Cara Terbaik dalam Memilih Aplikasi Kasir (POS) untuk Bisnis Anda

oleh | Nov 28, 2023

source envato.

10 Cara Memilih Aplikasi Kasir (POS) untuk Bisnis Anda

Software Point of Sale (POS) atau aplikasi kasir sudah menjadi fasilitas pendukung yang wajib Anda sediakan jika bisnis Anda ingin tetap rapi dan bisa dikelola untuk masalah pembukuan dan juga akuntansinya.

Karena pembukan yang dilakukan dengan aplikasi kasir akan lebih efektif dan lebih mudah daripada melakukan pembukuan secara manual.

Aplikasi kasir saat ini pun sudah semakin banyak, baik itu yang sifatnya berbayar ataupun yang gratis. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Nah, dalam memilih aplikasi kasir ini tentunya Anda tidak bisa asal pilih.

Karena, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum benar-benar memilih mana yang cocok dan sesuai untuk digunakan.

Untuk itu, sebelum Anda memilih aplikasi kasir tersebut, ada baiknya Anda membaca tips cara memilih aplikasi kasir berikut ini.

10 Cara Memilih Aplikasi Kasir

Memilih aplikasi kasir yang tepat untuk bisnis adalah langkah penting dalam memastikan efisiensi operasional dan akurasi dalam mengelola transaksi keuangan. Dirangkum dari laman Shopify, berikut ini adalah cara memilih aplikasi kasir yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda:

1. Identifikasi Kebutuhan Bisnis Anda

Cara memilih aplikasi kasir yang pertama adalah melakukan identifikasi kebutuhan bisnis Anda. Jenis bisnis apa yang saat ini Anda jalankan, apakah restoran, toko retail, atau bisnis jasa? Lalu, Apakah Anda membutuhkan fitur khusus seperti manajemen stok, melacak pesanan, atau integrasi dengan sistem keuangan?

2. Kompatibilitas Perangkat

cara memilih aplikasi kasir

ilustrasi cara memilih aplikasi kasir. source envato

Cara memilih aplikasi kasir selanjutnya adalah memastikan bahwa aplikasi kasir yang Anda pilih sudah kompatibel dengan perangkat keras yang Anda miliki, seperti terminal pembayaran, printer struk, atau perangkat mobile. Memastikan integrasi yang lancar dapat mencegah masalah kompatibilitas di masa depan.

3. Keamanan dan Kepatuhan

Perhatikanlah keamanan aplikasi kasir Anda. Cara memilih aplikasi kasir yang ketiga ini akan memastikan bahwa sistem tersebut memiliki tingkat enkripsi yang memadai untuk melindungi data pelanggan dan informasi transaksi Anda. Selain itu, pastikanlah bahwa aplikasi kasir yang Anda pilih telah mematuhi regulasi dan kebijakan privasi yang berlaku.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

4. User Interface yang Intuitif

cara memilih aplikasi kasir 4

ilustrasi cara memilih aplikasi kasir. source envato

Cara memilih aplikasi kasir yang keempat adalah memilih aplikasi kasir dengan tampilan antarmuka pengguna yang intuitif. Tujuannya adalah agar karyawan Anda dapat dengan cepat mempelajari dan menggunakan sistem tanpa harus mengikuti pelatihan yang intensif. Kemudahan penggunaan ini dapat meningkatkan efisiensi operasional.

5. Manajemen Stok

Cara memilih aplikasi kasir yang kelima adalah memilih aplikasi kasir yang memiliki fitur manajemen stok, terlebih lagi jika bisnis Anda melibatkan manajemen stok, pastikan aplikasi kasir yang Anda pilih dapat membantu Anda dalam melacak inventaris dengan mudah. Beberapa fitur seperti update stok secara otomatis dan notifikasi aat stok menipis dapat sangat bermanfaat dan membantu Anda.

6. Pelaporan dan Analisis

Cara memilih aplikasi kasir yang selanjutnya adalah memilih aplikasi kasir yang mampu menyediakan fitur pelaporan dan analisis. Kemampuan untuk menghasilkan laporan penjualan, menganalisis tren, dan memahami kinerja bisnis dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih baik.

7. Integrasi dengan Sistem Lain

Pastikanlah aplikasi kasir Anda dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang Anda gunakan, seperti sistem akuntansi atau perangkat lunak manajemen pelanggan (CRM). Cara memilih aplikasi kasir ini dapat meningkatkan efisiensi dan menghindari Anda untuk melakukan kerja dua kali.

8. Dukungan Pelanggan dan Pembaruan

Perhatikanlah tingkat dukungan pelanggan yang disediakan oleh penyedia aplikasi. Selain itu, pastikan juga bahwa aplikasi yang Anda pilih diperbarui secara teratur dan disesuaikan dengan perubahan teknologi dan kebutuhan bisnis Anda.

9. Biaya dan Model Pembayaran

Tinjaulah struktur biaya dan model pembayaran aplikasi kasir Anda. Beberapa aplikasi lain ada yang mengenakan biaya langganan bulanan, sementara yang lainnya ada juga yang menggunakan model berbasis transaksi. Pilihlah yang sesuai dengan anggaran bisnis Anda.

10. Ulasan dan Reputasi

cara memilih aplikasi kasir 10

ilustrasi cara memilih aplikasi kasir. source envato

Cobalah untuk meneliti ulasan dari pengguna lain dan periksa reputasi penyedia aplikasi kasir yang Anda pilih. Cara ini dapat memberikan informasi tentang pengalaman pengguna yang sebenarnya dan keandalan aplikasi tersebut.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini secara cermat, Anda dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan memilih aplikasi kasir yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: 3 Fitur pada Aplikasi Accurate POS Beta yang Berguna Untuk Kemudahan Bisnis Anda

Penutup

Dalam memilih aplikasi kasir, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan khusus bisnis Anda. Kompatibilitas perangkat, keamanan, dan kepatuhan terhadap regulasi adalah faktor penting. Tampilan antarmuka pengguna yang intuitif, manajemen stok yang efisien, dan kemampuan pelaporan dan analisis juga menjadi pertimbangan penting.

Integrasi dengan sistem lain, dukungan pelanggan yang baik, dan pembaruan berkala juga harus menjadi faktor penentu. Selain itu, perhatikanlah biaya dan model pembayaran, serta tinjaulah ulasan dan reputasi penyedia aplikasi.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini secara baik, Anda dapat memilih aplikasi kasir yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi operasional.

Namun, saat ini Anda sudah tidak perlu pusing-pusing lagi dalam memilih aplikasi kasir, karena seluruh tips diatas sudah ada pada aplikasi Accurate POS. Anda bisa buktikan sendiri dengan mencoba Aplikasi POS sekarang juga selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

148 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini ๐Ÿ™ Jadilah yang pertama!

Daftar konsultasi accurate lite
Ayunda

Artikel Terkait