Peran Penting Ekosistem Digital untuk Kemajuan Usaha Kecil

Rasanya sudah menjadi rahasia umum bahwa mengelola suatu bisnis bukanlah perkara yang mudah. Terdapat banyak sekali tantangan di dalam menjalankan bisnis, seperti banyak usaha harus membayar upah karyawan terlebih dahulu sebelum menerima pembayaran secara full dari pelanggan atau klien.

Selain itu, bisnis juga harus mengeluarkan biaya bahan baku sebelum bisa dijual kepada para pelanggan. Seringkali bahkan para pebisnis harus mengeluarkan uang pribadinya hanya untuk mengongkosi usahanya. Karena, kas bisnisnya belum memiliki jumlah yang besar, sedangkan mereka kesulitan dalam mendapatkan modal dana dari investor.

Selain itu, ada juga tantangan lainnya, seperti proses pengiriman yang lama, komunikasi yang kompleks dengan konsumen, dan juga manajemen data. Jika kita telaah lebih mendalam, tantangan tersebut sebenarnya bisa diterapkan dengan cara memanfaatkan kehadiran ekosistem digital.

Apa Itu Ekosistem Digital?

Ekosistem digital adalah sebuah sumber teknologi informasi yang saling berkaitan dan bisa berguna sebagai suatu kesatuan yang utuh. Jadi, sistem ini kemungkinan nantinya bisa diisi oleh berbagai pihak, seperti konsumen, pemasok, pihak penyedia data, trading partner¸ dan masih banyak lagi.

Integrasi praktik aplikasi perusahaan, b2b, (business to business) dan juga data yang ada di dalam ekosistem akan memungkinkan perusahaan untuk bisa mengontrol teknologi. Selain itu, perusahaan juga bisa melakukan otomatisasi pada setiap proses, lalu bisa berkembang secara lebih konsisten.

Beberapa dari Anda mungkin ada yang penasaran, apa peran penting dari digital ecosystem ini di dalam bisnis? seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa akhir-akhir ini banyak sekali bisnis yang strateginya mencakup transformasi digital.

Namun, terlepas dari perusahaan tersebut berada pada titik mana di dalam proses perjalanan tersebut, sangat penting sekali bagi Anda untuk memastikan kehadiran ekosistem digital agar mampu meningkatkan performa dan juga membantu interaksi dengan berbagai pihak luar perusahaan.

Ekosistem ini mampu memberikan ruang bagi bisnis agar bisa lebih fokus dalam melakukan berbagai hal penting dan sudah tidak perlu lagi khawatir akan berbagai faktor tertentu yang bisa diotomatisasi. Selain itu, ekosistem digital ini juga mampu membantu bisnis agar bisa mencapai ekspektasi pelanggan secara lebih konsisten.

Keuntungan Kehadiran Ekosistem Digital

Terdapat banyak sekali keuntungan dalam menghadirkan ekosistem digital, apa saja keuntungannya? Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Lebih Cepat Dalam Mengadopsi Teknologi

Penerapan teknologi digital seringkali dirasa kompleks bagi para pengusaha, terlebih lagi untuk usaha kecil. Tapi, ekosistem digital ini mampu membantu pebisnis dalam menerapkan teknologi yang sebelumnya terlihat sangat sulit menjadi lebih mudah.

  • Memperoleh Sumber Pendapatan Baru

Kehadiran ekosistem yang terintegrasi akan menciptakan sumber pendapatan baru untuk para pebisnis. Contohnya adalah seperti integrasi sistem POS (Point of Sales) dengan aplikasi layanan pesan antar secara online dan menghadirkan stream bagi restoran yang menggunakan sistem tersebut.

Mungkin bisnis tersebut belum mempunyai pendapatan dari penjualan produk secara online. Tapi karena perkembangan ekosistem digital, maka peluang tersebut bisa hadir.

Lebih dari itu, bisnis juga bisa melakukan analisis data yang sangat besar dan beragam. Berbagai data tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai suatu dasar agar bisa menghasilkan produk ataupun jasa baru dengan peningkatan value.

  • Menurunkan Biaya Dengan Proses Bisnis Lebih Baik

Tidak bisa kita pungkiri bahwa transformasi digital dan kehadiran ekosistem digital mampu meningkatkan efisiensi alur kerja. Diwaktu yang bersamaan, umumnya relasi yang terjalin dengan partner bisnis dan konsumen pun dapat meningkat.

Suatu pemrosesan data bisa berjalan secara lebih otomatis, pun dengan berbagai sektor bisnis lain yang ada di dalamnya. Pada akhirnya, proses otomatisasi ini akan berimbas pada penurunan biaya operasional perusahaan.

Pengaruh Ekosistem Digital Bagi Usaha Kecil

Karakter yang terdapat pada bisnis UMKM membuatnya kesulitan dalam mendapatkan modal dana dari investor. Sehingga, bisnis mereka pun akan lebih sulit untuk maju dan berkembang.

Proses pembayaran digital adalah salah satu contoh kongkrit dari produk ekosistem digital yang dampaknya cukup masif. Selain mampu merubah perilaku konsumen, literasi keuangan pada kelompok pebisnis UMKM pun akan terus meningkat.

Buktinya, sebanyak 85% usaha nano dan mikro yang pada awalnya tidak mempunyai akun bank, saat ini sudah mulai mengenal produk perbankan sejak mereka mengadopsi pembayaran digital. Lantas apa dampak dari penerapan pembayaran digital ini untuk bisnis kecil?

Berdasarkan survei yang diterbitkan dalam laman CORE, sebanyak 61% bisnis kecil saat ini mendapatkan peningkatan transaksi harian lebih dari 10% saat sudah menerapkan pembayaran digital. Selain itu, pendapatan bulanan yang dialami oleh 63% pebisnis kecil pun meningkat lebih dari 10% setelah menyediakan opsi pembayaran digital.

Hal tersebut mendorong para pebisnis kecil untuk turut melakukan transformasi digital. Contohnya, banyak pebisnis kecil yang saat ini mulai menggunakan aplikasi POS, membuka tokonya secara online melalui situs e-commerce, menjual produknya di berbagai marketplace, dan masih banyak lagi.

Mau bagaimanapun, berbagai langkah tersebut mampu membuka peluang bagi para pebisnis kecil agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Sehingga, potensi pendapatan pun nantinya akan semakin besar.

Selain itu, saat pandemi ini berakhir, berbagai cara digital ini tidak lagi dipandang sebagai suatu pilihan yang praktis, tapi juga lebih aman. Untuk itu, tren ini diprediksi akan terus meningkat, bahkan bisa menjadi way of life yang lebih permanen.

Dengan atau tanpa keterlibatan dari Anda, dunia saat ini akan terus bergerak ke arah yang lebih digital. Bila Anda hanya menerapkan cara konvensional, maka Anda nantinya akan tertinggal. Untuk itu, beralihlah ke ekosistem digital sekarang juga, salah satunya adalah dengan menggunakan layanan dari iSeller.

Terintegrasi secara penuh dengan ekosistem Accurate Online, iSeller akan membantu Anda dalam melakukan kegiatan manajemen bisnis, toko, atau gerai fisik secara lebih mudah dan tepat.

Dengan adanya integrasi ini juga Anda akan lebih mudah untuk melakukan kegiatan sinkronisasi data transaksi pembelian dan juga penjualan, melaporkan setiap harga produk secara otomatis, mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan impor dan juga ekspor barang, serta melakukan posting penjualan per shiftnya.

Penasaran? Cari tahu selengkapnya dengan klik tombol tautan di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.