Bagaimana Cara Mengaplikasikan Contactless Dining Di Restoran?

Harus kita akui bersama bahwa penerapan teknologi digital bisa membantu meningkatkan performa bisnis secara signifikan, termasuk dalam bisnis restoran. Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan contactless dining.

Lantas, apa itu contactless dining? Bagaimana cara menerapkannya di bisnis restoran? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang contactless dining ini hingga selesai.

Apa Itu Contactless Dining

Jadi, contactless dining adalah suatu sistem yang mampu membantu pelanggan dalam memesan makanan dan mengonsumsi makanannya tanpa memerlukan bantuan layanan dari waiter atau waitress, termasuk dalam melakukan transaksi.

Setiap konsumen hanya perlu membuka menu, memesan, membayar dan mengambil makannya secara mandiri. Sehingga, sebagai pebisnis Anda tidak perlu membayar terlalu banyak untuk sumber daya manusia yang bekerja sebagai waiter atau waitress.

Baca juga: Manfaat eVoucher Untuk Meningkatkan Performa Bisnis yang Anda Miliki

Bagaimana Cara Kerja Contactless Dining?

Cara kerja contactless dining tergolong sangat sederhana. Anda hanya perlu menggunakan QR Code di meja restoran yang bisa digunakan oleh konsumen untuk memindainya dengan menggunakan smartphone.

Lalu nantinya pada smartphone pengunjung akan terbuka website eMenu yang bisa digunakan dalam memesan makanan. Lalu, mereka bisa melakukan pembayaran dari smartphone dan data pesanan tersebut nantinya akan disampaikan pada bagian kasir secara otomatis untuk bisa diproses.

Bila pesanan sudah diproses, maka Anda bisa menempatkan makanan di konter pick-up. Pengunjung nantinya bisa memperoleh informasi pesanan yang selesai dan pada akhirnya mereka hanya perlu mengambil pesanannya di konter pick-up yang sudah Anda sediakan.

Dengan cara ini, maka Anda sudah tidak perlu lagi mempekerjakan karyawan dengan jumlah yang banyak untuk melayani pemesanan dan mengantarkan makanan pada pelanggan.

Contactless Dining Punya Banyak Benefit Untuk Restoran Kamu

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan saat menerapkan contactless dining pada bisnis. Pertama, sama seperti namanya, sistem ini contactless, jadi mampu meminimalisir kontak interaksi dengan manusia secara signifikan. Cara ini sangat aman untuk diaplikasikan, terlebih lagi di tengah pandemi yang hingga artikel ini dibuat masih berlangsung.

Kedua, Sistem self-service yang ada di dalamnya mampu meminimalisir cost karyawan bisnis Anda secara lebih signifikan. Kenapa? karena fungsi pelayan atau waiter sebagian besar sudah bisa Anda dapatkan.

Ketiga, Anda bisa memberikan pengalaman makan yang menarik pada pelanggan. Berbeda dengan restoran lain yang menerapkan sistem manual dalam memesan makanan, Anda bisa memberikan pengalaman digital pada pelanggan Anda.

Tentunya ini bisa menjadi suatu selling point yang baik untuk restoran Anda dan menjadi salah satu hal yang akan diingat oleh pelanggan.

Terakhir, pengelolaan pelanggan akan berjalan lebih otomatis. Bentuk kecurangan atau kesalahan yang banyak terjadi pada sistem manual bisa ditekan dengan sistem ini. Sehingga, Anda bisa lebih tenang dalam menjalankan bisnis restoran.

Baca juga: Peran Penting Ekosistem Digital untuk Kemajuan Usaha Kecil

Penutup

Sekarang saatnya Anda mewujudkan contactless dining. Caranya, Anda bisa mulai menggunakan sistem POS (Point of Sale) atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Dengan Accurate POS, maka Anda bisa melakukan penjualan, mengelola karyawan dan pelanggan, serta mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Terintegrasi secara penuh dengan Accurate Online, Accurate POS juga akan membantu kegiatan transaksi di konter kasir menjadi cepat dan menyediakan berbagai jenis metode pembayaran. Sehingga, hal tersebut akan membuat para pelanggan menjadi lebih puas.

Beralih sekarang juga dari sistem manual dan coba menggunakan Accurate POS secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.Manfaat eVoucher Untuk Meningkatkan Performa Bisnis yang Anda Miliki