3 Keuntungan Fantastis Saat Menerapkan Pembayaran QR Code di Kasir

Saat ini, sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kotak hitam putih yang sangat ikonik, yang sering disebut dengan kode QR. Meningkatnya jumlah pengguna smartphone dan meningkatnya kecepatan internet membuat QR codes diadopsi secara lebih masif.

Oleh karena itu, sudah menjadi hal yang wajar bila kita melihatnya di banyak tempat. Lembaga survei sendiri mengatakan bahwa pemakaian QR code meningkat sebanyak 3 juta kali pemindaian pada tahun 2020 dibandingkan dengan penggunaan QR Codes pada tahun 2018 lalu.

Lantas, kenapa penggunaan QR Code ini meningkat? Bukankah itu artinya ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan penggunanya? Lantas apa saja keuntungan tersebut? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Baca juga: Cara Menyesuaikan Pos Kerja Karyawan Berdasarkan Soft Skillnya

Keuntungan Menggunakan QR Code

1. Pengelolaan Sederhana dan Tidak Butuh Perangkat Mahal

Sebagai seorang pebisnis, kemungkinan besar Anda pernah berinvestasi untuk bisa menerapkan berbagai jenis pembayaran. Anda mungkin pernah mengeluarkan alat investasi perangkat keras yang lebih mahal, membayar biaya kontrak bulanan, dan juga menyimpan deposit minimum di bank.

Nah dengan menggunakan QR Codes, maka seluruh pengaturan sistem pembayaran akan jauh lebih ekonomis dan juga lebih cepat. Anda hanya perlu men-download aplikasi tersebut di Android atau Iphone Anda, tanpa harus memasang biaya perangkat notabennya terlalu mahal atau harus membayar berbagai biaya bulanannya.

Bila Anda memang sudah mempunyai smartphone, maka Anda bisa langsung menerima pembayaran tersebut. Sehingga, pengelolaan transaksi pun akan menjadi lebih mudah untuk Anda yang mempunyai banyak cabang.

2. Pembayaran Instan Serta Praktis

Keuntungan lainnya yang ditawarkan di dalam QR codes adalah memungkinkan proses pembayaran yang cepat atau instan. Melakukan transaksi dengan menggunakan QR Codes ini terhitung sangat cepat dengan menggunakan metode pembayaran lainnya.

Selain itu, QR Codes pun sudah menjadikan proses transaksi digital yang lebih praktis.

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa Anda harus bisa menyediakan mesin EDC agar mampu melayani kegiatan transaksi dengan cara memanfaatkan kartu kredit dan kartu debit.

Bila Anda hanya menyediakan mesin EDC tertentu saja, maka konsumen pun akan keberatan karena adanya biaya administrasi. Namun, hal tersebut tidak akan Anda rasakan bila sudah menggunakan QR code.

Baca juga: Dengan Menggunakan Software POS, Manajemen SDM Akan Lebih Efisien dan Efektif Lagi

3. Keamanan Tinggi

Tentunya setiap sistem pembayaran mempunyai aturan dan juga kebijakannya masing-masing. Namun, terkadang sangat sulit untuk memastikan tingkat keamanan dari metode pembayaran yang sudah dipilihnya.

Nah, transaksi dengan menggunakan QR Codes sepenuhnya memang berbeda. Selain memang hanya menggunakan sistem terpusat. Lebih dari itu, semua data yang dikirim menggunakan QR code juga akan dienkripsi agar kegiatan transaksi semakin aman.

Selain itu, ditengah kondisi pandemi seperti saat ini yang membuat kita untuk jaga jarak, QR code mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Pebisnis hanya perlu mencetak QR code lalu menempatkannya pada posisi tertentu.

Nah, apakah saat ini bisnis Anda sudah menerapkan sistem pembayaran menggunakan QR code? Jika belum, ayo gunakan mulai dari sekarang.

Anda akan lebih terbantu lagi jika menggunakan aplikasi kasir dari Accurate POS Beta. Kenapa? Karena aplikasi kasir ini sudah dilengkapi dengan fitur pembayaran digital dan menggunakan QR Code, sehingga akan semakin memudahkan Anda dan para pegawai kasir Anda dalam bekerja.

Terlebih lagi, setiap pembayaran yang berhasil dilakukan nanti akan langsung tercatat pada laporan keuangan secara rapi dan akurat.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda saat ini dalam menggunakan Accurate Pos Beta? Berikan kritik dan saran terbaik Anda dengan membalas email kami sebelumnya yah.