Ide Usaha Pinggir Jalan dan Modal yang Dibutuhkan

oleh | Mar 1, 2024

source envato.

Ide Usaha Pinggir Jalan dan Modal yang Dibutuhkan

Dalam era digital seperti saat ini, semakin banyak orang yang mulai menyadari potensi besar yang terkandung di sepanjang pinggir jalan. Fenomena “usaha pinggir jalan” menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku bisnis yang ingin meraih peluang di tengah-tengah kehidupan perkotaan yang dinamis. Melihat peluang ini, tidak sedikit pengusaha yang menggali potensi luar biasa dari bisnis yang terletak di tepi jalan.

Namun, sebelum kita memasuki lebih dalam ke dalam dunia ini, kita harus memahami bahwa kesuksesan sebuah usaha pinggir jalan tidak hanya bergantung pada lokasi fisik semata.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan cermat tentang berbagai ide usaha pinggir jalan dan rincian modal yang diperlukan untuk membuka ide usaha ini.

Ide Usaha Pinggir Jalan

Ide Usaha Pinggir Jalan

ilustrasi usaha pinggir jalan. source envato

Dirangkum dari laman Step by Step Business, berikut ini adalah beberapa ide usaha pinggir jalan yang bisa Anda coba jalankan:

1. Kedai Kopi Bergerak

Dengan memanfaatkan kepopuleran kopi, Anda dapat membuka kedai kopi kecil yang bergerak di sepanjang jalanan sibuk. Dengan menyajikan kopi berkualitas tinggi dan suasana yang nyaman, Anda bisa menarik perhatian pelanggan yang sedang dalam perjalanan.

2. Jajanan Tradisional di Sepeda Tuk-tuk

Usaha ini dilakukan dengan Menyajikan jajanan tradisional lokal dengan menggunakan sepeda tuk-tuk sebagai gerai bergerak. Dengan menawarkan keunikan dan rasa autentik, usaha ini dapat menjadi daya tarik tersendiri di tengah keramaian kota.

3. Layanan Reparasi Gadget di Pinggir Jalan

Usaha ini dilakukan dengan menyediakan layanan perbaikan gadget seperti ponsel dan tablet di lokasi yang strategis. Dengan teknisi handal, pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan layanan perbaikan tanpa harus mencari toko yang jauh.

4. Studio Fotografi Portabel

Usaha ini dilakukan dengan menyediakan jasa fotografi di lokasi tertentu, misalnya di taman kota atau pusat perbelanjaan. Dengan membawa peralatan fotografi yang ringkas, Anda bisa menawarkan sesi foto spontan untuk pelanggan yang ingin mengabadikan momen khusus.

5. Warung Makan Kreatif

Usaha ini dilakukan dengan membuka warung makan dengan konsep kreatif di pinggir jalan. Menyajikan makanan dengan porsi kecil namun kreatif, dapat menarik perhatian pelanggan yang mencari pengalaman kuliner unik.

6. Perpustakaan Keliling

Usaha ini dilakukan dengan menghadirkan perpustakaan bergerak di sepeda atau mobil kecil. Dengan menyediakan berbagai buku, Anda dapat mempromosikan minat literasi di komunitas sekitar.

7. Jasa Desain Grafis di Lokasi

Usaha ini dilakukan dengan menawarkan jasa desain grafis dan percetakan di tempat. Dengan membawa laptop dan printer portabel, Anda dapat memberikan layanan desain yang cepat dan praktis bagi pelanggan di sekitar.

8. Kursus Olahraga di Taman

Usaha ini dilakukan dengan mengadakan kursus olahraga seperti yoga, zumba, atau senam di taman-taman kota. Dengan menyediakan instruktur yang berpengalaman, Anda dapat menarik minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga di luar ruangan.

9. Penyewaan Sepeda Elektrik

Usaha ini dilakukan dengan menyediakan penyewaan sepeda listrik untuk masyarakat yang ingin menjelajahi kota dengan cara yang ramah lingkungan dan menyenangkan.

