Dept Store Adalah: Ini Pengertian dan Bedanya Dengan Supermarket

Toko serba ada, supermarket, dan dept store adalah toko retail yang mampu menawarkan beragam pilihan pada para konsumen. Tapi, dept store dan supermarket tidak bisa disamakan.

Perbedaan utama antar keduanya terdapat pada jenis produk yang mereka sediakan. Dept store mampu menyediakan beragam produk, termasuk di dalamnya perhiasan, pakaian, kosmetik, aksesoris, alat tulis, dan lain sebagainya. Disisi lain, supermarket menjual berbagai makanan dan alat keperluan rumah tangga lainnya.

Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan lebih dalam tentang dept store dan supermarket khusus pada Anda.

Dept Store Adalah?

Department store atau dept store adalah toko besar yang didalamnya menyimpan banyak sekali jenis barang dari berbagai departemen.

Toko ini termasuk dalam perusahaan ritel yang mampu menawarkan banyak barang konsumsi, termasuk kategori produk yang berbeda. Namun, dept store kemungkinan tidak mempunyai semua jenis produk yang berbeda.

Beberapa produk yang dijual di dept store adalah pakaian, peralatan rumah tangga, perhiasan dan aksesoris, kosmetik, mainan, cat, perlengkapan mandi, perangkat keras, barang olahraga, alat tulis, elektronik, dan lain sebagainya.

Seluruh barang tersebut termasuk ke dalam bagian yang berbeda dan bisa ditemukan dalam berbagai departemen dalam toko yang sama.

Konsep dasar yang dianut oleh dept store adalah memungkinkan para pelanggan untuk bisa membeli seluruh kebutuhannya dalam satu atap saja. Konsep dept store pertama kali tumbuh pada abad 19 setelah berkembangnya revolusi industri.

Salah satu dept store pertama adalah Harding, Howell & Co, 1796 di Pall Mall, London. Lalu, beberapa dept. store terkenal di dunia adalah Galeries Lafayett di Paris, Galleria Vittorio Emmanuele di Milano, Le Bon Marché di Paris, Selfridges di London, Harrods di London, dan Isetan di Tokyo

Baca juga: Pain Point: Pengertian dan Cara Mengubahnya Jadi Peluang Bisnis

Apa itu Supermarket?

Supermarket adalah pasar ritel swalayan besar yang di dalamnya menjual berbagai makanan dan barang rumah tangga. Sederhananya, supermarket adalah toko kelontong dengan bentuk yang lebih besar dan lebih luas daripada toko grosir tradisional.

Berbagai barang akan disusun menjadi lorong dan pelanggan bisa berjalan melalui berbagai lorong ini dan memilih barang yang mereka perlukan.

Biasanya, berbagai lorong tersebut terdapat produk segar seperti daging, susu, makanan yang dipanggang, makanan kemasan kaleng, serta beragam barang non makanan seperti pembersih rumah tangga, perlengkapan mandi, persediaan hewan peliharaan, barang-barang dapur, dan produk obat-obatan.

Biasanya, supermarket juga terdapat sejumlah besar ruang lantai, yang umumnya pada satu lantai. Selain itu, supermarket juga biasanya berada dekat di daerah perumahan ataupun daerah perkotaan yang sibuk agar pelanggan lebih nyaman untuk berbelanja.

Selain itu, sebagian besar supermarket juga mempunyai jam belanja yang lebih panjang, bahkan beberapa ada yang buka hingga 24 jam penuh.

Supermarket pun biasanya termasuk ke dalam rantai perusahaan yang mempunyai cabang lain di beberapa tempat. Beberapa contoh supermarket terkenal di dunia adalah Wal-mart, Tesco, Costco Wholesale, Kroger, dan Carrefour.

Nah, bila dept store dan supermarket digabungkan, maka kita bisa mengenalnya dengan hypermarket.

Baca juga: 3 Jenis Transaksi yang Harus Anda Ketahui dalam Berbisnis

Lalu, Apa Bedanya Supermarket dan Dept Store?

Berdasarkan pengertiannya, dept store adalah toko ritel dalam ukuran besar yang menawarkan beragam barang dagangan dan layanan yang diselenggarakan di departemen yang terpisah.

Sedangkan supermarket adalah pasar ritel swalayan besar yang menjual berbagai makanan dan barang rumah tangga.

Bila kita lihat berdasarkan ukurannya, dept store lebih besar daripada supermarket. Walaupun supermarket adalah toko besar, tapi masih lebih besar dept store.

Dari segi lantai atau bangunan, dept store memiliki lebih banyak lantai, bisa 3 hingga 8 lantai. Sedangkan supermarket hanya memiliki satu lantai saja.

Berdasarkan produknya, dept store menyediakan beragam jenis produk. Sedangkan supermarket biasanya tidak menjual perhiasan, pakaian, atau alat kebutuhan komputer.

Selain itu, supermarket juga menjual produk segar, seperti daging dan susu. Sedangkan dept. store tidak menyimpan ataupun menjual produk segar.

Berdasarkan kepemilikannya, dept store umumnya tidak dimiliki oleh rantai perusahaan. Sedangkan supermarket dimiliki oleh suatu rantai perusahaan.

Baca juga: Teknik Analisis Data yang Bisa Diterapkan dalam Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang pengertian dept store dan bedanya dengan supermarket. Saat ini, sebagian besar supermarket atau dept store berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan dan produk terbaik pada para pelanggannya.

Salah satu layanan yang banyak diberikan adalah layanan transaksi yang cepat. Nah, bila Anda adalah salah satu pebisnis atau salah satu bagian manajemen dari perusahaan supermarket dan dept store. Anda bisa coba menggunakan aplikasi kasir atau sistem POS dari Accurate POS.

Dengan Accurate POS, seluruh kegiatan transaksi di konter kasir akan bisa diselesaikan dengan cepat, akurat dan mampu mendukung berbagai jenis metode pembayaran.

Selain itu, Accurate Online juga akan membantu Anda dalam melakukan pembelian, penjualan, mengurus persediaan, mengelola pelanggan, dan memperoleh lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.