Apa itu Sistem Membership? Ini Manfaat dan Fungsinya untuk Bisnis Anda

Pada dasarnya, sistem membership bukanlah suatu hal yang asing untuk para pebisnis, seperti pebisnis di dalam industri retail. Umumnya, sistem ini akan menyajikan beragam promo menarik untuk para pelanggan setia.

Pelanggan yang setia adalah pelanggan yang melakukan pembelian ulang lebih sering dan lebih banyak, sehingga mereka harus terus dikelola oleh bisnis. Pelanggan setia juga memiliki kesempatan yang baik untuk membawa pelanggan baru.

Lantas, apa itu sistem membership? Apa saja manfaat dan fungsinya untuk bisnis? Baca artikel tentang membership di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Apa Itu Sistem Membership?

Di dalam suatu bisnis, sistem membership atau sistem keanggotaan kerap kali digunakan agar para pelanggan bisa memperoleh beragam macam promo yang menarik. Salah satu promo tersebut adalah kesempatan agar bisa memperoleh sebuah produk dengan harga yang lebih murah daripada pelanggan lain yang tidak terdaftar sebagai member.

Selain memberikan keuntungan untuk para pelanggan, berdasarkan laman Smartinsights, sistem membership adalah salah satu sistem yang akan membuat Anda bisa mempertahankan para pelanggan Anda.

Baca juga: Apa itu Kode Referral? Efektifkah Sebagai Strategi Marketing?

Keuntungan Menggunakan Sistem Membership

Sistem membership kerap kali digunakan agar bisa menarik para pelanggan dengan berbagai promo menarik yang Anda tawarkan. Selain itu, menerapkan sistem keanggotaan dalam bisnis juga akan memberikan banyak sekali keuntungan di bawah ini:

1. Menarik Daya Beli

Dengan menerapkan sistem keanggotaan yang berdasarkan pada keanggotaan, setiap pembeli bisa membeli produk dengan menggunakan sistem keanggotaan, sehingga mereka akan memperoleh harga jual yang lebih rendah. Dengan banyaknya promo yang menarik tersebut, maka akan banyak juga pembeli yang akan tertarik untuk menjadi anggota.

2. Angka Penjualan

Saat Anda memberikan pelayanan dengan menggunakan kartu akses atau kartu membership, maka akan besar kemungkinan mereka untuk membeli banyak barang karena menggunakan kartu membership agar bisa memperoleh harga produk yang jauh lebih murah.

Sehingga, saat pelanggan menggunakan akses membership-nya untuk membeli banyak produk, perusahaan akan semakin memperoleh untung dalam pembelian produk tersebut.

Baca juga: Apa itu Brand Advocacy? Ini Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Fungsi Membership

1. Meningkatkan Loyalitas Customer

Fungsi utama dari sistem keanggotaan adalah agar bisa meningkatkan loyalitas para klien ataupun pelanggan. Sistem keanggotaan harus diberikan pada pelanggan atau klien pada suatu perusahaan agar tetap setia dan tidak pindah ke perusahaan atau kompetitor Anda.

Status member yang sudah Anda berikan nantinya bisa digunakan oleh pemiliknya agar bisa memperoleh promo, seperti diskon, atau untuk bisa memperoleh bonus dari perusahaan yang mengeluarkan kartu atau status keanggotaan.

2. Media Branding

Selain mempunyai fungsi agar bisa meningkatkan loyalitas, sistem keanggotaan juga sangat berguna sebagai media branding. Saat setiap anggotanya sudah merasa senang setelah memperoleh banyak keuntungan dari mengikuti program keanggotaan, ada banyak peluang agar mereka untuk menceritakannya pada orang lain.

Lalu, dari cerita tersebut nanti akan tercipta citra yang baik pada bisnis Anda, sehingga akan semakin menarik pelanggan baru dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, mereka tidak perlu ragu lagi untuk menjadi klien atau pelanggan perusahaan dengan citra yang baik.