10. Bengkel Sepatu Keliling

Usaha ini dilakukan dengan menyediakan layanan perbaikan sepatu di lokasi tertentu. Dengan membawa peralatan sederhana, Anda dapat memberikan solusi cepat bagi pelanggan yang membutuhkan perbaikan sepatu di pinggir jalan.

Baca juga: Pengertian Usaha Kecil dan Peluang Bisnisnya

Modal Menjalankan Usaha Pinggir Jalan

Modal Menjalankan Usaha Pinggir Jalan

ilustrasi usaha pinggir jalan. source envato

Modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha pinggir jalan dapat bervariasi tergantung pada jenis usaha dan skala operasionalnya. Berikut adalah perkiraan modal awal untuk beberapa ide usaha pinggir jalan:

1. Kedai Kopi Bergerak:

  • Sebuah sepeda kopi atau gerobak kopi: Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000
  • Bahan baku kopi, gula, susu, dan peralatan penyajian: Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000

2. Jajanan Tradisional di Sepeda Tuk Tuk

  • Sewa atau pembelian sepeda tuk-tuk: Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000
  • Bahan baku untuk jajanan: Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000

3. Layanan Reparasi Gadget di Pinggir Jalan

  • Peralatan reparasi gadget: Rp 8.000.000 – Rp 12.000.000
  • Stok suku cadang: Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000

4. Studio Fotografi Portabel

  • Kamera dan peralatan fotografi: Rp 10.000.000 – Rp 20.000.000
  • Peralatan pencahayaan dan aksesori: Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000

5. Warung Makan Kreatif

  • Peralatan masak dan penyajian: Rp 8.000.000 – Rp 15.000.000
  • Bahan baku makanan: Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000

Pastikan untuk memperhitungkan biaya tambahan seperti perizinan, promosi, dan kebutuhan operasional sehari-hari.

Selain itu, alokasikanlah dana untuk cadangan keuangan guna mengatasi kemungkinan biaya tak terduga atau keadaan darurat. Penting untuk merencanakan modal dengan bijak agar usaha dapat berjalan lancar dan bertahan dalam jangka panjang.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Kesimpulan

Dalam menjalankan usaha pinggir jalan, penting untuk memiliki perencanaan modal yang matang dan mempertimbangkan berbagai aspek terkait.

Modal yang dibutuhkan sangat bervariasi tergantung pada jenis usaha yang dipilih, namun, pengelolaan dana dengan bijak dapat menjadi kunci kesuksesan. Seiring dengan perhitungan modal, juga penting untuk mempertimbangkan perizinan, promosi, dan kebutuhan operasional sehari-hari.

Dengan memilih ide usaha yang sesuai dengan minat dan potensi pasar, serta melibatkan kreativitas dalam penyajian produk atau layanan, dapat meningkatkan daya tarik usaha pinggir jalan. Selain itu, memahami dan memanfaatkan teknologi dapat memberikan keunggulan kompetitif yang berarti.

Kesuksesan usaha pinggir jalan tidak hanya bergantung pada modal, tetapi juga pada dedikasi, kualitas produk atau layanan, serta pelayanan yang ramah terhadap pelanggan.

Dengan menjalankan usaha dengan integritas dan inovasi, diharapkan dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan bisnis.

Nah, usaha pinggir jalan ini akan berjalan lebih mudah dengan menggunakan aplikasi kasir digital atau software POS dari Accurate POS.

Aplikasi luar biasa ini mampu membantu Anda dalam menyajikan berbagai metode pembayaran, mempercepat proses transaksi di konter kasir, mencatat setiap transaksi, mengelola persediaan, menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Jadi tunggu apa lagi? Coba dan gunakan Accurate POS sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

aplikasikasirbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikelpos-sidebar

Ayunda
Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.

Artikel Terkait