama masa pembatasan. Walaupun demikian, Anda harus bisa menyampaikan kemungkinan akan adanya keterlambatan bayar pada supplier.

Sehingga, supplier pun nantinya akan memikirkan strategi yang tepat dengan adanya keterlambatan bayar dari Anda dan nantinya tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan.

6. Kelola Karyawan secara Maksimal

Sangat banyak perusahaan yang melakukan kebijakan PHK atau merumahkan para karyawannya sepanjang krisis ini berlangsung. Hal ini bisa dimengerti mengingat betapa sulitnya bisnis agar bisa terus bertahan. Tapi, jika ANda mempunyai pilihan untuk mempertahankan para karyawan, ada baiknya untuk bisa terus dipertahankan.

Untuk bisa memaksimalkan beban bisnis dari segi upah karyawan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memotong gaji para staf lain yang nilainya terlalu tinggi. Hal ini agar bisa dijadikan subsidi silang untuk karyawan lainnya yang kemungkinan akan kesulitan bila harus kehilangan pekerjaan.

7. Pastikan Seluruh Tim Terlibat

Setiap tim yang ada di dalam bisnis akan sangat bergantung pada pemilik atau pimpinan. Untuk itu, pastikanlah agar Anda memberikan informasi bisnis terkini. Sebagai pemimpin, Anda memiliki kewajiban untuk memastikan setiap staf merasa terlibat dan juga mempunyai semangat untuk bisa bangkit.

8. Berkomunikasi dengan Seluruh Pihak yang Berkepentingan

Bila memang Anda berada pada posisi pemimpin, pastikanlah Anda melakukan diskusi yang jujur pada seluruh manajer bisnis. Hal ini juga harus Anda lakukan ketika berdiskusi dengan para investor.

Setiap kabar yang memang kurang baik harus Anda sampaikan dengan penuh rasa empati dan alasan yang juga transparan. Pastikan juga untuk berdiskusi dengan para investor dan tim agar bisa menangani komunikasi dengan para pelanggan.

Di tengah kondisi yang sulit ini, sangat penting untuk memastikan seluruh tim saling mendukung. Selain itu, harus digaris bawahi bahwa kondisi ini pasti akan berakhir suatu saat nanti. Bisnis Anda memiliki peluang untuk bisa melangkah lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Baca juga: Ingin Merdeka dalam Menilai Peluang Usaha? Perhatikan Hal Ini!

9. Melacak Pengeluaran, Lalu Bandingkan Dengan Pendapatan

Saat ini, melakukan penilaian terkait jumlah biaya tetap dan biaya tidak tetap adalah salah satu faktor penting untuk keuangan bisnis. Penilaian tersebut nantinya akan memberikan cerminan yang jelas terkait kondisi dan posisi keuangan perusahaan saat ini.

Sehingga, para pebisnis bisa terus membuat rencana yang matang ditengah kondisi pasar yang sedang tidak baik. Strategi ini juga harus diterapkan saat pandemi mulai reda dan bisnis bisa bangkitl lagi perlahan-lahan.

Saat ini, melacak pengeluaran dan membandingkan pendapatan tidak perlu menggunakan cara yang manual lagi. Hal tersebut bisa dilakukan secara otomatis bila Anda menggunakan software POS dari Accurate POS.

Karena sudah terintegrasi secara penuh dengan Accurate Online, maka seluruh laporan pengeluaran Anda bisa didapatkan secara otomatis dalam hitungan detik dan bisa Anda dapatkan di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda selama menggunakan Accurate POS Beta? Ayo ceritakan pada kami seluruh pengalaman Anda, serta kritik dan saran saat menggunakan Accurate POS Beta agar kami bisa menyediakan software POS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.