3. Menjaring Data Konsumen

Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, data adalah suatu hal penting dan akan membantu Anda dalam beragam bidang, seperti menjalankan aktivitas untuk mensukseskan usaha dalam kegiatan digital marketing. Dengan memberikan akses member kepada para pelanggan, maka perusahaan akan secara tidak langsung menyimpan data para pelanggannya.

Hal tersebutlah yang bisa berguna agar bisa menyebarkan informasi terkait promo menarik pada suatu produk. Contohnya seperti dengan mengirimkan email promosi atau mengadakan undian dengan hadiah yang menarik khusus untuk anggota membership.

Baca juga: Apa itu Iklan? Ini Pengertian dan Tujuannya!

Jenis-Jenis Loyalty Membership Card

Selain mempelajari fungsi dan sistem membership, perlu Anda ketahui bahwa sistem ini mempunyai jenis atau varian yang berbeda. Berikut ini adalah beragam jenis sistem loyalty membership card, yang mana penggunanya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

1. Loyalty Card Berbasis Poin

Loyalty membership card berbasis poin adalah salah satu jenis kartu membership yang sudah dikenal dan diterapkan dari dulu. Jenis kartu membership yang sederhana ini akan memfasilitasi para pelanggan dengan pemberian poin setelah memenuhi beberapa syarat tertentu, seperti melakukan suatu pembelian. Nah, poin yang sudah terakumulasi tersebut bisa ditukar dengan hadiah tertentu, sesuai dengan poinnya.

2. Loyalty Card Berbayar

Selanjutnya, ada juga loyalty card yang berbayar. Secara sistem, pelanggan harus membayar dengan dana tertentu agar bisa menjadi anggota VIP. Jenis membership ini akan sangat efektif untuk diberikan pada pelanggan yang telah lama setia pada brand Anda.

Dengan adanya loyalty card berbayar, Anda bisa menawarkan keuntungan eksklusif yang membedakan pelanggan tersebut dengan pelanggan biasa, sehingga akan lebih menguntungkan.

3. Loyalty Card Tiering

Selanjutnya, ada juga loyalty card dengan berdasarkan tiering, yang mana sistem ini berkaitan dengan level yang wajib dicapai oleh pelanggan agar bisa memperoleh semacam keuntungan tertentu.

Semakin tinggi tingkatannya, maka akan semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapat. Sistem ini akan membuat setiap pelanggan berlomba-lomba dalam mencapai tingkat tertinggi agar bisa memperoleh banyak keuntungan dan menarik pelanggan lain agar bisa menjadi anggota.

4. Loyalty Card Engagement

Selain ketiga jenis membership yang berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda juga bisa meningkatkan engagement dari para pelanggan dengan bisnis Anda sebagai wujud kedekatan antara kedua belah pihak.

Contohnya, Anda bisa berbisnis dalam bidang retail pakaian, loyalty members card Anda bisa dijadikan sebagai program yang memberikan tips untuk berpakaian lebih baik. Sehingga, kegiatan yang dilakukan para pelanggan akan selalu diwarnai dengan ingatan tentang bisnis Anda.

3. Loyalty Card Komunitas

Jenis yang terakhir adalah loyalty card komunitas, yang mana jenis ini bisa Anda gabungkan dengan sistem poin atau dengan sistem tiering. Anda bisa menghubungkan lebih banyak pelanggan dengan minat yang sama dalam suatu komunitas agar bisa bertukar pengalaman, pendapat dan pikiran sambil tetap memperoleh beragam keuntungan dari perusahaan melalui sistem membership yang diikutinya.

Baca juga: Apa itu Field Marketing? Ini Pentingnya dalam Strategi Marketing

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang sistem membership. Nah, Anda bisa lebih mudah menggunakan sistem tersebut bila Anda menggunakan bantuan aplikasi kasir digital atau POS dari Accurate POS.

Selain mampu mempercepat dan mencatat berbagai transaksi di kasir secara otomatis, Accurate POS juga telah dilengkapi dengan fitur yang akan tetap menghubungkan Anda dengan pelanggan melalui sistem membership.

Penasaran dengan sistem tersebut? Anda bisa menggunakan dan mencoba Accurate POS terlebih dahulu dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog Accurate POS

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.