Mampu Mendatangkan Keuntungan, Ini Fungsi Media Promosi

Ketika sedang mengembangkan suatu bisnis, tentunya Anda memerlukan strategi yang tepat untuk menarik calon pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang saat ini sudah ada. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan media promosi.

Media promosi adalah suatu platform yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran produk. Terdapat banyak sekali fungsi media promosi yang mampu mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis Anda. Apa saja fungsinya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang fungsi media promosi di bawah ini hingga selesai.

5 Fungsi Media Promosi untuk Bisnis Anda

1. Meningkatkan Brand Awareness

Pastinya saat ini Anda memiliki banyak kompetitor bisnis. Untuk itu, salah satu fungsi media promosi adalah untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda. Brand awareness adalah salah satu faktor yang sangat penting yang akan memperkuat hubungan Anda dengan brand Anda dan juga pada pelanggan yang membelinya.

Bila promosi yang Anda lakukan tepat, maka Anda bisa membangun branding yang kuat pada usaha Anda. Sehingga, produk ataupun jasa yang Anda tawarkan pada calon pelanggan akan selalu diingat dan dipilih.

Baca juga: Tips Branding Produk Terkini dan Terupdate Untuk Bisnis Anda

2. Menarik Perhatian Masyarakat

Dengan melakukan kegiatan promosi, maka Anda memperkenalkan produk atau jasa Anda pada masyarakat. Tanpa melakukan promosi, maka tidak mungkin masyarakat mengetahui keberadaan produk atau bisnis Anda.

Untuk itu, kegiatan promosi sangat diperlukan untuk meningkatkan promosi penjualan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

3. Menjaga Pelanggan Untuk Tetap Loyal

Ketatnya persaingan bisnis saat ini sudah menjadi hal yang umum. Pasti ada banyak sekali kompetitor Anda yang berebut perhatian pelanggan untuk menggunakan produk ataupun layanan jasanya. Nah, Media promosi bisa membantu menjaga pelanggan Anda agar tetap loyal.

Anda juga bisa memberikan suatu penawaran yang eksklusif untuk para pelanggan Anda agar mereka tidak pergi dari produk Anda. Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena menjual produk atau layanan jasa ke pelanggan lama lebih mudah daripada mencari pelanggan baru.

4. Meningkatkan Penjualan Produk

Kegiatan promosi yang dilakukan dengan baik akan secara efektif meningkatkan jumlah penjualan produk Anda. Karena dengan melakukan promosi, maka artinya Anda memperkenalkan produk atau bisnis Anda pada calon pelanggan baru.

5. Menambah Nilai Produk

Kegiatan promosi yang Anda lakukan mampu meningkatkan nilai dari suatu produk atau jasa yang Anda miliki. Selain itu, promosi yang Anda lakukan juga akan mengubah cara pandang calon pelanggan pada produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dengan begitu, mereka akan percaya dan lebih terbuka lagi untuk melihat produk ataupun layanan jasa yang Anda tawarkan.

Tips Menggunakan Media Promosi yang Tepat 

Membuat strategi promosi tidak boleh Anda lakukan dengan asal, Anda harus mempersiapkannya secara matang. Sehingga, kegiatan promosi Anda akan berjalan lebih efektif. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar media promosi Anda lebih tepat sasaran.

  • Melakukan analisa pasar yang pas dengan segmentasi Anda
  • Membuat kegiatan promosi diskon ataupun cashback yang mampu menarik calon pelanggan untuk mencoba produk yang Anda tawarkan
  • Memberikan loyalty point ataupun voucher belanja sebagai wujud apresiasi pada pelanggan setia
  • Memaksimalkan penggunaan digital marketing agar bisa menjangkau pelanggan yang lebih banyak

6 Media Promosi yang Dapat Anda Gunakan

Terdapat enam rekomendasi media promosi yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan promosi bisnis, yaitu Facebook Ads, Instagram, Koran, Poster, Brosur, hingga Iklan Televisi. Anda tinggal menyesuaikannya saja dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Baca juga: Kenapa Memiliki Laporan Stok Barang itu Penting?

Penutup

Demikianlah beberapa fungsi dari media promosi yang akan Anda rasakan. Bila sudah mengerti tentang fungsi dari media promosi di atas, maka kini saatnya untuk memulai membuat strategi promosi yang tepat agar bisnis Anda bisa berkembang dengan baik.

Jangan lupa juga untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen atau pelanggan Anda. Nah, salah satu cara untuk memberikan pelayanan terbaik untuk mereka adalah dengan menggunakan sistem POS (point of Sale) dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, maka kegiatan transaksi yang berlangsung di konter kasir Anda akan terjadi secara cepat dan tepat. Sehingga, pelanggan akan puas karena hal tersebut.

Di dalam Accurate POS, Anda bisa tetap terhubung dengan para pelanggan dengan menggunakan fitur program diskon pada pelanggan yang sudah terdaftar sebagai member.

Selain itu, karena sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, Anda bisa melakukan penjualan, mengelola pelanggan, melakukan manajemen karyawan, dan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis.

Penasaran? Silahkan coba seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate POS selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.