Cara Daftar GrabFood Online secara Mudah dan Gratis

GrabFood menyediakan fitur untuk setiap pemilik usaha kuliner yang ingin mempromosikan dan juga menjalankan produknya secara online. Dengan mendaftarkan bisnis ke Grabfood, Anda akan lebih mudah dalam memperluas pasar dan mendapatkan pelanggan baru. Namun, sebagian pebisnis masih banyak yang belum mengetahui cara daftar grabfood online.

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara daftar grabfood online secara mudah dan cepat.

Cara Daftar GrabFood Online

Terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi terlebih dulu bila ingin mendaftarkan produk makanan ataupun minuman Anda, yaitu:

  • Menyiapkan profil warung makan yang ingin Anda daftarkan di GrabFood. Profil tersebut mencakup nama bisnis, nomor telepon, alamat, dan nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi.
  • Selain itu, Anda juga memerlukan fotokopi KTP
  • Foto Selfie sambil memegang KTP
  • Menyertakan NPWP asli
  • Foto area lingkungan usaha
  • Foto menu dan rincian daftarnya
  • Menyertakan buku rekening ataupun tabungan dengan memperlihatkan e-banking yang menampilkan nomor rekening tabungan secara jelas.

Nah, berikut ini adalah cara daftarnya:

  • Kunjungi situs resmi grab di grab.com
  • Silahkan isi formulir pendaftaran mitra GrabFood yang terdapat pada menu utama.
  • Isilah seluruh data sesuai yang diperlukan.
  • Bila seluruh data sudah diisi, lanjutkan dengan klik daftar.
  • Silahkan periksa email verifikasi dan klik tautan yang dikirim oleh pihak Grab.
  • Nantinya, Anda akan dibawa masuk lagi ke situs Grab.
  • Lalu, Anda akan diminta untuk merinci seluruh detail informasi tentang bisnis Anda. isilah setiap data yang diminta secara tepat dan jelas agar proses pendaftaran mitra GrabFood bisa berjalan dengan baik.
  • Ikutilah seluruh proses sesuai dengan apa yang diminta oleh sistem.
  • Nantinya, Anda akan mendapatkan SMS atau email tentang kelanjutan pendaftaran mira GrabFood bila permohonan Anda disetujui.

Dalam hal ini, hal yang harus Anda ingat adalah pendaftaran hanya bisa dilakukan dengan mengunjungi laman resmi Grab, lalu dilanjutkan dengan mengisi seluruh data yang diminta secara lengkap dan teliti.

Selain itu, Anda bisa mengupload beberapa data di bawah ini:

  • Foto logo restoran sebagai identitas
  • Jadwal operasional yang mencakup jadwal buka dan tutup
  • Foto makanan dan minuman, lengkap dengan harga dan keterangan untuk bisa dicantumkan pada daftar menu aplikasi.

Terdapat banyak sekali kolom yang nantinya harus Anda isi, untuk itu Anda harus mengisi formulir ini secara teliti agar tidak ada satupun yang terlewat.

Beberapa sumber yang sudah pernah mengikuti pendaftaran mitra GrabFood mengatakan bahwa rentang waktu yang diperlukan untuk proses verifikasi ini bermacam-macam. Bila seluruh persyaratan sudah dipenuhi, maka waktu yang diperlukan sekitar satu hingga dua minggu saja.

Namun bila ada beberapa poin persyaratan yang belum lengkap atau ada yang tidak valid, maka proses pendaftaran akan memakan waktu berbulan-bulan.

Baca juga: Alat Barcode Scanner, Ini Jenisnya yang Harus Anda Ketahui

Pihak Grab nantinya akan menyetujui pengajuan yang akan Anda kirimkan, dan Anda akan memperoleh email balasan dari pihak Grab yang berisi kontrak kerja sama yang harus Anda tandatangani. Bila telah selesai menandatangani kontrak, maka Anda akan mendapatkan email verifikasi outlet.

Nah, Anda harus melakukan verifikasi ini sesegera mungkin, yaitu tidak lewat dari 72 jam. Bila melewati batas waktu yang sudah ditentukan, maka proses verifikasi toko Anda akan gagal, Anda harus meminta email verifikasi lagi dengan cara menghubungi tim telesales GrabFood.

Selanjutnya, Anda harus melakukan verifikasi OVO. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa GrabFood hanya menggunakan pembayaran digital OVO.

Proses didalamnya berkaitan dengan pembuatan rekening dan pengaktifannya. Tim OVO nantinya akan meminta verifikasi nama, restoran dan alamat restoran Anda. Bila data sudah selesai divalidasi, maka Anda akan memperoleh notifikasi dari tim OVO.

Bila semua proses sudah dilewati, maka Anda akan mendapatkan materi pelatihan yang di dalamnya berisi cara menggunakan aplikasi GrabFood dan cara mengaktifkan akunnya.

Anda harus bisa melakukan pengelolaan notifikasi pesan masuk dan memastikan foto produk makanan ataupun minuman yang diunggah ke aplikasi agar terlihat dengan asli, jelas dan menarik agar bisa membuat konsumen tertarik untuk memesannya.

Baca juga: MRP Adalah Sistem yang Penting dalam Bisnis, Ini Penjelasannya!

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa memahami dengan baik cara daftar GrabFood online secara lengkap, mudah dan cepat.

Dalam menggunakan layanan ini, Anda harus lebih cermat dan teliti, karena nantinya akan berdampak pada performa bisnis kuliner yang Anda jalankan.

Nah, demi meminimalisir terjadinya kesalahan dalam menginput, Anda bisa menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir dari Accurate POS.

Kenapa? karena dengan Accurate POS, maka setiap transaksi yang terjadi di konter kasir akan berlangsung secara cepat melalui metode pembayaran yang beragam, baik itu pembayaran cash, kredit, atau via dompet digital.

Selain itu, karena Accurate POS sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, maka sebagai pebisnis Anda akan bisa melakukan penjualan, pembelian, dan melakukan persediaan secara lebih mudah. Terlebih lagi, Anda juga akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Tertarik dengan Accurate POS? Silahkan klik banner di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari gratis.