Cara Meningkatkan Penjualan Bagi Online shop yang Baru Merintis

Terdapat beberapa cara ampuh dalam meningkatkan penjualan, terutama untuk online shop yang baru. Untuk bisnis dengan skala yang kecil ataupun besar, pasti ingin selalu meningkatkan penjualan produk. Namun, persaingan bisnis yang ketat membuat berbagai tujuan tersebut tidak selamanya bisa dipenuhi dengan cepat dan mudah.

Namun karena adanya kemajuan zaman seperti saat ini, bisnis online pun sudah tidak asing lagi untuk masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari senangnya masyarakat dalam berbelanja online daripada offline.

Kegiatan belanja lebih mudah untuk dilakukan karena bisnis online shop yang makin banyak dengan beragam produk menarik dan juga jejeran promo yang menggiurkan. Hanya perlu duduk dan mengerjakan pekerjaan lain, maka barang pun sudah tiba di rumah dengan aman.

Meningkatkan penjualan secara online sebenarnya tidak sesulit apa yang Anda bayangkan. Poin paling penting dari target ini adalah mencoba berbagai strategi ataupun cara yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Berbagai cara untuk meningkatkan penjualan bisnis online memang sangat banyak. Tapi, seluruh hal tersebut bisa Anda coba agar bisa mencari cara yang paling pas untuk Anda. Berikut ini adalah berbagai caranya:

1. Memanfaatkan Media Sosial

Sebagian besar masyarakat saat ini pasti sudah kenal dengan media sosial. Sebagian besar dari konsumen Anda pasti sudah bermain media sosial. Nah, Anda harus bisa memanfaatkan media sosial sebagai media yang baik dalam meningkatkan penjualan online Anda.

Saat ini, dua media sosial besar yang harus Anda jadikan promosi dan berjualan adalah media sosial Facebook dan Instagram. Dengan media sosial tersebut, Anda bisa melakukan kegiatan promosi dan mengupload postingan produk Anda. Interaksi yang berlangsung dengan calon konsumen pun nantinya akan jauh lebih mudah di sana.

Baca Juga: Tips Mudah Memasarkan Produk di Online Shop

2. Pamerkan Testimoni Pelanggan

Saat sudah ada beberapa testimonial pelanggan di beberapa online shop, jangan lupa untuk menampilkannya. Langkah ini sebenarnya tidak dilakukan oleh semua pebisnis online shop, padahal tidak ada salahnya untuk dilakukan.

Dengan menampilkan testimonial pelanggan, maka Anda nantinya akan lebih mudah dalam meyakinkan calon konsumen. Nantinya, mereka akan lebih percaya untuk membeli produk ataupun layanan jasa pada bisnis Anda.

3. Sediakan Produk di Berbagai Platform

Dewasa ini, sudah terdapat beragam platform untuk berjualan online, seperti marketplace, e-commerce, dan platform media sosial yang harus Anda manfaatkan dengan baik.

Bila Anda berniat untuk membuat online shop atau website sendiri, maka hal tersebut juga sangat bagus demi meningkatkan rasa percaya dari para konsumen pada Anda. Dengan menyediakan beragam produk di berbagai platform, maka nantinya konsumen pun akan lebih mudah dalam mendapatkan produk Anda.

Saat ini, harus kita akui bersama bahwa sudah banyak sekali konsumen yang mempunyai preferensi pribadi tentang platform online shop nya masing-masing.

4. Buatlah Iklan yang Jujur

Kejujuran merupakan poin penting yang harus Anda pelajari sejak dini. Hal tersebut pun harus tetap Anda pegang teguh dalam membuat iklan. Kejujuran dalam hal membuat iklan menjadi sangat penting untuk reputasi bisnis Anda.

Kenapa? karena sangat penting untuk membuat konsumen tidak merasa tertipu saat sudah menggunakan produk atau layanan Anda.

Untuk itu, tampilkanlah iklan yang unik, kreatif dan juga menarik. Hindari membuat iklan yang membahas berbagai klaim yang tidak jujur. Saat Anda memutuskan untuk membuat iklan yang tidak jujur, maka Anda harus menerima kredibilitas yang buruk tentang bisnis Anda di masa depan.

5. Aktif Menjalin Interaksi dengan Konsumen

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus membuka diri dengan baik pafa konsumen. Pastikanlah untuk tetap aktif menjalin interaksi dengan konsumen Anda di berbagai platform, terutama media sosial. Saat ada konsumen yang mengajukan pertanyaan, Anda harus bisa langsung menjawab pertanyaan tersebut.

Jangan biarkan mereka terlalu lama menunggu atau tidak dijawab sama sekali. Semakin lama Anda membalas jawaban mereka, maka niat konsumen untuk membeli produk dari bisnis Anda pun akan menghilang.

Selanjutnya, jalinlah interaksi dengan konsumen dan buat mereka menjadi lebih nyaman. Akan ada kesan yang saling menghargai di sana. Konsumen akan menjadi lebih nyaman dalam membeli produk Anda. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk bersikap lebih terbuka dan ramah pada setiap konsumen. Terutama bila Anda ingi menargetkan penjualan pada angka tertentu.

6. Menggunakan Aplikasi Online shop

Mengurus berbagai transaksi di seluruh platform memang sangat sulit dan memerlukan sumber daya serta waktu yang lama. Agar lebih efisien, Anda bisa menggunakan aplikasi online shop yang saat ini sudah banyak tersebar.

7. Sediakan Berbagai Opsi Pembayaran

Saat ini, terdapat banyak pilihan pembayaran yang harus Anda manfaatkan dengan baik. Anda bisa menawarkan berbagai pilihan pembayaran dari berbagai bank, kartu kredit, atau mobile payment yang saat ini sudah banyak tersedia.

Menawarkan beragam pilihan pembayaran akan meningkatkan kenyamanan konsumen dalam membayar produk ataupun layanan jasa Anda. Selain itu, nantinya konsumen juga akan lebih mudah dalam menentukan pembayarannya. Sehingga, online shop Anda akan dinilai sebagai online shop yang mampu memenuhi kebutuhan setiap konsumen.

Nah, untuk membantu Anda dalam menyediakan banyak pilihan pembayaran, maka Anda saat ini harus mulai menggunakan sistem POS (Point of Sales). Salah satu sistem POS atau aplikasi kasir digital yang harus Anda pertimbangkan saat ini adalah Accurate POS.

Dengan Accurate POS, maka Anda bisa menawarkan berbagai metode pembayaran pada pelanggan dan Anda bisa melakukan pencatatan pembayaran tersebut secara cepat.

Selain itu, karena sudah terintegrasi penuh dengan ekosistem Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat, tepat, dan akurat, serta bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate POS secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.