Tips Mudah Memasarkan Produk di Online Shop

Dunia yang sudah serba digital seperti saat ini dianggap sebagai suatu sarana pemasaran yang baik untuk meningkatkan perkembangan bisnis. Mulai dari bisnis rumahan yang memiliki skala kecil, sampai dengan perusahaan besar yang juga mempunyai skala besar.

Kemudahan yang didapatkan dalam mendapatkan informasi melalui jaringan internet menjadi suatu poin yang sangat penting kenapa hingga saat ini ada banyak yang mencari cara dalam memasarkan produk secara online dengan mudah.

Berikut ini kami akan membagikan tips mudah dalam memasarkan produk di online shop.

Cara Memasarkan Produk Secara Online 

Untuk mengembangkan suatu bisnis, Anda tidak cukup hanya mempunyai ide, tim dan berbagai produk yang unik. Terlebih lagi untuk bisa stabil dalam meraup keuntungan. Anda harus memperoleh lebih banyak penjualan, pelanggan, dan juga keuntungan sebagai upaya mengembangkan bisnis Anda.

Hal tersebut hanya bisa Anda dapatkan dengan strategi pemasaran yang efektif dan juga tepat. Beberapa cara atau tips dalam memanfaatkan media online yang akan mampu membantu adalah sebagai berikut:

1. SEM/Google Adwords

SEM atau Search Engine Marketing adalah suatu strategi pemasaran digital yang akan mampu memberikan hasil dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama.

Dengan adanya iklan pada mesin pencari, maka Anda bisa dengan cepat memperoleh eksposur yang akan berakibat pada peningkatan penjualan Anda. Berapa manfaat utama dalam menggunakan SEM adalah sebagai berikut:

  • Memperoleh hasil dalam kurun waktu yang cepat
  • Lebih mudah dalam menjangkau para calon pelanggan
  • Memiliki Return of Investment (ROI) yang lebih tinggi.
  • Anda bisa memulainya anggaran yang kecil dan bisa Anda hentikan kapan saja.
  • Anda akan mempunyai data dan juga wawasan yang lebih lengkap agar bisa meningkatkan kampanye iklan dan berbagai strategi pemasaran online lainnya.

Kampanye iklan yang satu ini akan menghabiskan anggaran pemasaran Anda secara cepat. Untuk itu, dibutuhkan keterampilan khusus agar bisa membuat kampanye iklan yang sukses dan bisa menghasilkan konversi penjualan yang lebih banyak daripada sekedar klik saja.

Baca juga: Strategi Pemasaran Internasional: Ini Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

2. SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang paling hemat dengan tingkat ROI yang sangat memuaskan. Setiap bisnis harus bisa fokus pada pengembangan SEO bila ingin memasarkan produk secara online. Strategi ini merupakan suatu proses yang mampu mendatangkan traffic pengunjung secara organik dari mesin pencarian tanpa adanya biaya khusus.

Dengan menggunakan optimasi SEO, maka Anda akan terus memperoleh calon pelanggan yang baru tanpa adanya biaya yang besar. Anda bisa memaksimalkan berbagai halaman di website Anda, beranda, membuat blog, dan berbagai konten lainnya agar bisa memperoleh traffic organik yang berkualitas.

Beberapa manfaat lain yang akan Anda rasakan dari menerapkan strategi pemasaran ini adalah sebagai berikut:

  • Bisa lebih hemat biaya dengan memberikan persentase ROI yang memuaskan
  • Hasilnya akan tahan lama dan akan selalu bisa diperbarui.
  • Memberikan tingkat jangkauan bisnis secara organik.
  • Akan terlihat lebih kredibel di mata mesin pencaharian dan audiens Anda.

3. Email Marketing 

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang sangat penting. Pemasaran yang dilakukan melalui media ini akan mampu memberikan persentase ROI yang sangat tinggi, yakni sekitar 40 kali lipat.

Tapi, kebanyakan bisnis masih ragu untuk menggunakan cara ini. Padahal, strategi email marketing sangat pas dalam menjaga hubungan dan juga sarana yang tepat dalam menyampaikan informasi pada para pelanggan.

4. Viral/Tik Tok Marketing

Agar bisa mendapatkan traffic dalam jumlah yang besar, meningkatkan penjualan dan membuat buzz sebagai salah satu strategi pemasaran, maka pemasaran viral dengan berbagai platform yang terkenal dan digunakan oleh banyak orang adalah yang paling baik.

Salah satunya, Anda bisa memasarkan produk dan bisnis Anda dengan menggunakan media sosial yang saat ini sedang terkenal seperti Tik Tok. Anda akan bisa memperoleh kesuksesan dengan cara yang cepat dengan menggunakan viral marketing.

Anda bisa mencapai kesuksesan dengan membuat konten yang viral. Anda hanya cukup membuat konten dari sudut pandang yang unik dan harus mempunyai rencana pemasaran yang kuat dalam mempromosikan bisnis atau produk Anda.

5. Content Marketing 

Tips lainya dalam memasarkan produk secara online adalah dengan menerapkan content marketing. Strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara ini akan mampu menghasilkan prospek sebanyak tiga kali lipat ketimbang pencarian yang dilakukan secara berbayar.

Content marketing mampu memberikan hasil yang tahan lama, namun memerlukan waktu yang agak lama juga untuk melihat hasil perkembangannya.

6. Social Media Marketing

Media sosial sudah menjadi alat pemasaran yang cukup kuat dalam beberapa waktu terakhir ini. Hal tersebut menjadi bagian yang sangat penting dalam melakukan pemasaran di dunia online. Selain itu, strategi ini juga bisa Anda integrasikan dengan beragam strategi lainnya agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Berbagai platform terkenal untuk membuat strategi pemasaran ini adalah Facebook, Instagram, LinkedIn, dan Pinterest.

7. Influencer Marketing 

Salah satu teknik pemasaran yang paling banyak dicari akhir-akhir ini adalah influencer marketing. Kenapa? karena cara ini sangat efektif dan juga murah untuk mengembangkan bisnis Anda.

Keuntungan yang bisa Anda rasakan dalam menerapkan strategi pemasaran ini adalah sangat mudah untuk diterapkan, biaya yang lebih rendah, dan Anda bisa menggunakan jasa influencer terkenal atau beberapa mikro influencer lainnya untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda.

Baca juga: Mampu Mendatangkan Keuntungan, Ini Fungsi Media Promosi

Penutup

Demikianlah beberapa tips mudah dalam memasarkan produk di online shop. Akan lebih baik lagi bila Anda mengkombinasikannya beragam cara di atas agar bisa menghasilkan strategi pemasaran yang efektif, asalkan sesuai dengan budget Anda.

Selain itu, Anda juga harus tetap menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan Anda agar mereka bisa menjadi pelanggan setia yang akan selalu menggunakan produk Anda.

Anda bisa lebih mudah menjaga hubungan tersebut dengan menggunakan sistem POS (Point of Sales) atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Software ini bukan sekedar aplikasi kasir biasa, Anda bisa menjaga hubungan baik Anda dengan melalui fitur program diskon yang ada di dalamnya.

Lebih dari itu, karena sudah terhubung dengan ekosistem Accurate Online, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan penjualan, mengelola pelanggan, melakukan manajemen karyawan, hingga memperoleh lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Anda bisa mencoba Accurate POS terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.